Ini 5 Sosok di Balik Pertanyaan-Pertanyaan Berbobot Debat Pilkada Solo
Suasana venue debat Pilkada Solo 2020 di Hotel Sunan, Jumat (6/11/2020) malam. (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO -- Pertanyaan-pertanyaan pada debat publik Pilkada Solo 2020 tidak lepas dari peran lima sosok panelis yang dilibatkan KPU Solo.

Berbagai pertanyaan dari panelis yang diajukan oleh moderator pada debat putaran I, Jumat (6/11/2020) malam lalu di The Sunan Hotel Solo misalnya.

Debat itu berlangsung cukup seru dengan adanya pertanyaan menggelitik untuk masing-masing cawali-cawawali Solo. Para kandidat juga diuji dengan pertanyaan-pertanyaan yang tajam dan berbobot oleh moderator, Eva Wondo dan Wahyu Wiwoho.

Dor Dor Dor! Mobil Alphard Milik Pengusaha Solo Ditembaki Di Jl Monginsidi

Tim penyusun materi debat Pilkada Solo itu berasal dari berbagai latar belakang profesi dan keahlian yang telah mengikuti proses belanja masalah Kota Bengawan.

Mereka yaitu Prof Dr Ismi Dwi Astuti N,MSi, Dekan FISIP UNS Solo Sri Hastjarjo SSos. PhD, Dosen FISIP Komunikasi UNS Ahmad Rifai, aktivis LSM Pamikatsih, serta pengusaha batik Gunawan Setiawan.

Berdasarkan daftar riwayat hidup yang mereka serahkan ke KPU Solo, Ismi Dwi Astuti telah menjadi dosen FISIP UNS sejak 1986. Perempuan berkerudung tersebut memiliki seabrek pengalaman bidang kepemiluan.

Didor Hingga 8 Kali, Begini Kronologi Penembakan Mobil Toyota Alphard Milik Pengusaha Solo Di Jl Monginsidi

Belasan Karya Tulis

Pengalaman itu antara lain sebagai panelis Debat Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pilkada Solo 2015, moderator Debat Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Sragen 2015. Serta panelis Debat Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Karanganyar Pilkada 2018.

Perempuan yang tinggal di Perum Josroyo Jaten, Karanganyar, tersebut juga pernah menjadi panelis Debat Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati pada Pilkada Sukoharjo 2020. Juga panelis Debat Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Madiun pada Pilkada 2018.

Ismi ternyata juga telah memublikasikan belasan karya tulis. Sedangkan Hastjarjo selama ini aktif dalam berbagai penelitian dan pengabdian pada masyarakat bidang komunikasi publik, komunikasi pemerintahan, jurnalisme, dan media.

Polisi Sebut Istri Pelaku Ada Dalam Mobil Pemilik Duniatex Saat Penembakan Di Jl Monginsidi Solo

Tak hanya debat Pilkada Solo, Hastjarjo sering diundang sebagai narasumber oleh berbagai lembaga pemerintahan, lembaga pendidikan, dan organisasi lainnya. Hastjarjo juga telah menelurkan berbagai artikel dan makalah dalam jurnal serta konferensi nasional maupun internasional.

Sementara Pamikatsih merupakan aktivis LSM Interaksi yang selama ini concern memperjuangkan hak-hak asasi penyandang disabilitas Indonesia. Perempuan kelahiran Boyolali itu pernah menjadi staf lapangan lembaga penelitian Ilmu di Semarang.

Pamikatsih juga pernah menjadi staf lapangan hingga Manajer Program Lapangan PPRBM YPAC Solo pada 1994-1999. Pengalamannya salah satunya menjadi Team Trainer Program Dream IT antara Indonesia-Thailand 2010-2015.

Langgar Netralitas ASN, Kasi Kecamatan & Kepala SMPN Di Sukoharjo Dijatuhi Sanksi

Pembangunan Perkotaan

Ahmad Rifai merupakan aktivis bidang pembangunan perkotaan dan sosial. Laki-laki yang tinggal di Gedongan, Colomadu, Karanganyar, tersebut pernah aktif dalam organisasi Jaringan Masyarakat Pemantau Pemilu Indonesia atau JAMPPI.

Ia juga pernah menjadi panitia pemilihan luar negeri untuk London, Inggris. Ahmad telah menelurkan beberapa karya tulis yang terpublikasi.

Sejumlah pekerjaan pernah ia jalani seperti pada UN Habitat, UNDP, serta konsultan ADB dan World Bank. Saat ini Rifai aktif di Kota Kita Foundation.

Positif Covid-19 Sragen Melonjak Lagi 72 Kasus, 4 Orang Meninggal

Tim penyusun terakhir ada sosok Gunawan Setiawan, pemilik Batik Gunawan Setiawan Group. Pengalaman warga Kauman, Pasar Kliwon, itu cukup banyak, seperti menjadi kurator UMKM Dinas Koperasi dan UKM Solo.

Gunawan juga pernah menjadi penasihat Asosiasi Eksportir dan Produsen Handycraft Solo Raya, Wakil Ketua Persatuan Menembak Indonesia (Perbakin) Solo. Juga pengurus Paguyuban Kampung Wisata Batik Kauman, dan Pengurus Yayasan Pendidikan Al Islam Solo.

Dua Jam

Para tokoh itu pula yang menyusun materi Debat Publik II Pilkada Solo 2020, Kamis (3/12/2020) malam ini. “Penyusun materi debat II sama dengan debat I. Beliau-beliau yang terlibat dari awal saat belanja masalah,” ujar Ketua KPU Solo, Nurul Sutarti, baru-baru ini.

Jelang Debat II Pilkada Solo 2020: Kesempatan Terakhir Gibran-Teguh & Bajo Perbaiki Kekurangan

Nurul menjelaskan debat II akan berlangsung dua jam mulai pukul 19.30 WIB hingga pukul 21.30 WIB. Proses debat terbagi menjadi beberapa segmen.

Ia meminta masing-masing pasangan cawali-cawawali benar-benar menyiapkan diri untuk debat II yang akan menjadi debat terakhir sebelum pemungutan suara, 9 Desember mendatang.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom