SOLOPOS.COM - Lurah Jebres, Lanang Aji Laksito (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Kelurahan Jebres, Kecamatan Jebres, Kota Solo, Jawa Tengah menyabet juara I Lomba Kelurahan 2022 Kota Solo.

Lomba digelar di Balai Kota Solo dan merupakan kali ketujuh lomba digelar. Pemaparan dari masing-masing kelurahan disiarkan melalui zoom meeting serta YouTube, Selasa (17/5/2022).

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Kelurahan Jebres mengusung tema Kelurahan Tangguh Ekonomi Masyarakat Tumbuh. Tema itu berhasil membawa Kelurahan Jebres unggul dibandingkan Kelurahan Kratonan, Kerten, Setabelan, dan Kauman.

Penilaian pemerintahan 2.375 poin, bidang kewilayahan 3.323 poin, kemasyarakatan 2.958 poin sehingga jumlahnya 8.655. Pemaparan Kelurahan Jebres mampu membuahkan 3.880 poin. Dengan begitu, rekapitulasi terakhir nilai yang didapat 12.535 poin.

Kelurahan Jebres merupakan kelurahan terbesar kedua di Kecamatan Jebres dan berlokasi paling timur Kota Solo.

Baca Juga : 3 Proyek Infrastruktur Bakal Bikin Solo Tambah Macet, Segini Nilainya

Wilayah Kelurahan Jebres seluas 4,327 kilometer persegi dan terdiri dari 36 RW dan 128 RT. Sebagai kelurahan terbesar kedua di Kecamatan Jebres, Kelurahan Jebres mempunyai penduduk di 33.560 jiwa yang terdiri dari 11.323 kepala keluarga.

Lurah Jebres, Lanang Aji Laksito, dalam paparan kelurahan saat lomba menyampaikan Kelurahan Jebres menampilkan beberapa hal yang diklaim mampu menunjang potensinya sebagai jantung Kecamatan Jebres.

Keberadaan Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo di Kelurahan Jebres sebagai penunjang sektor pendidikan dan Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT) sebagai penunjang sektor sosial budaya.

“Dengan berbagai keberagaman dan potensi yang dimiliki [Kelurahan Jebres] meliputi aspek pendidikan [UNS Solo], ekonomi [UKM Roti Dolar], kesehatan [RSUD Moewardi], sosial dan budaya [TBJT]. Ini merupakan kekuatan untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera,” tutur Lanang dalam paparannya.

Baca Juga : Pemkot Solo Jamin Pengelolaan PLTSa Putri Cempo Aman, Tidak Ada Risiko

Jebres juga mengklaim dirinya menjadi kelurahan yang ramah difabel. Hal itu dibuktikan dalam penyediaan layanan khusus lansia dan difabel di Kantor Kelurahan Jebres, kursi roda, serta akses jalur ramp bagi penyandang disabilitas.

Adapun capaian vaksinasi Covid-19 hingga 6 Maret 2022 sebanyak 77,49 persen. Survei kepuasan masyarakat (SKM) Kelurahan Jebres 2021 dari semester I dan semester II meningkat 0,34 persen. Pada semester I SKM sebesar 86,36 persen dan semester II 86,58 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya