SOLOPOS.COM - Jangan sampai mobil bermasalah saat mudik. (Daihatsu.co.id)

Solopos.com, SOLO — Lebaran 2022 sebentar lagi, tinggal hitungan hari, persiapan pun mulai dilakukan, Baik mempersiapkan barang bawaan juga mengecek kondisi mobil yang akan digunakan untuk mudik lebaran.

Mengecek kondisi kendaraan pribadi perlu dilakukan sebelum perjalanan mudik, agar tidak bermasalah di tengah jalan. Berikut bagian yang perlu dicek sebelum mudik, seperti dikutip dari Daihatsu.co.id dan Auto 2022.co.id.

Promosi Banjir Kiper Asing Liga 1 Menjepit Potensi Lokal

1. Kondisi Mesin

Bila kondisi mobil cukup mumpuni untuk menempuh jarak jauh saat mudik, cukup melakukan tune up mesin standar. Mintalah mekanik bengkel untuk membersihkan karburator, penyetelan klep, busi, serta mengganti oli.

Cek juga saluran bahan bakar ke ruang bakar, terutama bila ring piston sudah ada gejala aus agar segera diganti. Selain itu busi jangan lupa diganti agar pengapian makin sempurna.

Baca juga: Ini Biaya BBM Untuk Perjalanan Jakarta-Solo Via Tol

2. Air Radiator

Periksa kondisi air di radiator mobil Anda. Jika perlu kuras radioator dan ganti dengan air yang baru, kalau perlu tambah dengan cairan pendingin radiator untuk performa yang lebih maksimal.

3. Timing Belt

Penggantian timing belt berpatokan pada indikator jarak tempuh kilometer pada speedometer. Jika timing belt telah digunakan sejauh 50.000 km, sebaiknya segera ganti dengan yang baru meskipun belum terdapat kerusakan.

4. Ban

Ban yang kondisinya sudah tidak layak pakai akan mengalami penurunan daya cengkram terhadap jalan. Ini sangat berbahaya apalagi jika berkendara dalam keadaan hujan. Cukup mudah untuk memeriksa kelayakan sebuah ban, lihat saja apakah ada retak dalam permukaan ban?

Baca juga: Catat! Ini Lokasi Pengisian Kendaraan Listrik di Tol Trans Jawa

5. Rem

Periksa level minyak rem. Jika berkurang dari batas level minimal, maka perlu dicurigai kemungkinan adanya kebocoran. Periksa sistem rem apakah terlihat ada kebocoran pada selang, dan master rem. Pastikan sistem rem dapat bekerja dengan baik.

6. Sistem Kelistrikan

Periksa kembali sistem kelistrikan kendaraan, terutama sambungan kabel dan kondisi kabel, serta bohlam lampu utama, lampu rem dan lampu sein. Perangkat sinyal lain yang juga harus diperiksa adalah klakson. Isyarat suara itu sangat dibutuhkan manakala kamu melintasi jalan yang sepi atau jalan berkelok.

Baca juga: Mudik Naik Mobil? Ini Perlengkapan Yang Wajib Ada di Kendaraan Anda

7. Wiper

Cek karet wiper dan juga air untuk wiper agar tidak ngadat saat hujan turun. Jika karet wiper sudah jelek, jangan ragu untuk menggantinya. Jika hujan, wiper yang bagus akan membuat pandangan kamu lebih jelas saat mengemudikan mobil.

8. Kelengkapan Mobil

Jika kondisi mobil sudah oke, kini saatnya periksa kelengkapan mobil. Pastikan kunci-kunci dan kelengkapan untuk mengganti ban lengkap di bagasi mobil. Selain itu bawa juga peralatan P3K serta segitiga pengaman.

Cek juga masa berlaku STNK dan SIM kamu, siapa tahu waktunya harus diperpanjang. Jika semua sudah beres, kini tinggal persiapkan kondisi fisik untuk menempuh perjalanan mudik dengan mobil.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya