SOLOPOS.COM - Batu menyelip di celah ban mobil. (Dunlop.co.id)

Solopos.com, SOLO — Ban mobil berperan membantu pergerakan sekaligus menahan bodi mobil sehingga meredam tekanan dan guncangan agar berkendara aman dan nyaman.

Karena perannya cukup penting, Anda harus memperhatikan kondisi ban mobil, bahkan jika ada batu kerikil yang menyelip di celah ban sekalipun.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Jangan diselepekan meskipun batu kerikik yang terselip di celah ban mobil, namun itu salah satu faktor yang memengaruhi keselamatan berkendara dan bisa membahayakan.

Oleh karena itu, luangkan waktu untuk mengecek kondisi ban mobil dan jika ada batu atau kerikil yang terselip segera buang.

Ekspedisi Mudik 2024

Dikutip Solopos.com dari Dunlop.co.id, batu yang menyelip pada celah ban mobil bisa mengganggu, antara lain:

Baca juga: Lebih Irit Mana Mobil Matik Atau Manual? Ini Faktanya

Ketidakseimbangan roda

Terselipnya batu pada celah ban mobil bisa membuat ban pecah yang mengganggu kontrol kendaraan sehingga menimbulkan ketidakseimbangan roda.

Apabila terjadi ketidakseimbangan roda mobil maka ini berpotensi dan bisa memicu kecelakaan, terutama saat kendaraan melaju di jalan tol.

Parah saat ban basah

Saat ban dalam keadaan basah, potensi kerusakan ban mobil yang terselip batu akan semakin meningkat. Karena pola ban dibuat untuk membuang air pada bagian tengah.

Batu atau kerikil yang terselip di ban mobil jika tidak segera dibuang, lama-kelamaan akan melukai ban dan menimbulkan korosi pada serat baja di dalam ban.

Baca juga: Ban Tubeless Sering Kempes, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Untuk itu, Anda harus selalu cek ban mobil sebelum berkendara. Ini penting untuk memastikan ban mobil dalam keadaan baik dan bisa digunakan untuk berkendara dengan aman.

Khususnya jika Anda ingin bepergian jauh atau melewati jalan bebas hambatan atau jalan tol. Jangan ragu untuk mengganti ban apabila kondisinya sudah kurang layak pakai.

Mencuci mobil setidaknya setidaknya dua minggu sekali. Karena mencuci mobil juga bisa menjadi momen membersihkan batu pada celah ban.

Anda juga bisa menggunakan ban yang dilengkapi fitur ejector batu (stone ejector) yang berfungsi mencegah batu terselip di celah ban mobil.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya