Kategori: Leisure

Ini Cara Cegah Anak Makan Berlebihan Saat Buka Puasa


Solopos.com/Astrid Prihatini WD/Newswire

Solopos.com, SOLO-Sama seperti orang dewasa, anak bisa saja makan berlebihan saat buka puasa. Apalagi anak masih dalam masa tumbuh kembang sehingga bisa jadi merasa lebih cepat lapar dibandingkan orang dewas.

Namun sebaiknya orang tua mencegah anak makan berlebihan saat buka puasa. Sebab kebiasaan ini memiliki dampak negatif terhadap kesehatan tubuh misalnya memicu obesitas.

Ketahui tips cegah anak makan berlebihan saat buka puasa di tips kesehatan kali ini. Bagi anak-anak, menjalankan ibadah puasa memang tidak mudah, apalagi jika ini adalah puasa pertamanya. Tugas orang tualah untuk mengajari si kecil supaya si kecil bisa mengontrol rasa lapar saat buka puasa.

Baca Juga: Gejala Covid-19 Ini Banyak Ditemukan di India, Sebagian Belum Pernah Ada

Tips parenting kali ini membagikan cara cegah anak makan berlebihan saat buka puasa sebagaimana melansir laman klikdokter, Kamis (22/4/2021):

1. Sajikan makanan ringan

Agar anak tidak makan berlebihan, tidak perlu terburu-buru memberikan hidangan utama kepada anak saat buka puasa. Anda bisa memberikan makanan ringan terlebih dahulu.

Misalnya, saat berbuka bisa diberikan makanan seperti satu gelas air mineral. Anda juga bisa menyediakan kurma atau buah potong yang dapat meningkatkan kadar gula alami di dalam tubuhnya.

Jangan langsung memberikan makan berat karena itu membuat pencernaan anak jadi ‘kaget’ dan berisiko mengalami rasa tidak nyaman di perut.

2. Ajari anak untuk membagi waktu

Trik berikutnya untuk mencegah anak makan berlebihan saat buka puasa adalah orang tua harus cermat dalam membagi waktu makan anak. Misalnya, saat azan berkumandang, minta anak untuk minum air putih terlebih dahulu dan makan camilan.

Setelahnya, ajak anak untuk beribadah salat magrib, lalu lanjutkan dengan makan berat sebelum salat tarawih. Apabila anak masih terlihat lapar, berikan mereka buah potong atau segelas susu untuk mengenyangkan perut mereka.

Baca Juga: Bahaya "Sujud Freestyle", Ini Kata Instruktur Yoga dan Dokter

3. Perhatikan asupan gula anak

Agar anak tidak makan berlebihan saat buka puasa perhatikan asupan gula si kecil. Melansir dari Childrens Health, gula merupakan zat yang asupannya harus dibatasi. Sebab, mengonsumsi gula secara berlebihan justru bisa buat anak jadi semakin lapar.

Gula, terutama gula buatan, memiliki kandungan karbohidrat yang sangat tinggi. Nantinya, gula semakin sulit dicerna dan menumpuk menjadi lemak. Dampaknya, anak menjadi tidak berenergi dan terus merasa lapar.

Untuk menghindari hal tersebut, orang tua bisa menyediakan asupan gula alami saat berbuka puasa. Sediakan makanan mengandung gula alami, seperti buah potong, jus buah, atau semangkuk smoothies untuk berbuka puasa.

4. Beri jarak makan

Beri jarak waktu makan untuk mencegah anak makan berlebihan.  Hal ini dapat memberikan waktu bagi lambung untuk mengirim sinyal ke otak bahwa perut sudah tidak lagi kosong.

5. Ulangi setiap hari

Jika keempat poin tersebut sudah dilakukan dengan benar, maka ulangi terus kebiasaan makan ini setiap harinya untuk mencegah anak makan berlebihan saat buka puasa.

Ketika anak sudah terbiasa dengan pola makan seperti ini, maka Anda tak perlu khawatir si kecil akan makan secara berlebihan. Jadi, tetap tegas dalam mengatur pola makan anak seperti yang telah dijelaskan di atas.

Share
Dipublikasikan oleh
Astrid Prihatini WD