Ini Alasan Khabib Nurmagomedov Pensiun dari MMA
Petarung MMA Khabib Nurmagomedov (Reuters)

Solopos.com, ABU DHABI — Petarung mixed martial arts (MMA), Khabib Nurmagomedov, pensiun dari arena yang memebsarkan namanya setelah mengalahkan Justin Gaethje di Flash Forum, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Minggu (25/10/2020). Ketiadaan sang ayah di arena menjadi faktor utama di balik keputusan Khabib mundur dari dunia MMA.

Khabib tak kuasa menahan air mata setelah melumpuhkan Gaethje lewat kemenangan submission di UFC 254. Lelaki asal Dagestan, Rusia, itu lantas menaruh sarung tangannya di octagon yang menjadi tanda perpisahan. Khabib mengakhiri kariernya di UFC dengan rekor mengesankan yakni 29 kemenangan tanpa sekalipun kalah.

Karantina Wilayah RT Bumi Laweyan Solo Bermula Dari Petugas Parkir Positif Covid-19, Begini Ceritanya

Meninggalnya sang ayah, Abdulmanap Nurmagomedov, 3 Juli lalu menjadi alasan utama Khabib untuk segera pensiun. Khabib mengaku tak bisa terus berada di arena tanpa didampingi ayah. Abdulmanap memang sosok spesial bagi petarung berjuluk Si Elang itu.

Selain menjadi figur ayah yang baik, Abdulmanap adalah peletak dasar ilmu beladiri yang dimiliki Khabib. Abdulmanap juga selalu memberi perhatian dan masukan strategi meski Khabib memiliki pelatih resmi, Javier Mendez.

“Ketika UFC menghubungi saya untuk duel lawan Justin, saya berbincang pada Ibu selama tiga hari. Saya berjanji ini pertarungan terakhir. Bila saya sudah berjanji, saya harus menepatinya,” ujar Khabib dilansir ESPN, Minggu.

Pertahankan Juara

Sepanjang kariernya, Khabib telah mengalahkan petarung-petarung hebat macam Al Iaquinta, Dustin Poirier, Conor McGregor, dan Gaethje. Kemenangan atas Gaethje jadi upaya ketiga petarung 32 tahun itu mempertahankan sabuk juara kelas ringan UFC.

Justin Gaethje pun memberikan simpatinya pada Khabib. Usai laga, dia sempat memeluk Khabib sambil membisikkan sesuatu. “Saya turut berduka cita atas kehilangan ayahmu, namun kamu baru saja membuat ayahmu sangat bangga,” tutur Gaethje menirukan ucapannya pada Khabib, dilansir BT Sport.

Pentingnya Edukasi Anak Terkait Pandemi Covid-19 dan Protokol Kesehatan yang Harus Diterapkan

Conor McGregor ikut memberi penghormatan. “Penampilan yang bagus Khabib. Hormat dan rasa duka kembali atas kehilangan ayahmu, untukmu dan keluarga,” ujar McGregor yang sempat terlibat perselisihan dengan Khabib 2018 lalu.

Tak hanya dunia MMA, bintang bola Cristiano Ronaldo pun turut memberi perhatian atas pensiunnya Khabib. “Selamat, saudaraku! Ayahmu pasti bangga padamu,” tutur striker Juventus itu.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom