Ini 4 Maskapai Yang Layani Penumpang dari Bandara Adi Soemarmo Solo
Petugas membersihkan fasilitas dan sarana pendukung dengan cairan disinfektan di Bandara Adi Soemarmo, Jumat (13/3/2020). Ini sebagai salah satu upaya mencegah penyebaran virus Covid-19. (Farida Trisnaningtyas/Solopos)

Solopos.com, SOLO -- Empat maskapai penerbangan mulai beroperasi terbatas melayani penumpang di Bandara Adi Soemarmo Solo. Namun, sejumlah maskapai ini tidak beroperasi setiap hari.

Rute yang dijalankan, yakni Solo-Jakarta (SOC-CGK) dan Solo-Pontianak pergi pulang (PP). Humas Bandara Adi Soemarmo, Danardewi, mengatakan maskapai yang sudah terbang itu adalah Garuda Indonesia, Batik Air, dan Citilink.

Sementara Nam Air mulai beroperasi pada Rabu (20/5/2020). Dari maskapai tersebut, Garuda Indonesia, Batik Air, dan Citilink terbang di rute SOC-CGK, sementara Nam Air tujuan Solo-Pontianak (PP).

Hasil Rapid Test di 3 Swalayan Sragen Sudah Keluar, Ada Yang Reaktif?

Danardewi mengatakan masing-masing maskapai terbang melayani penumpang sehari satu perjalanan PP dengan jadwal berbeda-beda di Bandara Adi Soemarmo Solo.

"Jadi, memang maskapainya belum terbang setiap hari. Misalnya, Rabu terbang, Selasa sore surat dari maskapai baru masuk,” katanya kepada Solopos.com, Selasa (19/5/2020).

Danar mencontohkan pada Senin (18/5/2020) hanya Batik Air yang terbang. Anak perusahaan Lion Air ini terbang dari Jakarta menuju Solo dengan mengangkut 30 penumpang.

Jadwal Imsakiyah Kota Solo, Sabtu 23 Mei 2020

Seperti diberitakan, Bandara Adi Soemarmo Solo sudah kembali beroperasi melayani penumpang meski dengan jumlah maskapai yang terbatas sejak Kamis (7/5/2020).

Pengoperasian kembali bandara ini merujuk Peraturan Kementerian Perhubungan RI No 25 Tahun 2020. Isinya tentang Pengendalian Transportasi Selama Musim Mudik Idul Fitri 1441 H Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19.

Menurutnya, Bandara Adi Soemarmo kembali beroperasi guna mengakomodasi penerbangan niaga berjadwal yang kembali beroperasi dengan pembatasan.

Terdampak Covid-19, Minat Masyarakat Cari Properti Subsidi Menurun

Branch Manager Sriwijaya Air dan Nam Air, Taufik Usman, mengatakan Nam Air kembali melayani penumpang di Bandara Adi Soemarmo Solo mulai Rabu (20/5/2020).

Tidak Terbang Setiap Hari

Nam Air melayani rute Solo-Pontianak pergi pulang (PP). Kali terakhir rute ini beroperasi pada Jumat (24/4/2020) lalu.

“Kami tidak terbang setiap hari. Nam Air rute Solo-Pontianak ini beroperasi pada 20, 22, 27, dan 29 Mei 2020. Jadwalnya, Solo-Pontianak berangkat pukul 11.25 WIB, Pontianak-Solo datang pukul 09.05 WIB,” paparnya.

Keuntungan Beli Properti Seken, Mulai Tak Perlu Inden hingga Banting Harga

Informasi mengenai Nam Air yang mulai melayani penumpang di Solo-Pontianak via Bandara Adi Soemarmo Solo ini sudah diumumkan kepada channel penjualan tiket Sriwijaya Air-Nam Air.

Meskipun terbang lagi, para calon penumpang mesti melampirkan sejumlah syarat yang ditetapkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Dalam hal ini manajemen hanya akan melayani penumpang yang melakukan perjalanan kedinasan, repatriasi WNI/pelajar/pekerja migran/pemulangan orang dengan alasan khusus.

Sidang Isbat: Idulfitri 1 Syawal 1441 H Jatuh Pada 24 Mei 2020

Juga pasien yang membutuhkan pelayanan kesehatan darurat dan pelanggan yang keluarganya sakit keras atau meninggal dunia dengan tetap menjalankan protokol kesehatan.

Para penumpang di Bandara Adi Soemarmo diharapkan dapat melengkapi berbagai dokumen perjalanan yang harus ditunjukan pada saat pembelian tiket.

Syarat itu antara lain surat keterangan sehat dan bebas Covid-19 dari rumah sakit/instansi kesehatan, surat tugas dari kantor maupun instansi terkait. Juga surat pernyataan perjalanan dan berbagai dokumen pendukung lainnya.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom