Ini 4 Pertimbangan Galang Karier Baru Kala Covid-19

Memulai karier baru atau beralih karier di tengah pandemi Covid-19 butuh pertimbangan yang matang sesuai keadaan dan kenyataan yang ada.

 Ilustrasi memulai karier baru saat pandemi Covid-19. (Bisnis-Tamilgoose)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi memulai karier baru saat pandemi Covid-19. (Bisnis-Tamilgoose)

Solopos.com, JAKARTA — Memulai karier baru atau beralih karier di tengah pandemi Covid-19 butuh pertimbangan yang matang. Anda harus siap dengan keadaan dan kenyataan yang ada.

Alasan utama yang diberikan orang untuk beralih karier adalah karena diberhentikan atau takut di-PHK (pemutusan hubungan kerja), membutuhkan lebih banyak uang, dan merasa tidak ada ruang untuk berkembang di bidang mereka.

Jika alasan ini sesuai dengan Anda, tidak ada kata terlambat untuk memulai karier baru. Melansir dari Huff Post, Jumat (30/7/2021), inilah empat cara yang dicatat Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI) untuk memulai karier baru di tengah pandemi Covid-19:

Baca Juga: Kebiasaan Ini Bikin Mobil Matik Lekas Rusak

1. Identifikasi Keahlian ke Bidang Baru

Cara pertama adalah mengidentifikasi hal mana yang dapat Anda bawa ke bidang yang baru. Seorang pelatih pengembangan karir Jessica Hernandez mencontohkan orang yang beralih dari industri perhotelan ke logistik.

“Jika Anda berada di bidang perhotelan, Anda harus bekerja dengan pemasok dan vendor dan merencanakan pengiriman atau semacamnya. Meskipun berada di bawah industri perhotelan, hal-hal itu masih dapat dialihkan ke industri baru,” kata Hernandez.

Namun, Jika Anda tidak memiliki keterampilan, Hernandez menyarankan untuk mengambil kursus online dalam keterampilan yang Anda butuhkan. Cara ini dilakukan untuk mendapatkan sertifikasi yang dapat Anda masukkan ke dalam resume Anda. Selain itu, Anda juga harus membaca tentang keterampilan teknis dasar dan konsep yang Anda perlukan untuk bertahan di bidang baru.

2. Tulis Ulang Resume

Pakar karier menyarankan untuk menempatkan studi mandiri Anda di bagian atas resume, seperti kursus pembelajaran LinkedIn dan bootcamp digital yang telah Anda ikuti. Dengan begitu, seorang perekrut yang membaca sekilas halaman dapat dengan mudah memahami alasan Anda untuk beralih karier dan bagaimana Anda bekerja.

3. Luaskan Jaringan

Untuk memperluas jaringan, Anda dapat menghubungi orang-orang yang memiliki jenis pekerjaan yang Anda inginkan dan mintalah mereka untuk wawancara informasi. “Cari tahu apa yang membuat mereka begitu sukses, apa yang mereka lakukan sebelum mereka mencapai posisi atau industri yang mereka geluti,” kata Hernandez.

Penting untuk tidak melakukan transaksional dan meminta pekerjaan kepada mereka, yang dapat membuat orang tidak tertarik pada pertemuan pertama. Sebaliknya, Anda meminta mereka untuk informasi dan saran yang dapat ditindaklanjuti. Hal ini akan membangun hubungan yang pada akhirnya dapat mengarah pada rekomendasi pekerjaan.

4. Cari Mengtahui Tingkat Risiko dan Anggarkan Uang

Pendiri platform keuangan pribadi My Money My Future Ramona Ortega mengatakan ketika Anda membuat peralihan karier, maka Anda harus memiliki sejumlah uang selama masa transisi pekerjaan. “Apakah Anda baru memulai pekerjaan baru [dan] itu akan memakan waktu tiga hingga empat pekan sebelum Anda benar-benar dibayar atau Anda sedang mencari pekerjaan,” rumusnya.

Sebelum Anda beralih dari pekerjaan, Ortega menyarankan untuk melihat tagihan secara holistik, menggabungkan akun sehingga Anda dapat melihat gambaran lengkap dari mana uang Anda datang dan pergi, serta menabung untuk menutupi biaya hidup. “Saya mungkin akan membutuhkan waktu delapan bulan sebelum saya meninggalkan pekerjaan saya untuk mempersiapkan diri,” katanya.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Berita Terkait

Berita Terkini

Viral Perjuangan Teknisi Menyelam untuk Memperbaiki Kabel Bawah Laut

Dalam video tersebut terlihat perjuangan para teknisi rela menyelam untuk memperbaiki kabel optik yang rusak di bawah laut.

Meski Pakai Masker, Empat Riasan Mata Ini Bisa Bikin Terlihat Cantik

Meski pakai masker, kaum Hawa tetap bisa terlihat cantik dengan trik riasan mata yang tepat.

Viral Niat Piknik Asyik di Pinggir Pantai, Malah Berakhir Panik

Kisah piknik cantik berakhir panik itu berawal saat ketiga perempuan  baru saja datang dan melihat kondisi bibir pantai tengah surut.

Perhatikan 5 Hal Penting Ini dari Calon Pasangan Hidup, Bukan Tampang Semata

Semua orang mungkin punya kriteria tertentu, tetapi, menurut ahli perjodohan, ada lima hal penting yang harus Anda lihat dari calon pasangan.

Potret Cantik RR di Instagram, Selebgram Bali yang Live Bugil dengan Akun Kuda Poni

Ini dia tiga potret cantik selebgram RR, perempuan cantik yang live bugil sembari masturbasi di Bali dengan akun Kuda Poni.

Makanan Ini Sumber Vitamin D, Wajib Dikonsumsi

Seiring bertambahnya usia, kesehatan tulang Anda sangat penting untuk membuat Anda tetap kuat, jadi memiliki sumber vitamin D yang konsisten sangat penting.

Hasil Penelitian: Tingkat Stres Ibu di Indonesia Naik 95 Persen Selama Pandemi Covid-19

Di masa pandemi Covid-19 tingkat stres ibu naik lantaran tugas ibu terbilang cukup berat karena memikul peran ganda.

Hari Alzheimer Sedunia 2021 Usung Tema Pentingnya Deteksi Dini

Perayaan  Hari Alzheimer Sedunia 2021 mengusung tema Kenali Alzheimer: Pentingnya Deteksi Dini.

Dapat DM dari Akun Presiden, Pria Ini Melukis Wajah Jokowi Pakai Teknik Unik

Video DM dari akun Presiden untuk melukis wajah Presiden itu diunggah oleh akun Tiktok @dandi_regi.

Awas! Penggunaan Gadget Berlebihan Picu Penuaan Dini Kulit

Ilmuwan sekaligus peneliti media sosial Deniz Unay mengatakan dampak buruk penuaan dini muncul akibat penggunaan gadget secara terus menerus.

Emoh Disuntik Vaksin Covid-19, Apa Risikonya Bagi Tubuh?

Tips kesehatan kali ini membahas apa saja risiko yang timbul ketika seseorang menolak vaksinasi Covid-19.

Kenali Dampak Overthinking Seperti Dialami Prilly Latuconsina

Menurut Psychology Today, ada dua hal yang menjadikan seseorang overthinking.

Bejat! Pemotor di Gresik Onani di Depan Wanita Bakul Es

Aksi bejat pria itu kepergok penjual es sari kedelai yang sedang menunggu dagangannya di daerah Gresik, Jawa Timur.

Waduh! Minum Jus Buah Manis Bisa Tingkatkan Risiko Kanker

Untuk menyiasati bahaya terselubung dari jus buah, Anda bisa menerapkan sejumlah tips.

Coldplay Tiba-Tiba Colek Presiden Jokowi di Twitter, Ada Apa?

Band asal Inggirs, Coldplay lewat cuitan Twitter mengajak Presiden Jokowi untuk mengikuti Acara Global Citizen Live.

Kenali Gejala Kanker Paru-Paru Seperti Diidap Legenda Bulutangkis Verawaty Fajrin

Mantan atlet bulutangkis Verawaty Fajrin didiagnosis menderita kanker paru-paru sejak Maret 2020 lalu.