Ini 8 Calon Sekda Sragen yang Disebut-Sebut Bupati

Delapan kandidat yang merupakan pejabat eselon II Sragen, salah satunya menjadi calon kuat Sekda Sragen.

 Para pejabat eselon II-b di lingkungan Pemkab Sragen yang disebut-sebut sebagai calon Sekda Sragen berfoto bersama Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati di GOR Diponegoro Sragen, Selasa (9/8/2022). (Solopos.com/Tri Rahayu)

SOLOPOS.COM - Para pejabat eselon II-b di lingkungan Pemkab Sragen yang disebut-sebut sebagai calon Sekda Sragen berfoto bersama Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati di GOR Diponegoro Sragen, Selasa (9/8/2022). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN—Seleksi calon Sekretaris Daerah (Sekda) sudah dibuka lewat pengumuman terbuka yang diunggah di laman resmi Pemkab Sragen. Sekretaris Daerah (Sekda) Sragen Tatag Prabawanto bakal mengakhiri masa jabatannya per 1 November 2022.

Beberapa waktu lalu, Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati menyebut-nyebut ada delapan kandidat calon Sekda Sragen dari internal Pemkab Sragen.

PromosiDaihatsu Rocky, Mobil Harga Rp200 Jutaan Jadi Cuma Rp99.000

Delapan pejabat eselon II yang disebut Bupati itu terdiri atas Asisten I Setda Joko Suratno, Asisten II Setda Tugiyono, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sragen Hargiyanto, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Sragen Dwiyanto, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sutrisna.

Kemudian Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sragen Yuniarti, Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskumindag) Sragen Cosmas Edwi Yunanto, dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) I Yusep Wahyudi.

Baca Juga: Bupati Janjikan Hadiah Buat Pramuka Sragen Jika Juarai Jambore Nasional

Sejumlah pejabat tersebut sempat berfoto dengan Bupati Sragen di GOR Diponegoro Sragen. “Ya, delapan nama itu yang berpotensi jadi Sekda menggantikan Pak Tatag. Ini sudah memulai seleksi,” kata Yuni, sapaan Bupati, kepada Solopos.com, Selasa (9/8/2022) lalu.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Provinsi Jawa Tengah Muhammad Arief Irwanto selaku Ketua Panitia Seleksi Pengisian Sekda Sragen sudah mengumuman resmi pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama Seda Sragen 2022 di laman resmi Pemkab Sragen.

Sesuai dengan Keputusan Bupati Sragen No. 800/420/01/3/2022 tertanggal 1 Agustus 2022, kompetisi calon sekda ini terbuka untuk pegawai negeri sipil di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa tengah, Pemerintah kabupaten/kota se-Provinsi jawa Tengah yang memenuhi syarat untuk menjadi pejabat eselon II-a di Pemkab Sragen.

Dalam pengumuman tertulis itu, Ketua Pansel menjelaskan syarat secara umum, di antaranya pernah menduduki jabatan eselon II-b paling singkat satu tahun; memiliki kualifikasi pendidikan paling rendang sarjana atau D-IV; memiliki kompetensi teknis, kompetensi manajerial, dan kompetensi sosial kultural sesuai standar kompetensi jabatan yang ditetapkan; memiliki pengalaman jabatan di bidang tugas atau fungsi terkait dengan jabatan yang akan diduduki paling kurang lima tahun; berusia setinggi-tingginya 56 tahun per 30 November 2022.

Baca Juga: Pameran Prasejarah Terbesar akan Digelar di De Tjolomadoe, Karanganyar

Kemudian lulus pelatihan kepemimpinan nasional tingkat II atau sebutan lainnya; penilaian prestasi kerja PNS bernilai baik dalam duatahun terakhir; mendapatkan rekomendasi dari pejabat yang berwenang dan disetujui pejabat pembina kepegawaian; tidak pernah dipidana penjara karena melakukan tindak pidana korupsi; tidak menjalani pemeriksaan dugaan pelanggaran disiplin pegawai atau sebagai tersangka pelaku tindak pidana, dan seterusnya.

 

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Mencuri Ponsel untuk Berfoya-Foya, Residivis Asal Ceper Klaten Ditangkap Polisi

      Residivis pencurian ponsel asal Ceper, Klaten, ditangkap Tim Satreskrim Polres Klaten setelah beraksi di wilayah Kecamatan Bayat.

      Kodim Karanganyar Serahkan Bantuan untuk 12 Eks Napiter

      Dalam rangka HUT ke-77 TNI, Kodim 0727/Karanganyar menyerahkan bantuan paket sembako kepada para eks napi terorisme (napitr), warakawuri, dan veteran.

      Kementan: 14,8 Juta Ternak Harus Dipasangi Anting Ear Tag Tahun Ini

      Kementerian Pertanian (Kementan) menargetkan sebanyak 14,8 juta ternak dipasangi anting ear tag atau penanda identitas hingga Desember 2022.

      Kirab Grebeg Maulud Solo Kembali Digelar, 150 Petugas Keamanan Disiagakan

      Diprediksi bakal dipadati ribuan warga, acara Grebeg Maulud di Keraton Solo akan dikawal oleh 150 personel gabungan untuk mengamankan jalannya acara yang kali pertama digelar sejak pandemi Covid-19.

      Respons Putusan MA, Komunitas Sriwedari Desak Pemkot Solo Lakukan Revitalisasi

      Forum Komunitas Sriwedari (Foksri) meminta Pemkot Solo segera menindaklanjuti putus MA soal tanah Sriwedari dengan langkah-langkah konkret. Langkah tersebut melalui revitalisasi.

      Jembatan Sasak Sukoharjo Rusak Diterjang Hujan, Perbaikan Tunggu Air Surut

      Jembatan sasak pertama di Desa Gadingan, Kecamatan Mojolaban, Sukoharjo rusak karena diterjang hujan, Kamis (6/10/2022).

      Cakades di Sragen Curi Start Kampanye, Panitia Pilkades: Yang Penting Kondusif

      Para cakades yang akan bersaing di pilkades serentak di Sragen sudah curi start dengan memasang baliho kampanye. Panitia Pilkades tak mempersoalkan itu sepanjang tidak ada protes dari para cakades.

      Tanggulangi Wabah PMK di Boyolali, Pemkab Mulai Data Ternak Sapi dan Kerbau

      Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali mulai melakukan penandaan dan pendataan hewan pascapenurunan data penyakit mulut dan kulit (PMK) di Boyolali.

      Menunggu Pelanggan, 2 PSK Paruh Baya Terjaring Operasi Pekat di Solo

      Dua perempuan pekerja seks komersial mendapatkan pembinaan setelah terjaring razia pekat Polsek Banjarsari, Solo. Keduanya bukan berasal dari Solo.

      Transformasi Jabung, Salah Satu Desa Termiskin di Sragen yang Kini Naik Kelas

      Program tuntas kemiskinan (Tumis) yang untuk kali pertama dilakukan Pemkab Sragen dinilai berhasil mengentaskan Desa Jabung di Kecamatan Plupuh dari kemiskinan. Kini semua warganya berada di atas garis kemiskinan.

      Hore! Kasus PMK Boyolali Melandai, Nol Penambahan hingga Oktober Ini

      Kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) di Boyolali mulai melandai disusul dibukanya Pasar Hewan di Boyolali.

      Di Jateng, Cuma Sragen & Wonogiri yang Dapat Apresiasi KASN Soal Lelang Jabatan

      Hanya Pemkab Sragen dan Wonogiri yang mendapatkan penghargaan dari KASN terkait pengisian jabatan eselon II kategori baik.

      Yuk Coba KA Bandara Solo, Jadwal 3 Kali Sehari dengan Harga Rp7.000/Orang

      Jadwal dan rute perjalanan Kereta Api Bandara Adi Soemarmo Solo (KA BIAS) atau KA Bandara Solo dari Stasiun Balapan Solo maupun Stasiun Klaten.

      Bagi 150 Paket Beras, Polres Sragen akan Rutinkan Program Jumat Berkah

      Polres Sragen akan merutinkan program Jumat Berkah berupa pemberian paket sembako kepada warga yang membutuhkan.

      Pura Mangkunegaran Menuju Pusat Kebudayaan Jawa

      Mangkunegaran juga telah mengenalkan budaya Jawa ke luar negeri lewat kegiatan bertajuk Kemantren Langenpraja International Roadshow 2022 di Autralia, Malaysia, dan Thailand pada September. Hal ini sebagai bagian dari upaya membawa Mangkunegaran sebagai pusat kebudayaan Jawa.