SOLOPOS.COM - Ilustrasi ibu hamil. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO – Ibu hamil perlu kehati-hatian selama masa kehamilan. Selain pemeriksaan kandungan secara rutin ke dokter juga perlu diimbangi dengan konsumsi makanan sehat dan berolahraga dengan beberapa catatan. Berikut 5 olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil.

Dikutip dari halodoc.com, ibu hamil memang boleh melakukan olahraga ringan asalkan kehamilan dalam kondisi sehat dan sesuai dengan saran dokter.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Apa saja olehraga yang direkomendasikan untuk ibu hamil? Apabila ibu hamil akan berolahraga, pastikan tidak melakukan gerakan telentang dalam waktu yang cukup lama dan hindari olahraga dengan gerakan seperti meninju atau menendang.

Olahraga bagi ibu hamil bisa memiliki banyak manfaat antara lain mencegah perut kembung, membuat suasana hati menjadi lebih baik, mengurangi stress, menambah kualitas tidur dan tentu saja bisa memperlancar proses persalinan.

Berikut ini 5 jenis olahraga untuk ibu hamil yang bisa dilakukan:

1. Berenang
Berenang menjadi salah satu jenis olahraga yang paling aman dilakukan ibu hamil. Berisiko rendah tetapi memiliki cukup banyak manfaat untuk membangun kekuatan tubuh.

Berenang juga dinilai membantu meningkatkan kualitas tidur ibu hamil sehingga kebutuhan tidur akan terpenuhi dengan baik.

2. Jalan kaki
Jalan kaki secara rutin, pagi atau sore hari sesuai dengan kemampuan dianggap olahraga yang aman bagi ibu hamil. Jalan kaki akan menjaga kesehatan dan kekuatan otot tubuh serta mengontrol berat badan ibu hamil.

3. Prenatal yoga
prenatal yoga adalah olahraga yang menekankan pada gerakan respirasi, peregangan, serta penguatan dalam menolong ibu hamil mempersiapkan kelahiran baik itu melahirkan normal atau pun dengan pembedahan caesar. Prenatal yoga juga akan membantu ibu hamil lebih rileks dan tenang.

4. Prenatal pilates
Melakukan prenatal pilates bisa membantu ibu dalam melatih pernapasan. Selain itu, bukan hanya menenangkan sistem saraf, prenatal pilates juga membantu menurunkan tekanan darah dan membantu stamina menjadi lebih baik.

5. Melakukan peregangan
Ibu hamil bisa melakukan peregangan di rumah agar tubuh tetap aktif bergerak. Ibu hamil juga bisa melakukan olahraga peregangan dengan tambahan beban yang memiliki berat sesuai dengan kemampuan.

Meski demikian, ibu hamil harus bisa mengetahui kondisi fisik mereka sendiri sehingga tidak akan salah memilih jenis olahraga. Ibu hamil perlu mengerti bahwa olahraga tersebut dilakukan saat ibu dalam kondisi sehat dan kehamilan berjalan dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya