Ini 4 Cara Memperpanjang Masa Tanggal Muda

Kita bisa menghilangkan kata tanggal tua dari kamus kehidupan dan menjalani hari dengan nyaman dan tentram layaknya tanggal muda setiap hari.

 Ilustrasi Shopee Mantul Sale

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Shopee Mantul Sale

Solopos.com, JAKARTA — Tanggal tua dan tanggal muda adalah sebuah istilah yang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia, apalagi bagi kalangan yang sudah bekerja.

Tanggal muda menggambarkan situasi keuangan atau dompet yang masih tebal karena baru menerima gaji. Sementara tanggal tua menggambarkan situasi keuangan yang mulai menipis namun masih jauh dari tanggal gajian.

Momen inilah yang membuat para karyawan mengalami kepanikan atau kecemasan menjelang masa-masa gajian. Saat menghadapi situasi ini, biasanya kita akan cenderung berhemat demi bisa bertahan hingga tanggal gajian bulan berikutnya tiba.

Padahal, jika disiasati dengan baik, kita bisa menghilangkan kata ‘tanggal tua’ dari kamus kehidupan dan menjalani hari-hari dengan nyaman dan tentram layaknya ‘tanggal muda’ setiap hari.

Baca Juga: Anak Rentan Stres Selama Pandemi, Begini Cara Mengatasinya

Berikut adalah 4 cara yang bisa kamu lakukan agar gaji tetap awet dan tidak merasakan ‘tanggal tua’:

Atur pengeluaran setiap habis gajian

Kamu pasti punya pengeluaran rutin yang harus dialokasikan setiap bulan, bukan? Seperti air, listrik, pulsa, bensin dan lain sebagainya. Di samping itu, biasanya ada pula pengeluaran tidak tetap yang bersifat rekreasional, seperti jajan makanan dan minuman segar untuk menyegarkan hari-hari kerja, membeli pakaian atau sepatu yang diinginkan, atau keperluan hobi lainnya.

Tidak jarang, pengeluaran ini bisa membengkak bahkan melebihi pengeluaran tetap. Untuk itu, kamu harus bisa mengatur pengeluaranmu dengan membuat rancangan biaya tiap awal bulan dan mengalokasikan beberapa pos pengeluaran. Dengan begitu, kamu tetap bisa memenuhi hobi dan pengeluaran rutin tanpa harus merasakan ‘tanggal tua’ di akhir bulan.

Manfaatkan promo agar hemat

Cara terbaik untuk meminimalisir pengeluaran adalah menggunakan promo. Memasuki akhir bulan, Shopee Mantul Sale hadir kembali menemani momen gajianmu di setiap bulan dengan sederet promo menarik yang bisa memperpanjang masa ‘tanggal muda’ kamu.

Baca Juga: Bikin Desain Rumah Unik dengan Material Corten Steel

Mulai dari tanggal 25-27 Juni 2021 ini, kamu bisa menikmati berbagai keuntungan menarik di berbagai toko di aplikasi Shopee serta gerai offline yang tersebar di seluruh Indonesia, seperti ShopeePay Deals Rp1, Serba Seribu, dan berbagai penawaran menarik lainnya. Khusus di tanggal 25 Juni 2021, kamu juga bisa memanfaatkan voucher gratis ongkir tanpa minimal belanja. Dengan memanfaatkan promo ini, pengeluaran pasti menjadi lebih irit dan kamu tidak akan merasakan “tanggal tua” lagi saat menjelang hari gajian.

Identifikasi prioritas pengeluaran

Setelah memasuki momen gajian, yang harus dilakukan pertama kali adalah membuat skala prioritas pengeluaran. Skala prioritas ini akan membantu kamu dalam mengkategorikan mana yang penting untuk dibayarkan terlebih dahulu dan mana pengeluaran yang masih bisa ditunda.

Perlu juga untuk mencatat besar pengeluaran yang mungkin dikeluarkan pada skala prioritas ini. Dengan memiliki skala prioritas, kamu dapat memperkirakan besar biaya yang perlu dikeluarkan dalam sebulan.

Tetap bisa alokasikan budget rekreasi

Mulailah belajar irit. Tetapi, irit bukan berarti pelit ya. Strategi irit ini bisa kamu manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan rekreasional yang dapat meningkatkan produktivitas bekerja. Kamu tetap bisa membeli camilan untuk mengembalikan mood di tengah kerja dari restoran-restoran hits, seperti Gulu Gulu, Sour Sally, Eatlah, HokBen, Kopi Soe, Ayam Keprabon Express, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Tren Pembayaran Digital Meningkat di Minimarket, ShopeePay Hadirkan Kampanye 7.7 Juli Cashback Meriah

Atau bagi para pecinta fashion, kamu juga masih bisa loh membeli beberapa fashion items untuk menunjang look kamu saat virtual meeting, seperti koleksi jam tangan di The Watch Co, kacamata kekinian di Oje Eyewear, perhiasan cantik dari AurumLab dan Loulou Rose, serta sepatu dan baju unik dari Sole Sister dan SmittenByPattern. Tidak perlu khawatir rencana keuangan kamu boncos, karena kamu bisa memanfaatkan voucher cashback hingga 100% untuk setiap pembelian menggunakan ShopeePay selama periode promo Shopee Mantul Sale.

Itulah beberapa cara untuk menghindari diri dari ‘tanggal tua’. Selain merchant-merchant yang telah disebutkan di atas, kamu juga bisa menikmati voucher cashback hingga 100% di ratusan merchant lainnya, seperti Fore Coffee, Kopi Kenangan, Yang Ayam, Yoshinoya, Teguk, Mangkok Ku, CFC, Anter Aja, Inspigo dan masih banyak lagi.

Andalkan ShopeePay sebagai metode pembayaran agar semakin hemat, nyaman dan menyenangkan. Jangan lupa untuk menerapkan protokol kesehatan saat mengunjungi toko offline selama periode promo berlangsung, ya. Untuk informasi lebih lanjut tentang Shopee Mantul Sale, silakan kunjungi tautan ini.


Berita Terkait

Berita Terkini

Bacaan Doa Supaya Dimudahkan Segala Urusan, Bisa Dibaca Setiap Hari

Untuk mendapatkan kemudahan dalam segala urusan selain dengan berusaha juga berdoa seperti bacaan berikut.

Doa Sebelum Bekerja Menurut Islam, Lengkap dengan Latin dan Artinya

Berikut ini terdapat doa sebelum bekerja menurut Islam yang dilengkapi dengan latin dan artinya supaya diberkahi Allah SWT.

Work from Coffee Shop Diminati, Benarkah Kopi Buat Otak Lebih Kreatif?

Ada sejumlah alasan work from coffee shop diminati, salah satunya adalah karena menjamurnya tempat-tempat ngopi estetik.

Benarkah Pengangkatan Rahim Pengaruhi Kehidupan Seksual Wanita?

Tak sedikit wanita merasa khawatir operasi pengangkatan rahim seperti dialami artis Melanie Subono bisa pengaruhi kehidupan seksual mereka.

7 Alasan Medis Wanita Jalani Pengangkatan Rahim Seperti Melanie Subono

Prosedur medis pengangkatan rahim pada wanita disebut histerektomi.

Viral Aksi Selfie di Tempat Berbahaya, Warganet: Auto Kaki Gemetaran

Meski insiden kecelakaan saat melakukan aksi selfie di tempat berbahaya sudah sering terjadi, namun masih ada orang berani menantang bahaya demi mendapatkan foto epic.

Duh! Gegara Penyiksaan Anjing, Pria di Magelang Doakan Aceh Tsunami

Pemilik akun Twiter yang diduga berasal dari Magelang, Jawa Tengah, mendapat kecaman netizen seletah mendoakan Provinsi Aceh terjadi tsunami.

Mengisi Waktu Senggang dengan Mewarnai bersama AnaKrea

Melalui program AnaKrea "Ayo Mewarnai", anak mendapatkan sarana mewarnai pada gambar yang telah di sediakan. Kegiatan ini sangat cocok sebagai pengisi waktu luang yang bermanfaat di masa pandemi.

Viral Kalimat Salam dari Binjai, Ternyata Video Ini Penyebabnya

Kalimat Salam dari Binjai viral di media sosial setelah aksi pemuda dalam video ini.

Kementerian Kesehatan Israel: Subvarian Delta AY4.2 Lebih Menular

Subvarian Delta yang kali pertama diidentifikasi di Inggris saat ini tidak dianggap sebagai varian minat atau perhatian dan belum secara resmi dinamai huruf alfabet Yunani.

8 Cara Mudah Stock Opname Inventaris Kantor

Akhir tahun adalah waktu yang tepat untuk menjalankan stock opname inventaris kantor.

Doa Telinga Kanan atau Kiri Berdenging Menurut Islam

Berikut ini terdapata bacaan doa ketika telinga kanan atau kiri berdenging menurut Islam yang diungkap oleh Nahdlatul Ulama (NU).

Stres Kena PHK Saat Pandemi? Begini Cara Mengatasinya

Setelah kena PHK saat pandemi Covid-19, masalah keuangan bisa menjadi salah satu faktor yang membuatmu stres.

Mengenal Manfaat Natto dari Jepang untuk Kesehatan Tubuh

Di Jepang sendiri, natto sering dikonsumsi bersama dengan nasi dan ditambahkan kecap asin maupun irisan bawang lokio sebagai pelengkap.

Benarkah Berhubungan Intim Bantu Tidur Lebih Pulas? Ini Penjelasannya

Ada pendapat hubungan intim yang memuaskan bersama pasangan bisa bantu tidur lebih pulas dan mengatasi gangguan tidur, termasuk insomnia.

Sebelum Jadi Korban Gaslighting, Kenali Ciri-Ciri dan Cara Mengatasinya

Gaslighting merupakan salah satu bentuk toxic relationship yang dapat terjadi dalam hubungan.