SOLOPOS.COM - Ilustrasi pilkada. (Freepik)

Solopos.com, SOLO -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solo menggandeng lima tokoh Kota Bengawan sebagai panelis untuk menyusun materi debat I cawali-cawawali Pilkada Solo, Jumat (6/11/2020) malam.

Mereka membantu dalam penyusunan materi dan daftar pertanyaan bagi pasangan cawali-cawawali Solo pada debat di The Sunan Hotel yang akan disiarkan langsung lewat Metro TV itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kelima tokoh tersebut yaitu Dekan FISIP UNS Solo Prof Dr Ismi Dwi Astuti N,MSi, Dosen Komunikasi UNS Solo Sri Hastjarjo SSos. PhD, dan aktivis LSM Ahmad Rifai. Selanjutnya aktivis Diffable Pamikatsih dan pengusaha batik Gunawan Setiawan.

Ketat! Begini Protokol Kesehatan Pada Simulasi Pembelajaran Tatap Muka SMK Mikael Solo

Ekspedisi Mudik 2024

“Mereka tim penyusun materi debat dan daftar pertanyaan. Tapi pertanyaannya dibacakan oleh moderator saat debat,” ujar Ketua KPU Solo, Nurul Sutarti, mengenai panelis debat Pilkada Solo itu, Selasa (3/11/2020).

Ihwal jumlah pertanyaan saat debat tahap I, Nurul mengaku belum tahu. Sebab, menurutnya, hal itu merupakan kewenangan tim penyusun materi debat. “Kami enggak tahu soal itu. Itu kewenangan tim penyusun materi debat,” imbuhnya.

Lebih jauh, Nurul menjelaskan debat tahap I dapat disaksikan langsung oleh masyarakat Solo lewat stasiun televisi nasional, Metro TV.

Pilkada Sukoharjo: Terima Sumbangan, Ini Nilai Dana Kampanye Paslon EA dan Joswi

Debat akan mulai pukul 19.00 WIB dengan durasi 120 menit. Alokasi waktunya sekitar 90 menit untuk debat dan 30 menitnya untuk iklan.

Tiga Materi Utama

Pertanyaan dari panelis pada debat tahap I Pilkada Solo itu akan diajukan langsung kepada pasangan cawali-cawawali Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa dan Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo).

Gibran-Teguh dari PDIP dengan didukung mayoritas parpol, sedangkan Bajo dari jalur perseorangan. “Debat langsung diikuti pasangan cawali-cawawali, tidak satu-satu,” ujar Nurul.

Sudah 3 Dokter dan Perawat Gugur Melawan Covid-19, Nakes Sukoharjo Kian Terpukul

Untuk debat tahap I, Nurul menyatakan ada tiga materi utama yaitu problematika daerah, kesejahteraan warga, dan pelayanan publik.

Bila tidak ada perubahan, debat akan menghadirkan presenter Aviani Malik dan Wahyu Wiwoho sebagai moderator.

Targetkan Menang 80% Suara, Tim Bajo Minta KPU Solo Lebih Intensif Sosialisasikan Pilkada 2020

Nurul menyatakan selama debat semua yang hadir harus menerapkan protokol kesehatan ketat dengan pemakaian masker, menjaga jarak antarorang, dan membatasi jumlah orang dalam ruangan debat.

Selain materi dari para panelis atau tim penyusun, Nurul menyatakan KPU Solo menjaring secara terbuka materi debat dari masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya