SOLOPOS.COM - Ilustrasi penggunaan ATM (hackedgadgets.com)

Solopos.com, SOLO — Perkembangan teknologi termasuk di sektor perbankan membuat nasakah kian mudah menjangkau layanan perbankan. Mobile banking, kart ATM (debit) sampai internet banking kerap dimanfaatkan sebagai layanan perbankan yang memudahkan penggunanya. Namun, tidak sedikit orang yang kerap mengabaikan faktor keamanan saat bertransaksi.

Menurut survei Mastercard Mobile Shopping Survei 2017, 25 persen responden di Indonesia menyebut, mereka telah aktif memakai aplikasi mobile banking untuk melakukan pembayaran.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dengan aplikasi mobile banking, nasabah bisa menyimpan, mengirim, serta menerima uang secara cepat, mudah, dan aman. Nasabah juga hanya perlu smartphone dan koneksi internet aman untuk bisa mentransfer pembayaran di mana pun dan kapan pun.

Selain itu, sebagian bank juga menghadirkan aplikasi mobile banking yang bisa diunduh di smartphone sehingga mengurangi kunjungan ke bank dan antrean ATM. Meski begitu, penggunaan transaksi melalui mobile juga perlu didukung pengetahuan tentang keamanan.

Berikut sejumlah tips transaksi aman dengan menggunakan mobile banking, kartu ATM, dan internet banking sebagaimana dikutip dari laman BI, beberapa waktu lalu

Kartu ATM (Debit)

– Simpan kartu dengan baik dan aman.

– Simpan, hafalkan dan lindungi nomor PIN saat bertransaksi di mesin ATM dan merchant/ pedagang.

– Gunakan kartu untuk bertransaksi di gerai mesin ATM yang aman dan terlindungi.

– Simpan dan hafalkan nomor call center resmi penerbit kartu. Misalnya kartu ATM diterbitkan bank A, Anda harus mengetahui call center resmi bank A.

– Amati kondisi gerai mesin ATM sebelum bertransaksi. Misalnya terdapat alat yang mencurigakan seperti skimmer, kamera kecil di atas keyboard, stiker call center palsu, dll.

Baca Juga: Rekening 53 Nasabah Bank Jateng di Klaten Dibobol via ATM, Begini Modusnya

– Segera hubungi nomor call center penerbit kartu jika kartu tersangkut di mesin ATM. Pastikan untuk tetap berada di lokasi gerai mesin ATM sampai kartu berhasil diblokir.

– Simpan bukti setiap transaksi dan pastikan kebenaran transaksi yang dilakukan melalui pengecekan rekening.

– Daftarkan nomor HP yang terkini kepada penerbit kartu sebagai data untuk pengiriman notifikasi transaksi kartu ATM/Debit.

– Mintalah bukti tertulis apabila transaksi pembayaran menggunakan kartu debit dikenakan surcharge/tambahan biaya oleh merchant.

– Adukan pengenaan surcharge kepada penerbit dan Bank Indonesia dengan melampirkan bukti transaksi.

Mobile Banking

– Transaksi aman dengan mobile banking diawali dengan menjaga kerahasiaan dan keamanan nomor PIN, username, dan password.

Baca Juga: BSI Mobile Solusi Layanan Perbankan dalam Satu Genggaman

– Gunakan nomor PIN dan password yang tidak mudah diketahui/ditebak serta mengubah PIN dan password secara berkala.

– Bila Anda ingin transaksi aman dengan mobile banking, aktifkan setting pengamanan pada telepon seluler seperti password, auto-lock, dan lainnya.

– Selalu perhatikan notifikasi transaksi yang dikirimkan oleh pihak bank dan melakukan pengecekan terhadap nilai transaksi yang dilakukan.

– Lakukan konfirmasi kepada pihak bank apabila terdapat informasi transaksi yang tidak dilakukan oleh nasabah.

Internet Banking

– Tidak jauh beda dengan transaksi aman saat menggunakan mobile banking, namun dengan internet banking pastikan Anda menggunakan perangkat dan jaringan yang aman serta antivirus yang ter-update pada perangkat yang digunakan untuk bertransaksi.

– Waspada dalam mengunduh file yang mengandung virus atau malware karena dapat mencuri data pribadi.



– Gunakan nomor username dan password yang tidak mudah diketahui/ditebak serta ubah password secara berkala.

Baca Juga: Tips Trading Forex Harian Paling Tepat dan Dijamin Berhasil

– Lakukan konfirmasi kepada pihak Bank jika terdapat informasi atau permintaan yang mencurigakan.

– Segera laporkan kepada bank apabila terdapat notifikasi transaksi yang tidak dilakukan oleh nasabah.

– Selalu periksa ejaan nama situs dengan teliti sehingga tidak terjadi kesalahan dalam mengakses halaman web.

Log off sepenuhnya dari perangkat yang digunakan melakukan transaksi

Itulah tips aman transaksi dengan menggunakan mobile banking, internet banking, dan kartu ATM. Layanan itu memang memudahkan, namun jangan pernah mengabaikan faktor keamanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya