Samsung Galaxy Note. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA - Samsung berencana meluncurkan smartphone terbarunya, Samsung Galaxy Note 10, pada 7 Agustus mendatang. Tapi dengan banyaknya ragam smartphone andalan Samsung di pasaran, bagaimana prospek penjualan Galaxy Note 10?

Sejak pertama kali diluncurkan pada 2011, seri Galaxy Note memberikan fondasi untuk ponsel berlayar lebar yang kita gunakan dewasa ini. Note mempopulerkan konsep perangkat seluler yang lebih besar ketika sebagian industri berlomba-lomba membuat ponsel berukuran lebih kecil dan ringan.

Dengan layar yang lebih besar, kehadiran stylus, juga peningkatan memori dan kapasitas penyimpanan, Galaxy Note terbukti menjadi favorit pencinta gawai, terutama di kalangan pengguna yang boros daya.

Delapan tahun berlalu, cerita untuk Galaxy Note bisa berbeda. Pada 2019, Samsung bisa jadi lebih sulit membedakan Note dari seri Galaxy S-nya. Apalagi Galaxy S10 hadir dalam empat versi berbeda dengan berbagai ukuran, seperti dilansir Business Insider.

Layar Note yang besar dahulu menjadi salah satu karakteristik utama yang membedakan Note dari seri Galaxy S. Namun, perbedaan dalam ukuran layar dan fitur pembeda lainnya telah secara bertahap berkurang selama bertahun-tahun.

Contoh saja, selain stylus pen, perbedaan utama antara Galaxy S9 Plus dan Galaxy Note 9 yang diluncurkan tahun lalu adalah layar dan baterai Note yang sedikit lebih besar, juga opsi untuk membeli dengan kapasitas penyimpanan dan memori yang jauh lebih besar daripada S9 Plus.

Tapi ditimbang-timbang, layar Note 9 hanya 0,2 inci lebih besar daripada S9 Plus, dan kedua ponsel ini menawarkan fungsionalitas yang sama dalam hal fitur-fitur penting seperti kamera.

Coba bandingkan dengan beberapa tahun sebelumnya ketika Note masih relatif baru. Galaxy Note 2, yang memulai debutnya pada 2012, memiliki layar 5,5 inci atau 0,7 inci lebih besar dari layar Samsung Galaxy S3 yang dirilis pada tahun yang sama.

Saat itu, Samsung tidak merilis smartphone Galaxy S dalam ukuran berbeda. Ini menjadikan Note pilihan menarik bagi mereka yang menginginkan ponsel dengan layar yang dirasa lebih besar daripada kebanyakan ponsel di pasar saat itu.

Kini Samsung menawarkan lebih banyak pilihan ketimbang sebelumnya untuk ponsel seri Galaxy S-nya. Galaxy S10 tidak hanya dihadirkan dalam standar dan model plus yang sudah sebelumnya, tetapi juga dijual dengan versi lebih kuat yang disebut Galaxy S10 5G.

Versi ini akan dapat terhubung ke jaringan nirkabel generasi mendatang. Model berkemampuan 5G tersebut menampilkan layar 6,7 inci yang lebih besar daripada S10 (6,1 inci) dan S10 Plus (6,4 inci) serta pengaturan kamera empat kali lipat yang mencakup kamera 3D.

Versi itu berbeda dengan S10 dan S10 Plus, yang memiliki pengaturan kamera tiga kali lipat minus sensor kedalaman seperti pada S10 5G.

Samsung juga menjual versi S10 Plus yang dilengkapi dengan 12 GB RAM dan kapasitas penyimpanan sebesar 1 TB, sementara model lain seperti S10 standar dan S10 5G maks dilengkapi dengan memori 8 GB dan kapasitas penyimpanan 512 GB.

Dengan begitu banyak pilihan yang tersedia dalam hal ukuran layar, kapasitas penyimpanan, dan kualitas kamera, tidak jelas apa yang akan ditawarkan Note generasi berikutnya selain stylus pen yang belum dimiliki S10.

Bocoran Spesifikasi

Rumor yang muncul sejauh ini mengindikasikan bahwa Note baru akan terasa seperti S10 dan kemungkinan akan mengadopsi banyak fiturnya.

Laman Phone Arena mengabarkan Samsung akan merilis empat varian Galaxy Note 10, dua versi yang mendukung jaringan 5G dan dua versi lainnya untuk jaringan 4G, pada peluncurannya bulan depan.

Galaxy Note 10 juga dikabarkan akan hadir dalam versi reguler dengan layar AMOLED sebesar 6,3 inci bergaya notch punch-hole dan versi Pro yang memiliki layar sebesar 6,75 inci.

Soal baterai, Samsung membekali daya sebesar 3.400mAh untuk versi reguler, sedangkan Galaxy Note 10 Pro berdaya 4.500mAh. Semuanya ini mendukung fast charger 45W.

Kabar lain menyatakan Samsung akan menghilangkan tombol fisik di Galaxy Note 10, namun, ada juga yang menyatakan tombol fisik tetap ada, hanya jack earphone 3,5 milimeter yang hilang.

Meski kesamaan antara ponsel Galaxy S terbaru dan Note selalu ada, keberadaan Galaxy S10 5G dan Performance Edition Galaxy S10 Plus tetap saja membuat Note terasa kurang relevan.

Jika stylus pen adalah satu-satunya fitur yang benar-benar membedakan Note dari Galaxy S10, Samsung sepertinya nanti harus siap menjelaskan mengapa Galaxy Note 10 layak dibeli di antara ponsel-ponsel andalannya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten