SOLOPOS.COM - Daihatsu Rocky dan Toyota Raize (moas.muf.co.id)

Solopos.com, JAKARTA-Sejak beberapa waktu lalu, Toyota dan Daihatsu sama-sama mengeluarkan mobil baru mereka yaitu Daihatsu Rocky dan Toyota Raize.

Seperti biasa, Toyota dan Daihatsu membuat kendaraan mirip dan kali ini pun demikian untuk Rocky dan Raize.

Promosi Enjoy the Game, Garuda! Australia Bisa Dilewati

Lalu apakah Daihatsu Rocky dan Toyota Raize ini benar-benar sama? Bagi yang belum pernah mencari infonya, berikut penjelasannya seperti dikutip dari Lifepal.

 

Daihatsu Rocky vs Toyota Raize

Daihatsu dan Toyota sudah menghadirkan banyak jenis mobil kembar. Contohnya, Daihatsu Xenia vs Toyota Avanza, Daihatsu Terios vs Toyota Rush, Daihatsu Ayla vs Toyota Agya, dan juga Daihatsu Sigra vs Toyota Calya.

Tapi meskipun kembar, mobil Toyota vs Daihatsu tersebut memiliki beberapa hal berbeda yang menjadi ciri khas masing-masing. Begitu pula dengan Rocky dan Raize.

Walaupun banyak persamaan, tentu saja ada perbedaan Toyota Raize vs Daihatsu Rocky, yang menjadi ciri khas masing-masing produk. Berikut ini adalah beberapa perbedaan dari kedua jenis mobil kembar ini:

 

Harga

Kedua mobil ini sama-sama menjalani tahap riset di pusat R&D PT Astra Daihatsu Motor yang terbesar di Indonesia agar bisa memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia, tapi dengan harga yang terjangkau.

Baik Rocky maupun Raize juga diproduksi di pabrik yang sama milik PT Daihatsu Indonesia. Simak perbandingannya Secara keseluruhan, harga termurah dari kedua mobil ini dipegang oleh Daihatsu Rocky dengan varian 1.2 M MT yaitu Rp 207 juta.

Sedangkan yang termahal adalah Toyota Raize tipe 1.0T GR CVT TSS TWO TONE seharga Rp 305,1 juta. Berikut ini adalah perbandingan daftar harga mobil Toyota Raize dan Daihatsu Rocky semua varian:

 

Harga Daihatsu Rocky

1.2 M MT Rp207 juta

1.2 X MT Rp221,1 juta

1.2 X MT ADS Rp229,2 juta

1.2 M CVT Rp224,9 juta

1.2 X CVT Rp239 juta

1.2 X CVT ADS Rp247,1 juta

1.0 R TC MT Rp247 juta

1.0 R TC MT SC Rp248,5 juta

1.0 R TC MT TWO TONE Rp249,5 juta

1.0 R TC MT SC TWO TONE Rp250,5 juta

1.0 R TC MT ADS Rp255,1 juta

1.0 R TC MT ADS SC Rp256,6 juta

1.0 R TC MT ADS TWO TONE Rp257,6 juta

1.0 R TC MT ADS SC TWO TONE Rp258,6 juta

1.0 R TC CVT Rp262 juta

1.0 R TC CVT SC Rp263,5 juta

1.0 R TC CVT TWO TONE Rp264,5 juta

1.0 R TC CVT SC TWO TONE Rp265,5 juta



1.0 R TC CVT ADS Rp270,1 juta

1.0 R TC CVT SC ADS Rp271,6 juta

1.0 R TC CVT ASA Rp271,9 juta

1.0 R TC CVT ADS TWO TONE Rp272,6 juta

1.0 R TC CVT SC ASA Rp273,4 juta

1.0 R TC CVT SC ADS TWO TONE Rp273,6 juta

1.0 R TC CVT ASA TWO TONE Rp274,4 juta

1.0 R TC CVT SC ASA TWO TONE Rp275,4 juta

 



Harga Toyota Raize

1.2 G M/T Rp232,4 juta

1.2 G CVT Rp247,3 juta

1.0T G M/T Rp251,9 juta

1.0T G M/T TWO TONE Rp254,5 juta

1.0T G CVT Rp266,9 juta

1.0T G CVT TWO TONE  Rp269,5 juta

1.0T GR CVT Rp280,8 juta

1.0T GR CVT TWO TONE Rp283,4 juta



1.0T GR CVT TSS Rp302,5 juta

1.0T GR CVT TSS TWO TONE Rp305,1 juta

 

Interior

Baik Rocky maupun Raize sama-sama menggunakan bahan kulit pada interiornya. Namun bedanya, pada Raize tidak ada tambahan garis merah pada jok seperti pada jok Rocky. Keduanya memiliki luas bagasi hampir 369 liter. Bentuk dasbor keduanya juga mirip, mulai dari model setir, panel, dan keberadaan head unit 9 inci.

 

Eksterior

Eksterior keduanya pada dasarnya juga mirip dengan dimensi yang sama, yaitu PxLxT = 4030 x 1710 x 1635 mm. Meskipun begitu, keduanya masih memiliki beberapa perbedaan dalam segi eksterior.

Grille di Daihatsu Rocky terlihat lebih kotak dengan aksen chrome, sedangkan grille di Toyota Raize terlihat lebih melengkung dengan aksen hitam.



Kemudian lampu depan Daihatsu Rocky terlihat lebih tajam dan agresif dengan pola LED yang menarik, sedangkan Toyota Raize memiliki lampu depan yang lebih halus dengan pola yang kurang rumit.

Bagian bumper depan Daihatsu Rocky memiliki desain yang lebih kasar dan bertenaga dengan aksen baja, sementara Toyota Raize memiliki desain bumper yang lebih rata dengan aksen hitam.

Desain roda Daihatsu Rocky terlihat lebih sporty dan unik, sementara Toyota Raize memiliki desain roda yang lebih sederhana dan umum.

 

Setir

Pada setir Rocky, Daihatsu belum melengkapinya dengan paddle shift untuk menaikkan dan menurunkan gigi persneling. Sedangkan di Toyota Raize, setirnya sudah tersedia paddle shift.

 

Detail mesin dan performa

Toyota Raize vs Daihatsu Rocky punya dua pilihan mesin yang sama, yaitu mesin 1KR-VET 3 silinder turbo berkapasitas 998 cc dan mesin berkode WA-VE 3 silinder berkapasitas lebih besar 1198 cc, namun tanpa turbo.

 

Sistem infotainment

Meskipun setirnya belum dilengkapi paddle shift, sistem infotainment Daihatsu Rocky sudah dilengkapi dengan Apple Car Play dan juga Android Auto. Kedua fitur itu sayangnya tidak akan kamu temukan pada infotainment milik Toyota Raize.

 

Fitur keselamatan dan keamanan

Untuk fitur keselamatan dan keamanan Rocky, Daihatsu membekali dengan Advanced Safety Assist atau ASA. Sedangkan Toyota memberi Raize fitur keselamatan dan keamanan yang disebut Toyota Safety Sense atau TSS.

Dalam TSS terdapat beberapa fitur seperti Pre-Collision System, Adaptive Cruise Control, Lane Departure Alert dengan Steering Control, Rear Cross Traffic Allert & Blind Spot Monitor, dan Pedal Misoperation Control.

Sedangkan dalam ASA, Daihatsu melengkapi dengan fitur-fitur Pre-Collision Warning, Pre-Collission Braking, Pedal Misoperation Control, Front Departure Alert, Lane Departure Warning, dan Lane Departure Prevention.

 

Warna

Dalam hal pilihan warna, Raize lebih unggul dengan 12 pilihan warna, sedangkan Daihatsu Rocky hanya ditawarkan dalam 8 pilihan warna. Berikut adalah rinciannya.

 

Pilihan warna Daihatsu Rocky:

Dark Gray Metallic

Classic Silver Metallic

Ultra Black Solid

Yellow Metallic

Shining Pearl White

Compagno Red

Compagno Red 2 Tone

Icy White 2 Tone

 

Pilihan warna Toyota Raize:

Black

White

Yellow

Red

Silver Metallic

Grey Metallic

Yellow Black

White Black

Red Black

Turquoise MM Black

Turquoise MM

Silver Metallic Black

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya