Tutup Iklan

Ini Cara Aman Transaksi Pakai Mobile Banking, ATM, dan Internet Banking

Ada beberapa tips aman transaksi dengan menggunakan mobile banking, internet banking, dan kartu ATM. Layanan itu memudahkan, namun jangan pernah mengabaikan faktor keamanan.

 Ilustrasi penggunaan ATM (hackedgadgets.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi penggunaan ATM (hackedgadgets.com)

Solopos.com, SOLO — Perkembangan teknologi termasuk di sektor perbankan membuat nasakah kian mudah menjangkau layanan perbankan. Mobile banking, kart ATM (debit) sampai internet banking kerap dimanfaatkan sebagai layanan perbankan yang memudahkan penggunanya. Namun, tidak sedikit orang yang kerap mengabaikan faktor keamanan saat bertransaksi.

Menurut survei Mastercard Mobile Shopping Survei 2017, 25 persen responden di Indonesia menyebut, mereka telah aktif memakai aplikasi mobile banking untuk melakukan pembayaran.

Dengan aplikasi mobile banking, nasabah bisa menyimpan, mengirim, serta menerima uang secara cepat, mudah, dan aman. Nasabah juga hanya perlu smartphone dan koneksi internet aman untuk bisa mentransfer pembayaran di mana pun dan kapan pun.

Selain itu, sebagian bank juga menghadirkan aplikasi mobile banking yang bisa diunduh di smartphone sehingga mengurangi kunjungan ke bank dan antrean ATM. Meski begitu, penggunaan transaksi melalui mobile juga perlu didukung pengetahuan tentang keamanan.

Berikut sejumlah tips transaksi aman dengan menggunakan mobile banking, kartu ATM, dan internet banking sebagaimana dikutip dari laman BI, beberapa waktu lalu

Kartu ATM (Debit)

– Simpan kartu dengan baik dan aman.

– Simpan, hafalkan dan lindungi nomor PIN saat bertransaksi di mesin ATM dan merchant/ pedagang.

– Gunakan kartu untuk bertransaksi di gerai mesin ATM yang aman dan terlindungi.

– Simpan dan hafalkan nomor call center resmi penerbit kartu. Misalnya kartu ATM diterbitkan bank A, Anda harus mengetahui call center resmi bank A.

– Amati kondisi gerai mesin ATM sebelum bertransaksi. Misalnya terdapat alat yang mencurigakan seperti skimmer, kamera kecil di atas keyboard, stiker call center palsu, dll.

Baca Juga: Rekening 53 Nasabah Bank Jateng di Klaten Dibobol via ATM, Begini Modusnya

– Segera hubungi nomor call center penerbit kartu jika kartu tersangkut di mesin ATM. Pastikan untuk tetap berada di lokasi gerai mesin ATM sampai kartu berhasil diblokir.

– Simpan bukti setiap transaksi dan pastikan kebenaran transaksi yang dilakukan melalui pengecekan rekening.

– Daftarkan nomor HP yang terkini kepada penerbit kartu sebagai data untuk pengiriman notifikasi transaksi kartu ATM/Debit.

– Mintalah bukti tertulis apabila transaksi pembayaran menggunakan kartu debit dikenakan surcharge/tambahan biaya oleh merchant.

– Adukan pengenaan surcharge kepada penerbit dan Bank Indonesia dengan melampirkan bukti transaksi.

Mobile Banking

– Transaksi aman dengan mobile banking diawali dengan menjaga kerahasiaan dan keamanan nomor PIN, username, dan password.

Baca Juga: BSI Mobile Solusi Layanan Perbankan dalam Satu Genggaman

– Gunakan nomor PIN dan password yang tidak mudah diketahui/ditebak serta mengubah PIN dan password secara berkala.

– Bila Anda ingin transaksi aman dengan mobile banking, aktifkan setting pengamanan pada telepon seluler seperti password, auto-lock, dan lainnya.

– Selalu perhatikan notifikasi transaksi yang dikirimkan oleh pihak bank dan melakukan pengecekan terhadap nilai transaksi yang dilakukan.

– Lakukan konfirmasi kepada pihak bank apabila terdapat informasi transaksi yang tidak dilakukan oleh nasabah.

Internet Banking

– Tidak jauh beda dengan transaksi aman saat menggunakan mobile banking, namun dengan internet banking pastikan Anda menggunakan perangkat dan jaringan yang aman serta antivirus yang ter-update pada perangkat yang digunakan untuk bertransaksi.

– Waspada dalam mengunduh file yang mengandung virus atau malware karena dapat mencuri data pribadi.

– Gunakan nomor username dan password yang tidak mudah diketahui/ditebak serta ubah password secara berkala.

Baca Juga: Tips Trading Forex Harian Paling Tepat dan Dijamin Berhasil

– Lakukan konfirmasi kepada pihak Bank jika terdapat informasi atau permintaan yang mencurigakan.

– Segera laporkan kepada bank apabila terdapat notifikasi transaksi yang tidak dilakukan oleh nasabah.

– Selalu periksa ejaan nama situs dengan teliti sehingga tidak terjadi kesalahan dalam mengakses halaman web.

Log off sepenuhnya dari perangkat yang digunakan melakukan transaksi

Itulah tips aman transaksi dengan menggunakan mobile banking, internet banking, dan kartu ATM. Layanan itu memang memudahkan, namun jangan pernah mengabaikan faktor keamanan.


Berita Terkait

Espos Premium

Berita Terkini

Dorong Electric Lifestyle, PLN Salurkan 60 Kompor Induksi di Mataram

PLN Terus mendorong realisasi elektric lifestyle di kalangan rumah tangga melalui penyaluran bantuan kompor Induksi di kampung PLN, kota Mataram.

Premium Store Kenangan Heritage, Kenalkan Konsep Baru Menikmati Kopi

Kopi Kenangan terus berkembang dan berinovasi untuk memenuhi kebutuhan pasar akan alternatif makanan dan minuman berkualitas.

PT Angkasa Pura I Minta Keringanan Pajak kepada Pemkab Kulonprogo

PT Angkasa Pura I (Persero) meminta agar Pemkab Kulonprogo memberikan keringanan terkait dengan pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB).

Tiga Dekade Yakult Membersamai dan Memberi Arti

Penjualan Yakult saat ini mencapai tujuh juta per hari. Jumlah itu terus meningkat di masa pandemi.

Ini Dampak Kebijakan Satu Peta bagi Investasi di Tanah Air

Data informasi geospasial yang akurat dapat dimanfaatkan dalam pembangunan, salah satunya dalam mendukung kepastian investasi.

Ini Hlo Cara Ikutan Lomba Foto Astra, Hadiahnya Enggak Main-Main!

PT Astra International Tbk menggelar Lomba Foto Astra dengan hadiah yang super menarik, ada smartwatch hingga sepeda motor.

Minyak Goreng dan Telur Ayam Ras Sumbang Inflasi November 2021

BI akan menempuh langkah-langkah koordinasi kebijakan lanjutan untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan, serta menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia.

LPS Optimistis Ekonomi Indonesia Membaik pada 2022, Ini Indikatornya

Berbagai paket kebijakan yang dikeluarkan oleh Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK), terdiri dari Kementerian Keuangan, Bank Indonesia, OJK, dan LPS telah menunjukkan hasil positif.

Kabar Gembira! Wings Air Buka Penerbangan ke Bali dari Adi Soemarmo

Penerbangan rute baru yang dibuka adalah dari Denpasar – Solo – Denpasar yang dilayani oleh Maskapai Wings Air mulai 26 November 2021.

Gulirkan Program Satu Juta Kompor Induksi, PLN Siapkan Diskon Khusus

PT PLN siap mengawal program pengalihan kompor berbasis energi import (LPG) ke kompor berbasis energi domestik (kompor listrik) atau yang lebih dikenal kompor induksi.

Buntut Temuan Toilet SPBU Berbayar, Ini Perintah Erick Thohir ke BUMN

Menteri Erick meminta pengawasan dan pemeliharaan dilakukan oleh perusahaan untuk menjamin fasilitas umum nyaman dan gratis bagi masyarakat.

Masih Ada Waktu, Pelaku Parekraf Ayo Buruan Daftar BPUP Rp1,8 juta

Pelaku parekraf yang bisa mendaftar BPUP ada 6 jenis usaha yaitu agen perjalanan wisata, biro perjalanan wisata, spa, hotel melati, homestay, dan penyediaan akomodasi lainnya.

Presidensi G20 Indonesia Siap Akselerasi Transisi Ekonomi Rendah Karbon

Salah satu prioritas dalam Presidensi G20 Indonesia yakni mendukung setiap negara termasuk negara berkembang untuk mitigasi dan adaptasi perubahan iklim

Penerbangan Internasional ke Bali Tambah 7 Rute, Aturan Karantina Ketat

Penambahan penerbangan ke Pulau Dewata ini terkait pembukaan pariwisata Bali bagi turis asing yang sudah dibuka sejak 14 Oktober 2021.

Diklaim Lebih Hemat, Segini Harga Kompor Induksi di Market Place

PT PLN (Persero) mengaku siap untuk mengawal program pengalihan kompor berbahan bakar liquefied petroleum gas (LPG) menjadi kompor listrik atau induksi.