Ini 5 Kelurahan Paling Rawan Peredaran Narkotika di Solo, Wilayahmu?

Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Solo memetakan lima kelurahan paling rawan peredaran narkotika yang tersebar di lima kecamatan.

 Ilustrasi Narkoba (Solopos)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Narkoba (Solopos)

Solopos.com, SOLO — Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Solo telah lima kelurahan di Kota Bengawan yang paling rawan menjadi lokasi peredaran narkotika. Kelurahan itu tersebar di lima kecamatan Kota Solo.

Hal ini disampaikan Sub Koordinator Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNK Solo, Sri Nurliyani, saat ditemui Solopos.com di kantornya, Senin (8/8/2022). Kelima kelurahan rawan peredaran narkotika, yakni Gilingan (Kecamatan Banjarsari), Semanggi (Kecamatan Pasar Kliwon), Mojosongo (Kecamatan Jebres).

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Terakhir Joyotakan di Kecamatan Serengan. “Sebenarnya, data ini hasil pemetaan daerah rawan peredaran narkotika pada tahun ini. Untuk 2022, kemungkinan lebih banyak karena tingginya pengungkapan kasus peredaran narkotika,” ujarnya.

Sri menyebut ada beberapa indikator pokok daerah rawan peredaran narkotika di Solo seperti adanya bandar dan pengedar narkotika serta produksi narkotika. Sedangkan indikator pendukung seperti tingkat kemiskinan, pertumbuhan indekos, serta hotel dan pasar.

Ada tiga kategori daerah rawan peredaran narkotika, yakni bahaya, waspada, dan siaga. Untuk daerah kategori waspada di Solo ada Kelurahan Purwosari dan Kelurahan Pajang di Kecamatan Laweyan. “Selain itu beberapa kelurahan di Pasar Kliwon seperti Kelurahan Mojo dan Kelurahan Sangkrah,” ujarnya.

Baca Juga: Modus Penjualan Narkoba di Solo: Paket Hemat hingga Ditanam di Pot

Selama ini, pengungkapan kasus peredaran narkoba dilakukan bersama Satnarkoba Polresta Solo. Data tindak pidana penyalahgunaan narkotika menjadi acuan utama saat pemetaan daerah rawan peredaran narkotika di masing-masing kecamatan.

Diharapkan data pemetaan itu menjadi prioritas utama program pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN) di Kota Solo.

“Kasus peredaran narkotika di Solo cukup tinggi dibanding daerah lain di Jawa Tengah. Bahkan, selalu berkejaran dengan Kota Semarang. Ini yang harus menjadi perhatian serius dalam melaksanakan program P4GN,” paparnya.

Baca Juga: Pengedar Sabu-Sabu Ditangkap di Solo, Usia 16 Tahun Sudah Residivis

Selama ini, BNNK Solo kerap menggandeng instansi pemerintah dan swasta untuk menggelar tes urin. Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi penyalahgunaan narkotika oleh aparatur sipil negara (ASN) dan karyawan swasta. Kali terakhir, tes urine diikuti oleh ratusan ASN Pemkot Solo pada akhir 2021.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Murid SMP Menangis Ingat Ledakan di Aspol, Polres Sukoharjo Beri Trauma Healing

      Polres Sukoharjo memberikan trauma healing kepada anak-anak yang mendengarkan ledakan di Asrama Polisi (Aspol) Brimob, Telukan, Grogol, Sukoharjo, Minggu (25/9/2022).

      PTSL di Wonogiri Sisakan 3.000 Bidang Tanah Lagi, 2023 Ditarget Rampung

      Kantor Pertanahan Wonogiri Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional telah menerbitkan sertifikat untuk 79.684 bidang tanah di Wonogiri sejak program percepatan pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) digulirkan pada 2017.

      Siswa SDIT Az-Zahra 2 Sragen Raih Juara I Festival Dalang Anak Nasional 2022

      Kesukaanya dengan wayang sejak usia 3 Tahun mengantarkan siswa SDIT Az-Zahra 2 Sragen, Muhammad Raffiandra Alvaro, 10, menjuarai Festival Dalang Anak (FDA) Tingkat Nasional 2022.

      Gibran Pastikan Solo Aman, Tak Terpengaruh Ledakan di Aspol Grogol Sukoharjo

      Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memastikan situasi Kota Bengawan kondusif dan tidak terpengaruh peristiwa ledakan di Aspol Grogol, Sukoharjo, Minggu (25/9/2022) malam.

      CFD Colomadu Karangnyar Dilanjutkan, PKL akan Dipungut Retribusi

      Camat Colomadu, Kabupaten Karanganyar memastikan pekan depan akan kembali digelar CFD Colomadu. Sementara panitia CFD Colomadu akan menarik retribusi kepada pedagang mulai Minggu besok.

      Bazar Expo UMKM Muktamar ke-48 Muhammadiyah Solo, Ratusan Stan Sudah Terisi

      Ratusan stan bazar expo UMKM dalam rangkaian Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Asyiyah di Solo saat ini sudah terisi. Bazar berlangsung di De Tjolomadoe.

      Sepotong Cerita dari Bakul Wedang Ronde saat Polres Wonogiri Siagakan Personel

      Anggota Polres Wonogiri sempat memperoleh perintah Siaga I alias Waspada, Minggu (25/9/2022) malam.

      E-KTP Digital Mulai Diterapkan di Sragen, Anak Sekolah Jadi Sasaran Awal

      Disdukcapil Sragen akan menerapkan E-KTP Digital kepada anak muda setelah diujicobakan kepada pegawai dinas dan para pejabat. Anak muda dinilai lebih melek digital.

      Ngaku Ngefans Banget, Wali Kota Solo Gibran Malah Senang Dikritik Rocky Gerung

      Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan tak masalah dikritik oleh akademisi sekaligus pengamat politik Rocky Gerung yang disebutnya jenius.

      Anak 16 Tahun di Sragen Bisa Mulai Rekam Data E-KTP

      Anak-anak usia 16 tahun di Sragen sudah bisa melakukan perekaman data untuk E-KTP. Namun pencetakan E-KTP baru bisa dilakukan saat sudah berusia 17 tahun.

      Jembatan Mojo Ditutup! Catat 5 Rekomendasi Jalur Alternatif Solo - Sukoharjo

      Daftar 5 jalur alternatif melalui Jalan Ciu Bekonang saat penutupan Jembatan Mojo Solo pada Senin (26/9/2022).

      Dirawat di RSDM Solo, Polisi Korban Ledakan di Aspol Grogol Terluka Bakar 70%

      Anggota Polresta Solo yang menjadi korban ledakan di Asrama Polisi atau Aspol Grogol, Sukoharjo, masih dirawat di RSUD dr Moewardi Solo dengan luka bakar mencapai 70%

      Anomali Cuaca, Serangan Hama Wereng Kian Mengganas di Klaten

      Serangan hama wereng terjadi di beberapa wilayah di Klaten.

      Pulang Kuliah dari Solo, Seorang Mahasiswi Jadi Korban Begal di Cawas Klaten

      Seorang mahasiswi salah satu universitas di Solo menjadi korban pembegalan di ruas jalan raya Cawas-Karangdowo, tepatnya di Desa Balak, Kecamatan Cawas, Sabtu (24/9/2022) malam.

      Ledakan di Asrama Polisi Sukoharjo Bukan Teror Bom, tapi Bubuk Mercon

      Ledakan di dekat Asrama Polisi (Aspol) Arumbara, Desa Telukan, Grogol, Kabupaten Sukoharjo, pada Minggu (25/9/2022) malam dipastikan bukanlah aksi teror bom, melainkan bubuk mercon.