Kucing. (Reuters-Enrique de la Osa)

Solopos.com, SOLO — Kucing kerap kali dianggap sebagai hewan yang memiliki sembilan nyawa. Beberapa kali, seekor kucing terekam kamera mata lensa kamera selamat dari kejadian berbahaya.

Seperti pada video yang viral belakangan hari ini, seekor kucing mampu selamat setelah terjatuh dari lantai kesembilan. Berdasarkan video yang beredar, tampak dua orang ingin menyelamatkan kucing yang diduga terjebak di dinding lantai kesembilan sebuah bangunan.

Namun saat hendak ditolong, kucing itu jusrtu terjun bebas dari lantai kesembilan. Ajaibnya, kucing tersebut seperti tak mengalami luka sedikit pun karena masih mampu berlari kencang.

Tak pelak video viral itu ramai dikomentari netizen yang menyatakan bahwa mitos kucing bernyawa sembilan memang nyata. "Namanya kucing punya 9 nyawa," ungkap pengguna akun Instagram @ahmad.adi.aa39.

"Emang bener nyawanya ada 9," tulis pengguna akun Instagram @achmadakmal.

Kucing kerap kali dianggap punya sembilan nyawa sejak zaman Mesir Kuno. Angka sembilan merupakan sebuah angka mistik yang sering dikaitkan dengan agama dan berbagai cerita rakyat.

Solopos.com pernah memberitakan kucing pernah dipuja di peradaban Mesir Kuno yang diduga menjadi awal sebutan sembilan nyawa bagi kucing. Orang Mesir kuno menyembah Atum-Ra atau Dewa Matahari yang memberi kehidupan meliputi air, kelembaban, bumi, dan langit.

Atum-Ra dikisahkan mengambil kucing untuk berkunjung ke neraka yang dimaksudkan sebagai sembilan nyawa dalam satu pencipta. Sebuah nyanyian dari abad keempat sebelum masehi juga menyebutkan, “O kucing suci! Mulut Anda adalah mulut Dewa Atum, penguasa kehidupan yang telah menyelamatkan Anda dari semua dosa.”

Di sisi lain, pada 1894, ahli fisiologi Perancis Etienne-Jules Marey meneliti tentang keistimewaan kucing yang mampu membalikkan kakinya sebelum ia jatuh dari ketinggian. Rekaman video yang ia jepret mampu menghasilkan 60 gambar per detik, sehingga dapat menunjukkan bagaimana kucing dapat mendarat sempurna dengan kakinya.

Saat jatuh, kucing secara otomatis akan memutar badannya yang dimulai dengan manuver kepala, punggung, kaki, dan ekor untuk mengurangi dampak cidera. Kucing seakan memiliki naluri ilmiah untuk mampu terjun dari ketinggian tanpa cedera.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten