Ilustrasi tindakan catcalling (Pictagram)

Solopos.com, SOLO – Catcalling atau kekerasan seksual secara verbal di jalanan sering dialami wanita. Pelakunya adalah pria yang tak dikenal. Kebanyakan dari mereka menganggap catcalling sebagai candaan.

Sebenarnya, tak semua pria membenarkan perilaku catcalling. Ada beberapa pria yang menilai perbuatan tersebut menjijikkan, tidak sopan, dan tak pantas dilakukan. Namun, sebagian pria menganggap catcalling hal yang wajar.

Lantas, tahukah Anda apa penyebab pria melakukan catcalling? Simak ulasan yang dikutip Solopos.com, Selasa (3/9/2019) dari berbagai sumber berikut:

Iseng

Alasan terbesar pria melakukan catcalling adalah iseng. Mereka menganggap hal itu mengasyikkan dan menganggap catcalling wajar dilakukan. Ketidaksadaran pria terhadap dampak catcalling membuat mereka terus-menerus melakukannya.

Merasa kodratnya menggoda wanita

Dilansir BBC, alasan pria melakukan catcalling adalah merasa dirinya memiliki hak untuk menggoda wanita. Produser film Amerika Serikat, Maggie Hadleigh-West, berpendapat pria telah didoktrin untuk melakukan catcalling. Suatu kebanggaan jika mereka bisa menjadikan wanita sebagai fantasi seksual.

“Seorang pria [merasa] mengetes [memanggil] wanita itu mengganggu. Lain halnya dengan predator seksual, mereka memanggil wanita untuk mengetes seberapa jauh dia bisa berbuat sesuatu kepada wanita tersebut,” ungkap Maggie Hadleigh-West.

Cari perhatian

Dilansir Her Campus, kebanyakan pria tertarik pada wanita yang tak dikenal. Jika pria melakukan catcalling dengan memberi pujian kepada wanita, berarti mereka menginginkan hal yang sama. Pria akan mencari perhatian setelah menyadari wanita yang dilihat itu cantik.

Berhasil menggaet wanita

Dikutip dari Thought Catalog, seorang pria yang berhasil menarik perhatian wanita lewat catcalling akan mengulangi perbuatannya lagi. Mereka tidak akan merasa bersalah karena mendapat wanita yang mau melayani godaan itu. Faktanya, tak semua wanita suka digoda dengan cara apapun, termasuk catcalling.

Membuktikan kejantanan

Pria menjadikan catcalling sarana membuktikan kejantanan. Menurut Profesor Sosiologi Universitas Northeastern Amerika Serikat, Kathrin Zippel, catcalling tak semata-mata disebabkan oleh penampilan wanita. Hal tersebut dijadikan pria sebagai ajang pembuktian maskulinitas dan urutan kelas sosial mereka.

“Terkadang, itu [catcalling] bukan karena wanitanya. Itu hanya pria yang ingin menunjukkan maskulinitas dan urutan kelas sosial di antara pria,” tutur Kathrin Zippel. (Atina Firdausa Qisthi/Solopos.com)


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten