Tutup Iklan

Ini 5 Kiat Aman Berkenalan di Michat

Berkenalan secara online alias daring adalah hal yang lumrah di era digital, namun berkenalan daring seperti di Michat harus aman.

 Logo Michat. (Dok. Solopos.com)

SOLOPOS.COM - Logo Michat. (Dok. Solopos.com)

Solopos.com, JAKARTA — Berkenalan secara online alias daring adalah hal yang lumrah di era digital, terutama saat pandemi Covid-19 karena sebagian besar masyarakat menuntaskan pekerjaan di rumah saja. Namun, berkenalan melalui platform daring seperti Michat memiliki tantangan tersendiri apabila Anda dan teman di dunia maya itu memutuskan untuk bertemu secara langsung.

Untuk itu, aplikasi Michat membagikan sejumlah kiat bagi pengguna untuk tetap aman saat berkomunikasi termasuk berkenalan dengan teman baru di Michat. Utamanya, sebelum Anda memutuskan untuk bertemu secara langsung.

Maklum saja, banyak pemikiran mesum atau tak polos di jagat Michat ini. "Kami sangat senang ketika pengguna kami dapat menemukan teman baru melalui platform kami. Tapi kami ingin ingatkan pengguna kami untuk selalu menjaga diri dan mempertimbangkan beberapa hal sebelum bertemu dengan teman baru mereka,” kata Gerald Mursjid, Chief Representatives Officer Michat Indonesia, dalam siaran pers, awal Mei 2021.

Baca Juga: Viral Setelah Di-endorse Jokowi, Bipang Bukan Jipang!

Berikut tips aman berkenalan di Michat:

1. Lindungi Informasi Pribadi

Jangan pernah membagikan informasi pribadi Anda seperti nomor ponsel, rekening bank, alamat rumah, kantor, dan apapun tentang keluarga Anda kepada orang yang baru Anda kenal. "Untuk mengingatkan pengguna kami, Michat selalu memasang peringatan ramah ini di bagian atas setiap chatroom," kata dia.

2. Blokir & Laporkan

Blokir dan laporkan jika menemukan akun yang melakukan pelanggaran sebagai berikut: pelecehan dan penindasan, rasisme, kecurangan, pornografi, prostitusi, pengguna di bawah umur, dan penipuan. Laporan dari Anda tidak hanya melindungi diri sendiri, melainkan turut membantu Michat dan menjaga pengguna lainnya.

3. Cari Tahu Sebelum Bertemu

Sebelum bertemu dengan teman baru, pastikan Anda sudah mengetahui dan mengenal pribadi orang itu. Hal tersebut dapat dilakukan dengan melihat akun-akun media sosial atau menggunakan Google untuk memastikan reputasi orang tersebut.

4. Bertemu di Tempat Umum & Ajak Teman

Jika Anda akhirnya setuju untuk bertemu teman baru, Anda bisa mengatur waktu dan tempat untuk bertemu di tempat umum untuk memastikan keamanan diri. Usahakan juga untuk membawa sahabat agar pertemuan berjalan aman dan seru.

5. Tinggalkan Jika Ragu

Anda memegang kendali atas diri Anda. Jangan merasa tertekan. Jika suatu saat Anda merasa tidak nyaman, akhiri pertemuan dengan teman baru dan jangan takut untuk pergi. "Utamakan selalu keamanan Anda di atas segalanya. Keamanan Anda adalah prioritas kami. Kami berharap tips-tips ini bermanfaat bagi Anda untuk menemukan teman baru," demikian Michat.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Berita Terkait

Berita Terkini

Beda Gejala Sesak Napas Covid-19 dan Asma, Wajib Tahu!

Tips kesehatan kali ini membahas tentang perbedaan gejala sesak napas akibat Covid-19 dengan asma.

Ampuhkah Masker Kain Adang Varian Delta? Begini Penjelasan Pakar

Standar utama masker medis adalah N95, namun masih banyak masyarakat memakai masker kain untuk adang penularan varian Delta.

Viral Squid Game Versi Indonesia, Permainan Gulali Diganti Peyek

Dalam Squid Game versi Indonesia ini, tantangannya adalah melepaskan kacang tanpa meremukkan peyeknya.

Arti Mimpi Bertemu Harimau, Pertanda Bakal Sial Atau Mujur?

Mimpi bertemu hewan buas seperti harimau kadang bisa membuat takut dan terbangun dari tidur lelap.

Doa Agar Cepat Mendapatkan Pekerjaan yang Diinginkan Menurut Islam

Berikut ini terdapat doa dan zikir agar mendapatkan pekerjaan yang diinginkan menurut ajaran Islam, sesuai yang diungkap oleh NU.

Duh! Pemotor Maling Celana Dalam Wanita, Netizen Malah Salahkan Pemilik

Si pelaku yang mengendarai motor jenis matic dan mengenakan helm menarik celana dalam wanita yang dijemur di depan rumah.

Berat Badan Tentukan Risiko Terkena Flu, Ini Penjelasannya

Sebenarnya, orang-orang dari semua kelompok umur sama-sama punya risiko terkena flu.

Profil Ika Masriana, Tiktoker yang Di-bully Gegara Tanda Lahir di Wajah

Berikut profil tiktoker Ika Masriana yang di-bully lantaran memiliki tanda lahir di wajahnya dan pernah disebut mirip monyet.

Salut! Demi ke Sekolah, Bocah Ini Lewati Laut dengan Styrofoam

Untuk menuju sekolah, seorang bocah diketahui memanfaatkan busa kotak putih atau styrofoam untuk menopang tubuhnya saat mengarungi laut.

Ngeden Ternyata Memicu Pendarahan Otak, Waspada!

Tips kesehatan kali ini membahas tentang efek mengejan yang bisa memicu pendarahan otak.

Cara Mudah Atasi Tabung Gas Mendesis atau Bocor

Tidak perlu panik bila menghadapi masalah tabung gas mendesis atau bocor. Berikut ini beberapa cara mengatasi masalah itu.

Ibu Positif Covid-19, Bolehkan Berikan ASI Eksklusif ke Buah Hati?

Diperlukan dukungan baik kepada ibu menyusui agar tetap memberikan ASI eksklusif kepada bayinya apa pun status kesehatan sang ibu.

Hari Paru Sedunia 2021, Momen Kampanye Kesehatan Paru

Kesehatan paru-paru dan saluran pernapasan masih menjadi perhatian dunia.

Setor Tunai Sampai Bikin 5 Teller Kerepotan, Jumlah Uangnya Bikin Warganet Halu

Alhasil sejumlah warganet pun mempertanyakan mengapa nasabah tersebut tak dilayani di loket khusus setoran tunai di atas Rp50 juta.

Dialami Tukul Arwana, Apakah Pendarahan Otak Bisa Sembuh?

Seperti dialami presenter Tukul Arwana, kira-kira apakah pendarahan otak bisa sembuh? Begini jawaban dari dokter.

Sering Minum Multivitamin Setiap Hari? Waspadai Efeknya

Tak sedikit orang berpikir bahwa minum multivitamin setiap hari bermanfaat untuk kesehatan tubuh mereka.