SOLOPOS.COM - Stadion Barcelona, Camp Nou. JIBI/Solopos/Google Images

Solopos.com, SEMARANG – Sejumlah klub sepak bola ternama di dunia memiliki bangunan stadion yang cukup megah. Meski demikian, mana sajakah stadion terbesar di dunia?

Lapangan sepak bola di seluruh dunia memang harus sesuai pada peraturan dan regulasi dari Badan Sepak Bola Dunia atau FIFA. Meski demikian, sejumlah klub menghadirkan bentuk dan ukuran stadion yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan fans. Baik itu di tanah kecil kuno yang kaya akan sejarah atau berukuran raksasa yang modern.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Keberadaan stadion ini pun menambah nilai sebuah klub. Selain itu, suporter pun akan merasa bangga dengan klub yang memiliki stadion sepak bola megah.

Nah, berikut lima stadion yang dianggap terbesar di dunia, dikutip Solopos.com dari Radiotimes.com:

Ekspedisi Mudik 2024
  • Camp Nou

Stadion ini merupakan stadion kebanggaan klub asal Catalan, Barcelona. Camp Nou masuk dalam deretan lima stadion terbesar di dunia. Stadion ini mampu menampung sekitar 99.354 penonton.

Luar biasanya, kapasitas ini pun membuat Camp Nou menjadi stadion sepak bolaa terbesar di dunia. Stadion ini sudah berusiaa 65 tahun dan saat ini akan dilakukan renovasi atau pengembangan untuk memperbesar kapasitasnya.

Ironisnya, renovasi ini pun berpotensi membuat Barcelona terusir dari Camp Nou untuk sementara waktu, atau setidaknya hingga akhir musim 2023/2024.

Camp Nou menjadi salah satu stadion yang bersejarah dengan pernah menggelar lima pertandingan Piala Dunia 1982 dan final Liga Champions 1999 antara Manchester United kontra Bayern Munich.

  • FNB Stadium

Nama Kaizer Chiefs mungkin masih terdengar asing bagi pencinta sepak bola Tanah Air. Meski demikian, klub asal Afrika Selatan ini rupanya menjadi salah satu klub yang memiliki stadion terbesar di dunia, yakni FNB Stadium.

FNB Stadium merupakan stadion Piala Dunia 2010 yang kala itu digelar di Afrika Selatan. Stadion ini juga menjadi saksi kesuksesan Spanyol meraih trofi Piala Dunia kali pertama seusai menundukkan Belanda.

Stadion ini dibuka pada tahun 1989 dan mementaskan pidato Nelson Mandela di Johannesburg setelah dibebaskan dari penjara sebelum direnovasi pada tahun 2009. Stadion ini dianggap salah satu yang terbesar di dunia karena mampu menampung sekitar 94.736 penonton.

  • Estadio Azteca

Estadio Azteca merupakan stadion yang menjadi markas Club America dan Cruz Azul di Liga Meksiko. Stadion ini juga bakal menjadi satu-satunya tempat untuk menjadi tuan rumah dalam tiga edisi Piala Dunia.

Stadion ini telah menjadi latar belakang beberapa momen ikonik termasuk penghancuran Italia 4-1 oleh Brasil di final Piala Dunia 1970 dan gol ‘Tangan Tuhan’ Diego Maradona ketika Argentina mengalahkan Inggris di Piala Dunia 1986. Tim papan atas Meksiko, Club America dan Cruz Azul berbagi tempat untuk pertandingan kandang mereka dan kapasitasnya dikurangi menjadi 87.523 orang, setelah dilakukan renovasi pada 2016 lalu.

  • Signal Iduna Park

Signal Iduna Park juga dikenal dengan nama Westfalenstadion merupakan markas tim raksasa Bundesliga, Borussia Dortmund. Stadion ini dianggap sebagai salah satu stadion terbesar di dunia dengan kapasitas mencapai 81.365 orang.

Selain itu, stadion ini juga memiliki tribune berdiri bebas terbesar di Eropa dan merupakan rumah bagi suporter Dortmund. Stadion ini resmi dibuka pada 1974 silam dan telah mengalami beberapa kali renovasi.

  • Santiago Bernabéu

Bagi pencinta sepak bola tentunya sudah tidak asing dengan Stadion Santiago Bernabeu. Santiago Bernabeu merupakan markas bagi klub raksasa, Real Madrid.

Stadion terbesar kedua di Spanyol, setelah Camp Nou, ini memiliki kapasitas hingga 85.000 penonton. Markas klub tersukses di Eropa ini juga beberapa kali mengalami renovasi, di mana yang terbaru menelan biaya hingga 570 juta Euro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya