Tutup Iklan

Ini 3 Strategi Pemerintah Agar Masyarakat Bisa Hidup Berdampingan dengan Covid-19

Pemerintah tidak hanya fokus pada penanganan, namun juga menyiapkan strategi agar masyarakat bisa hidup berdampingan dengan Covid-19.

 Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin. (Istimewa/Setkab)

SOLOPOS.COM - Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin. (Istimewa/Setkab)

Solopos.com, JAKARTA – Aplikasi PeduliLindungi menjadi salah satu strategi andalan pemerintah agar masyarakat bisa hidup berdampingan bersama pandemi Covid-19. PeduliLindungi menjadi upaya menjaga protokol kesehatan melalui sistem berbasis teknologi IT.

Demikian disampaikan Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, Senin (23/8/2021). Ada dua strategi lain yang disiapkan pemerintah yakni memperkuat tracing dan testing serta menyediakan perawatan khusus pasien Covid-19.

Menkes memerinci terkait dengan jurus menjaga protokol kesehatan, pihaknya akan menyiapkan aplikasi PeduliLindungi untuk mendisiplinkan masyarakat menjaga protokol kesehatan di seluruh sektor.

Baca Juga: Solopos Hari Ini: PPKM Turun Bertahap

“Selain menjaga protokol kesehatan, ada tracing dan testing ini penting untuk diperkuat. Tracing dan testing ini harus terarah dan tidak massal. Jadi benar-benar yang butuh. Testing epidemologi yang dilakukan ke suspect dan kontak erat. Bukan di tes karena mau melakukan aktivitas tertentu,” kata Menkes Budi dalam keterangan resminya di Jakarta.

Strategi terakhir, menurut Budi yaitu perawatan untuk pasien Covid-19. Dia mengatakan bakal ada perawatan primer untuk para pasien di setiap rumah sakit. Sehingga ke depan seluruh rumah sakit hanya diisi oleh kasus kritis dan berat untuk pasien Covid-19.

“Wamenkes sudah diminta untuk melakukan kajian bagaimana kita bisa fokus saja ke kasus kritis dan mengurangi tingkat kematian yang masih tinggi sekarang,” ujarnya.

Dia berharap melalui tiga jurus jitu itu, pemerintah tidak hanya berpikir mengenai strategi untuk mengatasi pandemi. Tetapi, juga startegi untuk hidup bersama pandemi Covid-19.

“Jadi dengan demikian diharapkan ke depannya kita tidak hanya fokus saja mengenai strategi mengatasi pandemi, tapi bagaimana hidup bersama epidemi,” paparnya.

Sementara itu, dalam upaya mengendalikan penularan Covid-19, pemerintah memutuskan untuk memperpanjang kembali pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Untuk wilayah Jawa-Bali PPKM diperpanjang pada 24-30 Agustus 2021, sedangkan PPKM di luar Jawa Bali diterapkan mulai 24 Agustus – 6 September 2021.


Berita Terkait

Berita Terkini

MPR Marah Anggaran Berkurang, Menkeu: Fokus Corona!

Kemarahan MPR dipicu tindakan Sri Mulyani yang dua kali tidak hadir memenuhi undangan MPR umtuk membahas pemotongan anggaran tersebut.

Peserta Reuni 212 Bakal Kena Sanksi Pidana

Aparat Polda Metro Jaya memastikan bakal menindak tegas massa yang nekat menggelar Reuni 212 di Jakarta pada Kamis (2/12/2021).

Video Seks Disebar Pacar, Siswi SMA Ini Stres Sampai Begini

Seorang siswi SMA di Lampung berniat bunuh diri setelah mengetahui sang pacar menyebarkan video seks mereka.

Siapakah Leluhur Orang Jawa? Ini Asal-Usulnya

Inilah asal-usul leluhur orang Jawa yang menjadi suku terbesar di Indonesia.

Cerita Orang Jawa & Melayu, Serumpun Tapi Tak Sama

Sejarah mencatat dulu orang Jawa dan Melayu dianggap sebagai bangsa serumpun, namun ternyata memiliki perbedaan karakter yang kentara.

Pimpinan MPR Protes Anggaran Turun, Begini Penjelasan Kemenkeu

Lonjakan Covid-19 akibat varian Delta menjadikan seluruh anggaran Kementerian/Lembaga harus dilakukan refocusing 4 kali.

8 Dugaan Pelanggaran KSP Sejahtera Bersama dengan Tagihan Rp8,8 Triliun

Berikut delapan dugaan pelanggaran asas-asas koperasi yang berakibat gagal bayar Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Sejahtera Bersama dengan total tagihan hingga Rp8,8 triliun dari 58.825 anggota se-Indonesia.

Kisah Wanita 74 Tahun Menikah dengan Sapi, Ternyata Ini Alasannya

Seorang perempuan berusia 74 tahun secara mengejutkan menikahi seekor sapi yang telah menciumnya.

Dirilis! Ini Daftar Lengkap UMK Kota dan Kabupaten se-Jawa Tengah 2022

Berikut ini terdapat daftar upah minimum kabupaten/kota (UMK) se-Jawa Tengah 2022 yang ditetapkan Gubernur Ganjar Pranowo.

Solopos Hari Ini: UMK Tak Jauh dari UMP

Di Solo, Wali Kota Gibran Rakabuming Raka akhirnya menandatangani UMK 2022 yang hanya naik sekitar Rp21.000 dari tahun sebelumnya.

Sejarah Hari Ini : 1 Desember 1941, Jepang Putuskan Perang Lawan AS

Keputusan Jepang berperang melawan Amerika Serikat dalam Perang Dunia II menjadi salah satu peristiwa yang terangkum dalam Sejarah Hari Ini, 1 Desember.

Catat! Objek wisata Kawasan Gunung Rinjani Tutup Sampai Maret 2022

Objek wisata alam di kawasan Gunung Rinjani di Lombok, Nusa Tenggara Barat, ditutup dari 29 November 2021 sampai 31 Maret 2022.

Jambret Dibekuk Berkat Aksi Berani Pemotor Nabrak dari Belakang

Pengendara sepeda motor itu menabrak kendaraan kedua pelaku yang baru saja merampas handphone milik seorang pelajar yang berjalan ke sekolah.

Tragedi Bekasi: Dendam lalu Memutilasi Teman Jadi 10 Bagian

Kepolisian mengungkapkan kasus pembunuhan disertai mutilasi terhadap seorang pria berinisial RS yang jasadnya dibuang di Kabupaten Bekasi, bermotif dendam.

Peredaran Sabu-Sabu 100 Kilogram Digagalkan Polda Aceh

Peredaran narkoba jenis sabu-sabu dengan berat mencapai 100 kilogram digagalkan Direktorat Reserse Narkoba Polda Aceh.

Sopir Melawan Arus di Tol Alami Demensia, Ini Penjelasannya

Demensia disebabkan oleh rusaknya sel saraf dan hubungan antar saraf pada otak.