SOLOPOS.COM - Purawisata Jogja (JIBI/Harian Jogja/Kurniyanto)

Harianjogja.com, JOGJA- Purawisata resmi berganti nama baru menjadi Mandira -Baruga.

Dewo Plo, Manager Purawisata kepada Harian Jogja, Minggu (17/10/2013) saat mengumumkan nama baru Mandira-Baruga di Gazebo Garden Purawisata, Jl Brigjen Katamso, Jogja menjelaskan nama Mandira dipilih karena kekuatan makna, metafora, dan citra.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Nama Mandira yang berasal dari usulan seorang mahasiswa bernama Zakariya Pamuji A, warga Umbulharjo, Jogja.

Selanjutnya dewan juri melengkapi nama Mandira dengan kata Baruga yang berasal Makkasar, dan dilengkapi dengan tagline, Yogya Gerbang Budaya Dunia.

Budayawan Emha Ainun Nadjib yang juga dewan juri mengatakan, kata Mandira berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti ruang Illahi. Sementara arti kata Baruga adalah tempat yang terhormat, kata ini berasal dari bahasa Bugis-Makassar.

“Dalam kata Mandira-Baruga terkandung doa tentang kesucian yang mendasari seluruh dinamika seni dan budaya untuk membangun Jogja menjadi gerbang dunia,” ujar Emha yang akrab disapa Cak Nun itu.

Purawisata sengaja melakukan pergantian nama karena ingin naik kasta. Pasalnya, selama ini Purawisata hanya identik sebagai tempat hiburan terutama musik dangdut. Nama baru ini diharapkan bisa menjadi representasi Purawisata yang akan berubah menjadi rumah kebudayaan bagi seluruh kesenian di Jogja.

Segala macam kesenian dari tradisi hingga moderen yang ada di Jogja seperti seni rupa, musik, teater, pemutaran film, hasil-hasil kerajinan, ketoprak akan diakomodasi.

“Prinsipnya Mandira-Baruga memiliki peran dan fungsi rekreatif, kultural dan edukatif,” ucap Ulla Nuchrawati, pemilik Purawisata.

Nama Mandira-Baruga akan resmi digunakan mulai 2014 mendatang. Selanjutnya, dalam waktu dekat ini, manajemen Purawisata akan melakukan sayembara kembali. Kali ini, mereka minta untuk dibuatkan logo yang menafsir nama Mandira-Baruga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya