Ini Cara Cepat Turunkan Kolesterol setelah Konsumsi Daging Iduladha

Salah satu cara cepat turunkan kolesterol adalah masaklah makanan dengan minyak zaitun karena mengandung lemak tak jenuh tunggal yang sehat.

 Ilustrasi oatmeal. (Freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi oatmeal. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Iduladha tidak lepas dari konsumsi daging. Namun, konsumsi daging yang berlebih akan meningkatkan kadar kolesterol. Kadar kolesterol tinggi akhirnya bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Lantas adakah cara cepat turunkan kolesterol?

Saat Iduladha tentu sangat sulit menghindari konsumsi daging. Meski begitu salah satu yang harus diperhatikan adalah mengantisipasi agar kolesterol tinggi tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

Apabila kadar kolesterol tinggi dalam tubuh sudah mencapai angka bahaya, tentu harus memulai berpikir untuk menurunkannya. Sebenarnya cara cepat turunkan kolesterol tidak terlalu sulit.

Berikut ini adalah panduan diet dari Lisa Guy, seorang ahli gizi, yang bisa Anda terapkan untuk menurunkan kolesterol tinggi hanya dalam tujuh hari sebagaimana dikutip dari laman Kementerian Kesehatan (Kemenkes), beberapa waktu lalu.

Hari I

Di hari pertama cara cepat turunkan kolesterol ini Anda disarankan untuk mengonsumsi sayuran dan buah yang kaya nutrisi penting. Sayur dan buah kaya akan serat yang mempunyai efek untuk menyerap kolesterol jahat. Konsumsilah sayuran dan buah yang bervariasi setiap harinya agar tidak bosan.

Baca Juga: Minum Susu Cegah Penularan Covid-19? Cek Faktanya

Hari II

Kurangi asupan makanan yang mengandung lemak tidak sehat, lemak trans, dan lemak jenuh yang bisa meningkatkan kadar kolesterol darah. Membatasi asupan makanan cepat saji maupun junk food adalah salah satu caranya.

Di samping itu, pilihlah minyak sehat seperti minyak zaitun untuk menggantikan mentega, lalu pilih juga produk susu yang rendah lemak, serta hindari lemak dari kulit unggas dan daging.

Hari III

Cara cepat turunkan kolesterol adalah masaklah makanan dengan minyak zaitun. Minyak ini mengandung lemak tak jenuh tunggal yang sehat. Minyak sehat ini mempunyai ambang batas oksidasi yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan minyak tak jenuh tunggal lainnya serta lebih stabil pada suhu yang tinggi.

Baca Juga: Jenis KB dari Kondom Sampai IUD, Mana yang Aman Buatmu?

Hal ini membuat minyak zaitun lebih tahan terhadap pembentukan lemak trans dan hidrogenerasi. Lemak tak jenuh tunggal dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah.

Hari IV

Konsumsi bawang putih lebih banyak. Penelitian menunjukkan bahwa bawang putih dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam darah. Bawang putih juga berkontribusi dalam mengencerkan darah yang pada akhirnya dapat membantu mengurangi risiko jantung.

Penelitian lain menunjukkan bahwa di beberapa negara yang mayoritas penduduknya memiliki kebiasaan makan bawang putih setiap hari diketahui mempunyai risiko penyakit jantung yang rendah.

Hari V

Konsumsi lebih banyak sayur dari keluarga kacang-kacangan seperti kacang polong, kacang lentil, dan buncis bisa menjadi cara cepat turunkan kolesterol. Makanan-makanan tersebut sangat baik untuk orang yang kadar kolesterolnya tinggi.

Selain rendah lemak, sayuran tersebut kaya nutrisi penting seperti zat besi, lemak tak jenuh, dan vitamin B. Lebih jauh lagi, sayuran tersebut mengandung serat larut yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Hari VI

Sarapanlah dengan oatmeal bisa menjadi cara cepat turunkan kolesterol. Oatmeal adalah makanan kaya serat yang baik bagi kesehatan jantung. Oat mengandung nutrisi penting seperti zat besi, vitamin E, dan vitamin B. Oat merupakan sumber serat larut yang dapat menurunkan kadar kolesterol dan memperkecil risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Benarkah Makan Malam Lebih Awal Turunkan Risiko Kena Kanker?

Hari VIII

Konsumsilah kacang-kacangan yang mengandung lemak tak jenuh. Pilihlah kacang yang rendah lemak seperti hazelnut, walnut, dan almond. Sebagaimana yang telah dijelaskan bahwa makanan yang mengandung lemak tak jenuh memiliki potensi untuk mengurangi kadar kolesterol jahat.

Itulah cara cepat turunkan kolesterol tinggi dalam waktu tujuh hari. Layak dicoba bagi Anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi setelah Hari Raya Kurban.

Berita Terkait

Espos Premium

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Pemerataan akses listrik di Indonesia bisa banyak terbantu dengan teknologi panel surya. Teknologi ini ramah lingkungan dan bisa dibangun di banyak tempat dan banyak pulau di Indonesia.

Berita Terkini

Penelitian Ini Buktikan Manfaat Pemberian Booster pada Orang Berusia 60 Tahun ke Atas

Ahli lain mengingatkan studi observasional tentang manfaat pemberian booster untuk orang berusia 60 tahun ke atas ini dapat mengandung bias.

Hukum Onani dengan Bantuan Istri dalam Islam, Apakah Diperbolehkan?

Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai hukum onani dengan bantuan tangan istri menurut Islam. Apakah diperbolehkan atau dilarang?

Viral Pelajar SMA Jadi MUA, Hasil Riasannya Bikin Kaget Warganet

Seorang pelajar SMA yang diketahui bernama Desi menjadi sorotan karena keterampilannya jadi MUA. 

Kenali Tanda-Tanda Monstera Kekurangan Sinar Matahari

Ada sejumlah tanda yang bisa jadi indikator apakah Monstera kekurangan atau justru kelebihan sinar Matahari.

Viral ODGJ Lantang Berselawat dan Baca Hadis, Netizen Merinding

Dalam video, ODGJ itu juga tampak menggerakkan tanggannya bak ustaz sedang berceramah di hadapan jemaahnya.

Kenali Karakteristik Monstera agar Pencahayaan Pas

Untuk mengetahui kebutuhan pencahayaan Monstera, terlebih dulu kita harus melihat asal-usul tanaman ini.

Bukan Hanya Solo, Kota-Kota di Dunia Ini Juga Punya Alun-alun Loh!

Melihat keindahannya, alun-alun di sejumlah kota di dunia ini biasanya juga menjadi destinasi wisata.

Maia Estianty Punya Penyakit Rosacea, Apakah Itu?

Maia Estianty mengatakan karena punya penyakit Rosacea kulit wajahnya menjadi sangat sensitif terhadap perubahan cuaca.

Indonesia Capai Herd Immunity? Ini Penjelasannya

Herd immunity telah terbentuk karena program vaksinasi atau alami?

Seru! Ada Hujan Uang Saat Sedekah Bumi di Lamongan

Acara sebar uang saat perayaan sedekah bumi di Lamongan, Jawa Timur, menjadi viral di Instagram lantaran digelar saat pandemi.

Viral Santri Tutup Telinga Saat Ada Musik, Begini Tanggapan MUI

Sebuah video memperlihatkan para santri yang sedang mengikuti vaksinasi menutup telinga saat mendengarkan musik.

Viral Para Santri Tutup Telinga Enggan Dengar Musik, Kenapa?

Aksi para santri yang menutup telinga saat terdengar suara musik di ruang antrean vaksin Covid-19 menjadi perbincangan netizen di dunia maya.

Viral Ibu Bagikan Tutorial Baju Rapi Tanpa Setrika, Hasilnya?

Belum lama ini, seorang ibu rumah tangga membagikan tips agar baju tetap rapi meski tanpa harus setrika.

Selain Monstera, Ini Deretan Tanaman Hias dengan Harga Mahal Setara Mobil

Tak hanya Monstera King Variegata, masih ada jenis tanaman hias lainnya yang memiliki harga mahal setara mobil. Apa saja?

Bunda, Begini Cara Menghadirkan Tayangan Televisi Ramah Anak di Rumah

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga juga menilai tayangan stasiun televisi di Indonesia belum ramah anak.

Sebelum Memberikan Pupuk ke Monstera, Perhatikan Ini

Namun sama seperti tanaman lain, memberi pupuk kepada Monstera juga sebaiknya tidak asal-asalan.