SOLOPOS.COM - Ilustrasi pencak silat. (Freepik.com)

Solopos.com, SEMARANG — Pencak silat merupakan seni bela diri asli Indonesia. Banyak perguruan pencak silat yang lahir di berbagai daerah di Indonesia, termasuk Jawa Tengah (Jateng). Berikut daftar aliran atau perguruan pencak silat asli atau yang didirikan di sejumlah daerah di Jawa Tengah (Jateng).

Popularitas seni bela diri pencak silat saat ini terus mengalami perkembangan. Tak hanya dipelajari masyarakat Indonesia, seni bela diri yang menonjolkan gerakan tangan kosong ini juga mulai dipelajari masyarakat di luar negeri seperti Amerika Serikat, Belanda, Australia, dan Jepang.

Promosi Apresiasi dan Berdayakan AgenBRILink, BRI Bagikan Hadiah Mobil serta Emas

Terlebih lagi saat ini banyak aktor laga asal Indonesia yang menggeluti pencak silat mulai merambah perfilman luar negeri. Sebut saja nama-nama seperti Iko Uwais, maupun Yayan Ruhian dan Cecep Arief Rahman yang tampil bersama aktor Hollywood, Keanu Reeves, di film Jhon Wick: Chapter 3 – Parabellum.

Di Indonesia, pencak silat berkembang pesat di berbagai daerah. Hampir di setiap daerah bisa ditemui aliran pencak silat yang berbeda-beda seperti di .

Ekspedisi Mudik 2024

Sementara itu, di Jateng juga terdapat sejumlah aliran atau perguruan pencak silat tradisional. Berikut sejumlah aliran atau perguruan silat asli Jawa Tengah (Jateng) yang dilansir Solopos.com dari berbagai sumber:

1. Persilatan Raga Jati

Persilatan Raga Jati merupakan aliran atau perguruan silat asli Jawa Tengah. Perguruan pencak silat ini didirikan di Kabupaten Banjarnegara pada 6 Agustus 1976 oleh Guru Besar Soeharno Soeroatmodjo.

2. Setia Hati Langen Putro Utomo

Perguruan pencak silat Setia Hati Langen Putro Utomo merupakan aliran bela diri pencak silat yang didirikan di Ambarawa, Kabupaten Semarang. Perguruan silat ini didirikan Aryo Martosiam pada tahun 1977 silam.

3. Garuda Nusantara

Garuda Nusantara merupakan perguruan pencak silat yang didirikan di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah (Jateng) pada 1985 silam. Perguruan ini didirikan seorang tokoh bernama Sumarko.

Meski didirikan pada tahun 1984, Garuda Nusantara resmi terdaftar sebagai anggota Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) pada 9 Februari 1996. Aliran pencak silat ini mengabungkan unsur Islami dan kerap diajarkan di pondok-pondok pesantren.

4. Perguruan Pencak Silat Ilmu Tangan Kosong (ITK)

Merupakan aliran pencak silat asli Jawa Tengah yang lahir di Kota Solo. Aliran ITK didirikan R.M. Wisnu Murtie di Solo pada tahun 1958.

5. Persaudaraan Pencak Silat Kembang Setaman

Satu lagi aliran pencak silat asli Jawa Tengah, yakni Persaudaraan Pencak Silat Kembang Setaman.

Perguruan silat ini didirikan di Kiringan, Kabupaten Magelang, oleh Hesti Wibowo pada 2 Mei 1975. Aliran bela diri ini mengarahkan atletnya kepada olahraga prestasi karena teknik yang beragam dan sulit dibaca lawan. Kembang Setaman merupakan sebuah akronomi dari Kesatuan Manunggal Bangsa Setia Tamtama Nalapraja yang memiliki makna kesatuan anak bangsa yang bersatu bersama dan siap mengabdi kepada bangsa dan negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya