SOLOPOS.COM - Pengunjung bermain air di Blue Lagoon yang ada di Desa Wisata Dalem, Widodomartani, Ngemplak, Sleman, Selasa (27/6/2017). (Bernadheta Dian Sarawati/JIBI/Harian Jogja)

Solopos.com, JOGJA — Padusan merupakan tradisi yang kerap dilakukan warga Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk menyambut bulan puasa atau Ramadan, dengan cara bersih diri dengan mandi atau berendam di sumber mata air. Di Jogja atau DIY ada sejumlah tempat wisata yang kerap dijadikan lokasi favorit untuk menggelar padusan.

Lokasi padusan di Jogja terdiri dari pantai, umbul, sumber mata air, dan lain-lain. Di lokasi tersebut, umat Islam datang beramai-ramai untuk melakukan penyucian diri dengan cara berendam atau mandi.

Promosi Kisah Pangeran Samudra di Balik Tipu-Tipu Ritual Seks Gunung Kemukus

Berikut lima tempat wisata di Jogja yang jadi lokasi favorit warga menggelar padusan:

Baca juga: Gebyuran Bustaman, Tradisi Padusan ala Warga Kampung Bustaman Semarang

1. Pantai Parangtritis

Jelang Ramadan, Pantai Parangtritis selalu ramai dikunjungi wisatawan yang hendak melakukan ritual padusan. Biasanya, kepadatan pengunjung saat padusan adalah ketika sinar matahari tidak terlalu terik atau sekitar pukul 15.00 WIB-18.00 WIB. Sebenarnya, padusan di Pantai Parangtritis tidak disarankan. Hal itu dikarenakan ombak Pantai Parangtritis yang merupakan bagian dari pantai selatan Jawa terkenal cukup berbahaya bagi wisatawan.

Oleh karena itu, saat tradisi padusan berlangsung, terdapat petugas SAR dan keamanan yang mengawasi jalannya tradisi. Pantai Parangtritis berada di Desa Parangtritis, Kretek, Bantul.

2. Blue Lagoon

Blue Lagoon adalah mata air yang berlokasi di Desa Widodomartani, Ngemplak, Sleman. Tempat ini memiliki dua sumber mata air, yaitu mata air dari kaki Gunung Merapi dan mata air yang berasal dari bawah kolam berupa gelembung-gelembung. Blue Lagoon menjadi tempat padusan favorit bagi para pengunjung di wilayah Jogja dan sekitarnya. Selain suasananya asri, tempat ini memiliki air yang jernih berwarna biru serta dikelilingi pepohonan yang rindang. Di lokasi ini juga terdapat gazebo, pendapa kecil, musala, dan kamar bilas.

3. Pantai di Gunungkidul

Kabupaten Gunungkidul memiliki banyak pantai yang bisa digunakan untuk tradisi padusan. Salah satunya adalah Pantai Baron. Di Pantai Baron, pengunjung tidak perlu mandi di pinggir pantai untuk menggelar padusan. Hal ini dikarenakan di pantai ini terdapat wahana shower raksasa yang menjadi daya tarik wisatawan dan lokasi favorit untuk padusan.

Baca juga: Padusan di Klaten Ditiadakan, Dilema Tradisi dan Komoditas Pariwisata

4. Umbul di Sleman

Kabupaten Sleman memiliki banyak umbul yang menjadi daya tarik wisata. Dari sederet umbul di Sleman itu ada beberapa yang menjadi destinasi favorit warga Jogja dan sekitarnya untuk menggelar padusan yakni Umbul Pajangan di Wedomartani, Ngemplak; Umbul Klangkapan di Margoluwih, Seyegan; Sendang Ngepas Lor di Donoharjo, Nganglik, dan Umbul Temanten di Cangkringan, Sleman.

5. Wisata Air di Kulonprogro

Kulonprogo memilik banyak destinasi wisata air, mulai dari curug hingga taman sungai. Ada sejumlah tempat wisata air yang menjadi lokasi favorit warga di Kulonprogo dan sekitarnya untuk menggelar padusan seperti Air Terjun Kembangsoka, Air Terjun Kedung Pedut, hingga Taman Sungai Mudal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya