Nasi Gandul (Instagram @adindafala)

Solopos.com, SEMARANG — Jawa Tengah (Jateng) memang memiliki beberapa tempat yang patut dikunjungi saat musim liburan, salah satunya adalah Pati.

Selain memiliki banyak objek wisata, Pati juga memiliki sederet pilihan kuliner yang patut dicoba. Salah satu kuliner yang patut dicoba saat berkunjung ke Pati adalah nasi gandul.

Dari namanya, nasi gandul memang terdengar aneh. Gandul dalam bahasa Jawa berarti menggantung.

Meski demikian, nasi gandul bukanlah nasi yang digantung. Nama nasi gandul konon diambil dari kebiasaan para penjualnya pada zaman dulu yang menjajakan dagangan dengan cara dipikul.

Saat berjalan, gerobak dagangan yang berisi nasi itu pun terlihat bergelantungan. Hal ini pulalah yang membuat masyarakat di Pati menyebut nasi tersebut dengan sebutan nasi gandul.

Kendati memiliki nama yang aneh, nasi gandul sebenarnya merupakan nasi putih yang diberi lauk empal atau daging sapi bumbu bacem. Selain lauk, nasi gandul juga dikombinasikan dengan kuah yang memiliki rasa gurih.

Dikutip dari laman Internet Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng ada tiga warung nasi gandul yang layak dikunjungi saat berada di Pati.

Berikut 3 warung itu:

1.Nasi Gandul Pak Meled

Nasi Gandul Pak Meled merupakan salah satu warung legendaris yang menyajikan masakan unik ini.

Dianggap legendaris karena warung ini masih menggunakan metode memasak yang kuno untuk membuat nasi gandul, yakni dengan cara merebus kuah nasi dalam kuali tanah liat atau gerabah.

Seporsi nasi gandul di warung Pak Meled dibanderol dengan harga Rp25.000. Warung ini terletak di Krajan Gajah Mati, Desa Gajahmati, Kecamatan Pati dan buka sejak pukul 11.00 WIB -12.30 WIB.

2.Nasi Gandul H.A. Warsimin

Selain Nasi Gandul Pak Meled, ada juga warung Nasi Gandul H.A. Warsimin yang patut dikunjungi.

Nasi gandul di warung ini layak dicoba karena menawarkan menu pilihan daging yang lengkap, mulai dari kikil, daging, paru, empal, hingga otak sapi.

Warung H.A. Warsimin berada di Jl. Roro Mendut, Semampir, Kabupaten Pati dan buka pukul 10.00 WIB - 17.00 WIB.

3.Nasi Gandul H.S. Sardi

Jika ditanya manakah warung nasi gandul paling laris di Pati, mungkin warung Nasi Gandul H.S. Sardi jadi jawabannya.

Hal itu dikarenakan warung ini tak pernah sepi dan pengunjung yang datang pun harus siap-siap menganter.

Warung Nasi Gandul H.S. Sardi berdiri sejak 1978 atau 40 tahun silam. Semenjak kali pertama berdiri, banyak yang bilang rasa nasi gandulnya tak pernah berubah.

Nasi gandul di warung ini dibanderol dengan harga Rp18.000-Rp20.000 per porsi.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten