Ini Beda Cacar Monyet dan Cacar Air

Nama cacar monyet bisa jadi masih asing di telinga kita, lalu apa bedanya dengan cacar air?

 Ilustrasi terinfeksi cacar air. (Freepik.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi terinfeksi cacar air. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Penyakit cacar monyet masih terdengar asing bagi masyarakat Indonesia, lalu apa bedanya dengan cacar air yang merupakan kasus umum di Indonesia? Sebagaimana diketahui sejumlah negara seperti Amerika Serikat, Portugal, dan Inggris mengonfirmasi temuan kasus tersebut.

Otoritas Portugal pada Rabu (18/5/2022) mengatakan telah mengidentifikasi lima kasus penyakit tersebut, begitu pula dengan Amerika Serikat.  Mengutip Antara pada Jumat (20/5/2022), otoritas kesehatan Eropa sedang memantau setiap wabah penyakit setelah Inggris melaporkan kasus cacar monyet pertama pada 7 Mei dan menemukan enam kasus tambahan di negara tersebut.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Lalu apakah beda cacar monyet dan cacar air yang lebih familiar di Indonesia? Berikut ini perbedaannya seperti dikutip dari klikdokter.com pada Jumat (20/5/2022):

1. Virus penyebab

Cacar monyet merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus monkeypox. Adapun cacar air atau varisela merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh infeksi virus varicella zoster.

Baca Juga: Waspadai Virus Cacar Monyet

2. Gejala

Mengutip laman klikdokter.com pada Jumat (20/5/2022),  berikut ini gejala awal cacar monyet:

– Demam
– Nyeri kepala
– Nyeri otot
– Nyeri punggung
– Pembesaran kelenjar getah bening
– Menggigil

Baca Juga: AS Konfirmasi Kasus Pertama Cacar Monyet 2022, Kenali Gejalanya

Gejala awal cacar air juga hampir sama dengan cacar monyet, yakni demam tidak terlalu tinggi, lemah, lesu dan nyeri kepala. Namun, setelah gejala ini, penderita cacar air juga akan mengalami timbulnya lesi kulit berupa lenting yang mirip tetesan embun.

Penyebaran lesi ini terutama di daerah badan, kemudian menyebar ke area wajah, kaki, dan tangan. Lesi ini bahkan dapat menyerang selaput lendir mata, mulut, dan saluran napas bagian atas. Jika terdapat infeksi bakteri, dapat terjadi pembesaran kelenjar getah bening. Penyakit cacar air biasanya disertai dengan rasa gatal yang mengganggu.

Sementara itu, pada cacar monyet dalam 1-3 hari (terkadang lebih lama) setelah adanya gejala demam, pasien akan mengalami ruam di kulit yang pertama kali terjadi di wajah, lalu menyebar ke seluruh tubuh. Ruam di kulit bisa berubah lenting, benjolan kecil, bintik kecil, benjolan yang disertai nanah dan disertai keluhan gatal di kulit.

Keluhan ini biasanya berlangsung selama 2-4 minggu. Di Afrika, penyakit cacar monyet dilaporkan menjadi penyebab kematian pada 1 dari 10 orang.

3. Penularan

Beda cacar monyet dan cacar air berikutnya bisa dilihat dari cara penularannya. Penularan cacar monyet terjadi ketika seseorang berkontak langsung dengan hewan, manusia, atau benda yang terkontaminasi virus. Adapun virus dapat masuk melalui kulit yang luka (meski luka tidak terlihat), saluran pernapasan, membran mukosa (mata, hidung, mulut).

Baca Juga:  Bikin Heboh, Ini Seluk Beluk Cacar Monyet

Penularan dari hewan ke manusia dapat terjadi melalui gigitan atau goresan, konsumsi daging hewan liar, kontak dengan benda yang terkontaminasi (misalnya sprei), dan kontak langsung dengan cairan tubuh yang terkontaminasi.

Lantas, bagaimana dengan cacar air? Pada cacar air, penularan terjadi melalui kontak dengan droplet (batuk, bersin, dsb) orang yang terinfeksi dan masuk melalui saluran napas.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC) di Amerika Serikat, hingga kini belum ada obat spesifik untuk menangani penyakit cacar monyet. Namun, jika seseorang terbukti terjangkit penyakit cacar monyet, disarankan untuk langsung diberikan vaksin smallpox (penyebab penyakit variola) karena virus penyebab cacar monyet hampir mirip dengan virus penyebab variola.

Sejak 1984, World Health Organization atau WHO menyatakan seluruh dunia telah bebas penyakit variola. Namun dengan adanya penyakit cacar monyet, kewaspadaan terhadap virus variola perlu ditingkatkan. Selain vaksinasi, sama seperti cacar air, penderita cacar monyet juga diberikan obat-obatan antivirus.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Kenali Tanda Janin Tidak Berkembang Seperti Dialami Annisa Pohan

Meski janin tidak berkembang dalam rahim, wanita yang mengalami blighted ovum akan merasakan tanda-tanda kehamilan umumnya. 

Iduladha di Indonesia & Arab Saudi Berbeda, Kapan Puasa Arafah 2022?

Hari Raya Iduladha 2022 jatuh pada hari berbeda antara pemerintah Indonesia dan Arab Saudi. Terus kapan puasa Arafah bisa dilakukan?

Sering Menatap Layar Gadget? Waspadai Computer Vision Syndrome

Kelelahan mata karena terlalu lama menatap monitor gadget bisa menyebabkan computer vision syndrome. Kasus ini sering dikeluhkan pasien-pasien di Rumah Sakit Mata Solo.

Niat Puasa Arafah Menjelang Iduladha, Lengkap dengan Latinnya

Berikut ini terdapat bacaan niat puasa sunah Arafah yang dilakukan sehari menjelang Hari Raya Iduladha, menurut penjelasan Nahdlatul Ulama (NU online).

Begini Cara Membuat Bawang Hitam Seperti Dikonsumsi Dewa 19

Begini cara membuat bawang hitam sendiri di rumah hanya dengan menggunakan rice cooker.

Apa Itu Bawang Hitam Seperti Dikonsumsi Personel Dewa 19?

Ahmad Dhani membeberkan tips jaga stamina saat melakoni tur 30 kota adalah dengan makan bawang hitam, makanan apa itu?

Cerpen Orang-Orang Pabrik

Sepekan sekali seorang gadis mendatangi pabrik sambil membawa setangkai mawar. Orang-orang pabrik mencurigainya sebagai orang jahat, hingga sebuah rahasia kelam akhirnya terungkap.

Perhatikan Tips Ini Agar Daging Kurban Bebas PMK

Berikut ini tips agar daging kurban bebas PMK dan tidak menjadi media persebaran penyakit ini.

Perlu Tahu, Ini 3 Golongan Penerima Daging Kurban Saat Iduladha

Menyembelih dan membagikan hewan kurban pada hari raya Iduladha merupakan ibadah sunnah bagi muslim yang mampu.

Begini Cara Ganja Medis Digunakan Sebagai Terapi Cerebral Palsy

Ganja medis disebut bisa digunakan sebagai terapi untuk penderita cerebral palsy, bagaimana cara kerjanya?

Bagaimana Pemanfaatan Ganja untuk Medis dari Perspektif Agama?

Bidang Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) melakukan kajian secara komprehensif untuk menggali perspektif keagamaan terhadap pemanfaatan tanaman ganja untuk kebutuhan medis.

Arti Mimpi Digigit Ular Menurut Para Ulama

Berikut ini sejumlah arti mimpi digigit ular ini menurut para ulama Islam.

Begini Tata Cara Menyembelih Hewan Kurban Sesuai Syariat Islam

Berikut ini tata cara menyembelih hewan kurban sesuai syariat Islam.

Hukum Jual Beli Kucing Menurut Pandangan Ulama dan Negara

Sesuai peraturan hukum yang berlaku, jual beli kucing hutan yang merupakan satwa dilindungi jelas dilarang.

Ini Cara Atasi Depresi pada Ibu Hamil Seperti Dialami Remaja Wonogiri

Berbahaya bagi janin, sebaiknya ketahui cara atasi depresi pada ibu hamil.

Ini Bahaya Depresi bagi Perempuan Hamil Seperti Dialami Remaja Wonogiri

Jangan disepelekan, ada sejumlah bahaya depresi bagi perempuan hamil.