SOLOPOS.COM - Ilustrasi pepaya (JIBI/Dok)

Solopos.com, MADIUN — Pepaya menjadi salah satu buah yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Indonesia sendiri menjadi salah satu negara yang menghasilkan buah pepaya terbesar di dunia lho.

Pepaya sangat mudah ditemukan dipasaran dengan harga yang relatif terjangkau. Selain itu, buah yang umumnya berwarna oranye ini memiliki segudang manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Melansir dari pt2ptm.kemkes.go.id, nutrisi yang terkandung dalam buah pepaya seperti vitamin C, enzim papain, antioksidan, flavonoid hingga vitamin A memiliki berbagai menafaat bagi kesehatan. Mulai dari menurunkan kolestrol, baik untuk pencernaan, meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah penuaan hingga mencegah kanker usus.

Melansir dari buku Statistik Indonesia 2023 yang diterbitkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS), Provinsi Jawa Timur merupakan daerah penghasil buah pepaya terbesar dalam lingkup nasional. Pada tahun 2022, Jawa Timur dapat memproduksi buah pepaya sebesar 249.961 ton. Jumlah tersebut telah mengalami penurunan dari tahun sebelumnya yang jumlahnya mencapai 253.700 ton. Kemudian disusul oleh Provinsi Jawa Barat dengan hasil panen sebesar 125.507 ton dan Provinsi Jawa Tengah sebesar 121.482 ton.

Ekspedisi Mudik 2024

Besarnya hasil panen di Jawa Timur tidak lepas dari daerah-daerahnya yang menanam pohon pepaya dengan jumlah besar.  Berikut lima daerah di Jawa Timur yang menghasilkan buah pepaya paling banyak di Jawa Timur dilansir dari buku Provinsi Jawa Timur Dalam Angka 2023 yang diterbitkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Timur. Dari lima daerah penghasil pepaya terbanyak, tiga daerah di antaranya berada di kawasan Tapal Kuda, yaitu Jember, Lumajang, dan Banyuwangi. Berikut ini datanya:

  1. Malang

Kabupaten Malang memang terkenal dengan hasil buminya yang melimpah, salah satunya adalah buah pepaya. Pada tahun 2022, Kabupaten Malang mampu memproduksi buah pepaya sebesar 737.913 kuintal. Jumlah tersebut telah naik sebanyak 183.625 kuintal dari tahun sebelumnya yang jumlahnya yang sebanyak 554.288 kuintal. Besarnya hasil panen tersebut membuat Kabupaten Malang menjadi daerah penghasil pepaya terbesar di Jawa Timur.

Sentra penghasil buah pepaya terbesar di Kabupaten Malang terletak di Kecamtan Dampit dan disusul dengan Kecamatan Turen dan Pagak. Melansir dari eprints.umm.ac.id, Kecamatan Dampit sebagai daerah penghasil buah pepaya tertinggi di Kabupaten Malang meupakan penyumbang pepaya untuk kebutuhan pasar di berbagai daerah. Selain itu kecamatan ini tidak hanya menghasilkan satu jenis saja, tetapi ada dua yakni pepaya Thailand dan pepaya California.

  1. Jember

Daerah kedua yang memproduksi buah pepaya terbesar di Jawa Timur adalah Kabupaten Jember. Pada tahun 2022, Kabupaten Jember dapat menghasilkan buah pepaya mencapai 535.141 kuintal. Jumlah tersebut mengalami peningkatan yang cukup tinggi yaitu sebanyak 238.923 kuintal dari tahun sebelumnya yang menghasilkan sebanyak 296.218 kuintal.

Daerah di Kabupaten Jember yang menghasilkan buah pepaya terbesar berada di Kecamatan Silo, Wuluhan, Ledokombo, dan Sumberjambe. Melansir dari repository.unmuhjember.ac.id, mayoritas seluruh wilayah kecamatan di Kabupaten Jember menanam buah pepaya, salah satunya yang menjadi sentra penghasil buah pepaya adalah Keacamatan Ledokombo yang cukup berpotensi dalam pengembangan buah pepaya.

  1. Lumajang

Di posisi ketiga penghasil buah pepaya terbesar ada Kabupaten Lumajang. Daerah yang dijuluki sebagai Kota Pisang ini ternyata tidak hanya unggul menghasilkan buah pisang saja, tetapi juga unggul dalam produksi buah pepaya.

Pada tahun 2022, jumlah produksi buah pepaya di Kabupaten Lumajang mencapai angka 228.646 kuintal. Jumlah tersebut dapat dikatakan turun dari tahun sebelumnya yang jumlahnya sebesar 296.218 kuintal.

Sementara itu, daerah yang menghasilkan buah pepaya terbanyak berada di Kecamatan Pasirian, Candipuro dan Tempeh. Melansir dari tempeh.lumajangkab.go.id, Kecamatan Tempeh yang menjadi salah satu daerah di Kabupaten Lumajang yang menghasilkan buah pepaya yang terbesar memiliki jenis Carica papaya yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan utara Amerika Selatan.

  1. Banyuwangi

Kabupaten Banyuwangi menjadi daerah sebagai penghasil buah pepaya terbesar keempat setelah Kabupaten Lumajang. Pada tahun 2022, kabupaten yang populer dengan julukan “The Sunrise of Java” ini menghasilkan sebanyak 146.788 kuintal buah pepaya. Namun sayangnya jumlah tersebut telah menurun cukup tinggi dari yaitu sebanyak 260.896 kuintal dari tahun sebelumnya yang hasil panennya mencapai angka 407.684 kuintal.

Daerah di Kabupaten Banyuwangi yang memproduksi buah pepaya terbesar pada tahun 2022 adalah Kecamatan Sempu, Muncar, dan Cluring. Melansir dari banyuwangikab.go.id, program di sektor pertanian menjadi salah satu prioritas Bupati Banyuwangi. Salah satu yang paling mendapatkan perhatian adalah pembibitan aneka holtikultura salah satunya adalah buah pepaya.

  1. Jombang

Sedangkan diurutan kelima daerah penghasil buah papaya terbesar adalah Kabupaten Jombang. Pada tahun 2022, Kabupaten Jombang berhasil memproduksi sebanyak 111.968 kuintal buah pepaya. Jumlah tersebut juga mengalami penurunan yang lumayan tinggi yakni sebesar 121.939 kuintal dari tahun sebelumnya yang hasil panennya mencapai angka 233.907 kuintal. Sedangkan daerah di Kabupaten Jombang yang menghasilkan buah pepaya tertinggi di tahun 2022 adalah Kecamatan Ngoro disusul dengan Kecamatan Tembelang, Kudu dan Plandaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya