Ini Cara Cepat Turunkan Kolesterol setelah Konsumsi Daging Iduladha

Salah satu cara cepat turunkan kolesterol adalah masaklah makanan dengan minyak zaitun karena mengandung lemak tak jenuh tunggal yang sehat.

 Ilustrasi oatmeal. (Freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi oatmeal. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Iduladha tidak lepas dari konsumsi daging. Namun, konsumsi daging yang berlebih akan meningkatkan kadar kolesterol. Kadar kolesterol tinggi akhirnya bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Lantas adakah cara cepat turunkan kolesterol?

Saat Iduladha tentu sangat sulit menghindari konsumsi daging. Meski begitu salah satu yang harus diperhatikan adalah mengantisipasi agar kolesterol tinggi tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

Apabila kadar kolesterol tinggi dalam tubuh sudah mencapai angka bahaya, tentu harus memulai berpikir untuk menurunkannya. Sebenarnya cara cepat turunkan kolesterol tidak terlalu sulit.

Berikut ini adalah panduan diet dari Lisa Guy, seorang ahli gizi, yang bisa Anda terapkan untuk menurunkan kolesterol tinggi hanya dalam tujuh hari sebagaimana dikutip dari laman Kementerian Kesehatan (Kemenkes), beberapa waktu lalu.

Hari I

Di hari pertama cara cepat turunkan kolesterol ini Anda disarankan untuk mengonsumsi sayuran dan buah yang kaya nutrisi penting. Sayur dan buah kaya akan serat yang mempunyai efek untuk menyerap kolesterol jahat. Konsumsilah sayuran dan buah yang bervariasi setiap harinya agar tidak bosan.

Baca Juga: Minum Susu Cegah Penularan Covid-19? Cek Faktanya

Hari II

Kurangi asupan makanan yang mengandung lemak tidak sehat, lemak trans, dan lemak jenuh yang bisa meningkatkan kadar kolesterol darah. Membatasi asupan makanan cepat saji maupun junk food adalah salah satu caranya.

Di samping itu, pilihlah minyak sehat seperti minyak zaitun untuk menggantikan mentega, lalu pilih juga produk susu yang rendah lemak, serta hindari lemak dari kulit unggas dan daging.

Hari III

Cara cepat turunkan kolesterol adalah masaklah makanan dengan minyak zaitun. Minyak ini mengandung lemak tak jenuh tunggal yang sehat. Minyak sehat ini mempunyai ambang batas oksidasi yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan minyak tak jenuh tunggal lainnya serta lebih stabil pada suhu yang tinggi.

Baca Juga: Jenis KB dari Kondom Sampai IUD, Mana yang Aman Buatmu?

Hal ini membuat minyak zaitun lebih tahan terhadap pembentukan lemak trans dan hidrogenerasi. Lemak tak jenuh tunggal dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah.

Hari IV

Konsumsi bawang putih lebih banyak. Penelitian menunjukkan bahwa bawang putih dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam darah. Bawang putih juga berkontribusi dalam mengencerkan darah yang pada akhirnya dapat membantu mengurangi risiko jantung.

Penelitian lain menunjukkan bahwa di beberapa negara yang mayoritas penduduknya memiliki kebiasaan makan bawang putih setiap hari diketahui mempunyai risiko penyakit jantung yang rendah.

Hari V

Konsumsi lebih banyak sayur dari keluarga kacang-kacangan seperti kacang polong, kacang lentil, dan buncis bisa menjadi cara cepat turunkan kolesterol. Makanan-makanan tersebut sangat baik untuk orang yang kadar kolesterolnya tinggi.

Selain rendah lemak, sayuran tersebut kaya nutrisi penting seperti zat besi, lemak tak jenuh, dan vitamin B. Lebih jauh lagi, sayuran tersebut mengandung serat larut yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Hari VI

Sarapanlah dengan oatmeal bisa menjadi cara cepat turunkan kolesterol. Oatmeal adalah makanan kaya serat yang baik bagi kesehatan jantung. Oat mengandung nutrisi penting seperti zat besi, vitamin E, dan vitamin B. Oat merupakan sumber serat larut yang dapat menurunkan kadar kolesterol dan memperkecil risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Benarkah Makan Malam Lebih Awal Turunkan Risiko Kena Kanker?

Hari VIII

Konsumsilah kacang-kacangan yang mengandung lemak tak jenuh. Pilihlah kacang yang rendah lemak seperti hazelnut, walnut, dan almond. Sebagaimana yang telah dijelaskan bahwa makanan yang mengandung lemak tak jenuh memiliki potensi untuk mengurangi kadar kolesterol jahat.

Itulah cara cepat turunkan kolesterol tinggi dalam waktu tujuh hari. Layak dicoba bagi Anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi setelah Hari Raya Kurban.


Berita Terkait

Berita Terkini

Efek Pandemi Covid-19, Kasus Tuberkulosis Naik Lagi

WHO memaparkan bahwa kemajuan dalam pemberantasan penyakit TBC telah menjadi lebih buruk karena meningkatnya jumlah kasus yang tidak terdiagnosis dan tidak diobati.

Punya Cicilan Utang KPR atau Pinjol? Ini Trik Bijak Melunasinya

Kita bisa menerapkan salah satu dari dua trik jitu supaya bisa cepat dapat melunasi utang atau cicilan yaitu menggunakan metode debt snowball atau debt stacking.

Mengenal Penyebab Kanker Usus Seperti Diidap Pelawak Qomar

Penyebab utama di balik kedua jenis kanker usus ini adalah mutasi gen.

Viral Kisah Sedih Pria Hidupi Istri ODGJ, Netizen Sindir Baim Wong

Video perjuangan pria menafkahi istrinya yang ODGJ itu kemudian viral di media sosial dan ada netizen yang mengaitkan dengan Baim Wong yang kini ramai diperbincangkan.

90 Karya Seni Rupa Semarakkan Pameran Lentik/Lenting ISI Surakarta

Pameran Lentik/Lenting adalah gagasan untuk melihat lentiknya potensi pengetahuan seni tradisi dengan segenap ciri artistik dan estetiknya, serta potensinya untuk melenting.

15 Oktober Hari Cuci Tangan Sedunia, Tak Hanya untuk Cegah Covid-19

Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia ini pertama dicetuskan oleh Global Handwashing Partnership pada tahun 2008.

Cara Mudah Membeli dan Menggunakan Meterai Elektronik alias E-Meterai

Berikut ini terdapat cara mudah membeli dan menggunakan meterai elektronik alias e-meterai di pos.e-meterai.co.id.

Ini Bacaan Doa Agar Usaha dan Rezeki Lancar

Berikut bacaan doa yang bisa dilafalkan setiap hari agar usaha dan rezeki dilancarkan atas izin-Nya.

Agar Anak Tidak Jadi Penakut, Ajarkan Doa Ini!

Berikut ini terdapat doa yang bisa orang tua ajarkan kepada si kecil agar anak tidak jadi penakut. Lengkap dengan latin dan artinya.

Pilihlah Masakan Rumah daripada Masakan Restoran, Ini Alasannya

Tak ada salahnya membawa bekal makanan berupa masakan dari rumah saat Anda bekerja dan anak sekolah.

Viral Tukang Bangunan Bawa Bayi ke Tempat Proyek, Bikin Miris!

Kisah sedih ini datang dari pria yang bekerja sebagai tukang bangunan dengan membawa anaknya yang masih bayi ke tempat proyek.

Singgung Soal Baim Wong Marahi Kakek, dr Tirta Ajarkan Etika di Sosmed

Dokter sekaligus influencer kesehatan, Tirta Mandira Hudhi menyinggung soal aksi Baim Wong yang memarahi kakek tua.

Raup Rp20 Miliar dari Ternak Sapi? Begini Caranya

Kisah inspiratif tentang seorang pemuda yang sukses bisnis ternak sapi hingga meraup omzet Rp20 miliar.

Disebut Manusia Chip, Perempuan Ini Bisa Buka Lemari Tanpa Menyentuh

Seorang perempuan menanam chip di tangan kirinya untuk memudahkan membuka pintu atau lemari tanpa menyentuh.

Shopee Solo Buka Loker, Jika Diterima Bakal Dapat Fasilitas Keren Ini?

Salah satu perusahaan e-commerce terbesar di Indonesia, Shopee membuka lowongan pekerjaan atau loker di Solo. Jika diterima, apa saja fasilitas yang bakal didapat?

Doa Hari Jumat dan Amalannya, Bisa Dibaca di Pagi Hari

Berikut ini terdapat doa hari Jumat, lengkap dengan latin dan artinya yang bisa dibaca di pagi hari sesuai anjuran Rasulullah SAW.