Ini Alasan Kamu Harus Punya Gudang di Rumah

Jika diurus dengan seksama, gudang akan menjadi ruangan yang sangat berguna di rumah. Bahkan bisa menjadi pemanis desain ruangan rumahmu.

 Ilustrasi penataan barang di gudang (freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi penataan barang di gudang (freepik)

Solopos.com, SOLO – Ketika membangun rumah, kamu pasti menginginkan rumah yang nyaman untuk ditinggali. Kamu memikirkan segala sesuatunya, mulai dari pola desain ruangan, pemilihan bahan bangunan, dan pemilihan warna cat tembok.

Berbicara tentang pola desain ruangan, ada satu ruangan yang sering dianggap tidak penting oleh sebagian orang, yaitu gudang. Gudang merupakan ruangan khusus di rumah yang biasanya dipakai sebagai ruang penyimpanan benda-benda tak terpakai. Itulah yang menimbulkan stigma bahwa gudang seringkali dianggap tempat yang kotor dan berantakan.

Karena kurang terurus, ruangan satu ini biasa menjadi sarang binatang seperti tikus, kecoa, lalat, dan belatung. Padahal jika diurus dengan seksama, gudang akan menjadi ruangan yang sangat berguna di rumah. Bahkan bisa menjadi pemanis desain ruangan rumahmu.

Baca Juga: Bikin Desain Rumah Unik dengan Material Corten Steel

Bersumber dari futuready.com pada Kamis (08/07/2021), berikut berbagai alasan kamu harus mempunyai gudang di rumah dan memperlakukan gudang supaya kondisinya tetap enak dipandang:

Sebagai tempat penyimpanan benda yang jarang dipakai
Jika punya sepatu, alat dapur atau alat perkakas yang jarang dipakai, kamu bisa meletakkannya di gudang. Inilah fungsi utama gudang. Atur barang-barang tersebut dengan rapi dan pisahkan berdasarkan jenis barangnya supaya kamu mudah mencarinya ketika hendak dipakai.

Sebagai tempat penyimpanan benda yang sering dipakai
Ini yang jarang orang ketahui. Gudang bisa juga digunakan sebagai ruangan tempat penyimpanan barang-barang yang biasa dipakai sehari-hari. Khususnya untuk kamu yang menginginkan kamar tidur luas dan tidak dipenuhi dengan barang-barang. Gudang bisa dijadikan tempat penyimpanan pakaian satu keluarga. Jadi, setiap anggota keluarga yang hendak mengganti baju bisa menggunakan ruang ganti di gudang. Tentu posisi gudang ini harus mudah dijangkau oleh setiap anggota keluarga. Bisa dekat dengan kamar tidur atau kamar mandi utama.

Trik Menata Gudang

Gunakan boks penyimpanan
Susun boks penyimpanan pada tembok dalam gudang secara horisontal maupun vertikal. Letakkan barang-barangmu berdasar jenisnya di masing-masing boks tersebut untuk memudahkan mengenalinya. Gunakanlah boks yang terbuat dari bahan sintesis atau plastik supaya lebih awet.

Kategorisasi
Seperti perpusatakaan di sekolah yang disusun berdasarkan jenis buku, gudang juga sebaiknya menerapkan pola serupa. Misalnya kamu bisa menaruh buku-buku lama di bagian paling belakang. Perkakas dapur yang kemungkinan lebih sering digunakan diletakkan di bagian depan. Gunakan pemisah seperti tripleks berwarna atau apa pun yang mudah kamu kenali dan bedakan. Kategorisasi ini juga membuat ruangan terkesan lebih rapi dan aestetik.

Baca Juga: Split Level, Konsep Desain Rumah Asimetris yang Unik

Gunakan lemari
Kamu bisa menggunakan lemari untuk meletakkan barang-barang yang mempunyai kenangan seperti album foto, vendel, boneka. Bungkus barang-barang tersebut ke dalam plastik sebelum meletakkan di lemari. Oh iya, letakkan barangnya secara rapi ya.

Beri ventilasi
Supaya gudang tidak lembap dan pengap, kamu harus memberi ventilasi. Sirkulasi udara yang lancar membuat kelembapan di gudang menjadi normal. Selain itu kamu tidak akan sesak nafas bila sedang berada di dalam gudang.

Hindari penumpukan
Gudang berisi barang-barang berdebu sehingga pastikan tidak terjadi penumpukan barang. Apalagi kalau sampai penumpukan itu menutupi ventilasi udara. Kalau memang masalahnya ada pada jumlah barang, kamu bisa coba memilih dan memilah barang mana yang harus dibuang dan mana yang harus disimpan.

Berita Terkait

Berita Terkini

Viral Perjuangan Teknisi Menyelam untuk Memperbaiki Kabel Bawah Laut

Dalam video tersebut terlihat perjuangan para teknisi rela menyelam untuk memperbaiki kabel optik yang rusak di bawah laut.

Meski Pakai Masker, Empat Riasan Mata Ini Bisa Bikin Terlihat Cantik

Meski pakai masker, kaum Hawa tetap bisa terlihat cantik dengan trik riasan mata yang tepat.

Viral Niat Piknik Asyik di Pinggir Pantai, Malah Berakhir Panik

Kisah piknik cantik berakhir panik itu berawal saat ketiga perempuan  baru saja datang dan melihat kondisi bibir pantai tengah surut.

Perhatikan 5 Hal Penting Ini dari Calon Pasangan Hidup, Bukan Tampang Semata

Semua orang mungkin punya kriteria tertentu, tetapi, menurut ahli perjodohan, ada lima hal penting yang harus Anda lihat dari calon pasangan.

Potret Cantik RR di Instagram, Selebgram Bali yang Live Bugil dengan Akun Kuda Poni

Ini dia tiga potret cantik selebgram RR, perempuan cantik yang live bugil sembari masturbasi di Bali dengan akun Kuda Poni.

Makanan Ini Sumber Vitamin D, Wajib Dikonsumsi

Seiring bertambahnya usia, kesehatan tulang Anda sangat penting untuk membuat Anda tetap kuat, jadi memiliki sumber vitamin D yang konsisten sangat penting.

Hasil Penelitian: Tingkat Stres Ibu di Indonesia Naik 95 Persen Selama Pandemi Covid-19

Di masa pandemi Covid-19 tingkat stres ibu naik lantaran tugas ibu terbilang cukup berat karena memikul peran ganda.

Hari Alzheimer Sedunia 2021 Usung Tema Pentingnya Deteksi Dini

Perayaan  Hari Alzheimer Sedunia 2021 mengusung tema Kenali Alzheimer: Pentingnya Deteksi Dini.

Dapat DM dari Akun Presiden, Pria Ini Melukis Wajah Jokowi Pakai Teknik Unik

Video DM dari akun Presiden untuk melukis wajah Presiden itu diunggah oleh akun Tiktok @dandi_regi.

Awas! Penggunaan Gadget Berlebihan Picu Penuaan Dini Kulit

Ilmuwan sekaligus peneliti media sosial Deniz Unay mengatakan dampak buruk penuaan dini muncul akibat penggunaan gadget secara terus menerus.

Emoh Disuntik Vaksin Covid-19, Apa Risikonya Bagi Tubuh?

Tips kesehatan kali ini membahas apa saja risiko yang timbul ketika seseorang menolak vaksinasi Covid-19.

Kenali Dampak Overthinking Seperti Dialami Prilly Latuconsina

Menurut Psychology Today, ada dua hal yang menjadikan seseorang overthinking.

Bejat! Pemotor di Gresik Onani di Depan Wanita Bakul Es

Aksi bejat pria itu kepergok penjual es sari kedelai yang sedang menunggu dagangannya di daerah Gresik, Jawa Timur.

Waduh! Minum Jus Buah Manis Bisa Tingkatkan Risiko Kanker

Untuk menyiasati bahaya terselubung dari jus buah, Anda bisa menerapkan sejumlah tips.

Coldplay Tiba-Tiba Colek Presiden Jokowi di Twitter, Ada Apa?

Band asal Inggirs, Coldplay lewat cuitan Twitter mengajak Presiden Jokowi untuk mengikuti Acara Global Citizen Live.

Kenali Gejala Kanker Paru-Paru Seperti Diidap Legenda Bulutangkis Verawaty Fajrin

Mantan atlet bulutangkis Verawaty Fajrin didiagnosis menderita kanker paru-paru sejak Maret 2020 lalu.