Lambang PDIP. (Solopos-Dok)

Solopos.com, SOLO -- Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, mengungkapkan tujuh nama calon penggantinya sebagai Ketua DPC PDIP Solo.

Tujuh nama itu berasal dari usulan para pimpinan anak cabang (PAC) di lima kecamatan saat rapat kerja cabang (rakercab), Selasa (25/6/2019) malam.

“Di rakercab kemarin, PAC mengusulkan calon Ketua DPC. Sedangkan Ketua DPC, saya sendiri, diminta mengusulkan lima nama calon Ketua DPC, calon ketua DPD [Dewan Pimpinan Daerah Jawa Tengah], dan calon ketua umum PDIP,” kata dia kepada wartawan, Kamis (27/6/2019).

Rudy, sapaan akrabnya, menyebut tujuh kandidat usulan PAC itu di antaranya Sekretaris DPC PDIP Teguh Prakosa, Wakil Sekretaris DPC PDIP Budi Prasetyo, dan Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Jebres, Honda Hendarto.

Selain itu, ada Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Rekrutmen Y.F. Sukasno, Bendahara DPC PDIP Jhony Irwandi, dan Wakil Bendahara DPC PDIP Solo Roro Indarti.

“Ada tujuh nama itu, dan saya sendiri [dicalonkan PAC]. Tapi saya sudah minta untuk tidak dicalonkan lagi,” kata dia.

Rudy mengakui ada surat edaran (SE) dari DPP PDIP yang menyatakan Ketua DPC yang berprestasi hanya akan dievaluasi kepengurusannya. Hal tersebut memungkinkan dirinya tak akan diganti pada periode selanjutnya.

“Saya sampaikan pokoknya saya tidak bersedia menjadi Ketua DPC lagi. Sudah saatnya saya diganti. Saya sudah matur [bilang] sama Bu Mega [Megawati Soekarno Putri] langsung untuk tidak [memberi rekomendasi]. Diminta membantu apa saja saya mau,” ucapnya lagi.

Rudy kemudian menambahkan nama yang diusulkan menjadi Ketua DPD Jawa Tengah yakni Bambang Wuryanto. Sementara Megawati tetap diusulkan menjadi Ketua Umum PDIP.

“Enggak perlu ditanya lagi, tetap Hajjah Megawati Soekarno Putri [sebagai Ketua Umum PDIP].”



Suharsih
Editor:
Suharsih

Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten