Ini 3 Proyek Besar yang Diprediksi Bikin Solo Macet Luar Biasa

Tahun ini akan ada tiga proyek infrastruktur besar yang diprediksi bikin Solo bakal macet luar biasa. Salah satunya adalah rel layang dan underpass Joglo.

 Kereta Api (KA) Bandara Internasional Adi Soemarmo (BIAS) melintas di rel simpang tujuh Joglo, Banjarsari, Solo, Selasa (4/1/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

SOLOPOS.COM - Kereta Api (KA) Bandara Internasional Adi Soemarmo (BIAS) melintas di rel simpang tujuh Joglo, Banjarsari, Solo, Selasa (4/1/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Akan ada tiga proyek besar yang dikerjakan sekaligus di Kota Solo tahun ini. Proyek infrastruktur transportasi ini diprediksi bakal membuat lalu lintas di Kota Bengawan macet parah.

Tiga proyek tersebut yakni pembangunan underpass dan rel layang simpang Joglo, rehabilitasi Jembatan Mojo, dan pembangunan Jembatan Jurug A.

PromosiKenaikan TDL Pelanggan 3.000 VA Berpotensi Tambah Beban Industri

Hal tersebut disampaikan Ketua Komisi III DPRD Solo, YF Sukasno, Sabtu (14/5/2022). “Tahun ini proyek Simpang Joglo dimulai. Padahal di sana ada perencanaan underpass. Tahun ini juga Jembatan Mojo akan ditutup karena ada pekerjaan rehabilitasi jembatan. Kalau Jembatan Jurug A ditutup dampak kemacetannya luar biasa,” urai dia.

Politikus PDIP tersebut memprediksi dampak kepadatan arus lalu lintas dari penutupan Jembatan Jurug A akan sangat terasa di Solo utara dan Solo timur. “Apalagi ring road atau jalan lingkar Mojosongo pasti terjadi keruwetan luar biasa,” ujar dia.

1. Rel Layang dan Underpass Joglo

Seperti diketahui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menargetkan proyek pembangunan rel layang di simpang tujuh Joglo, Banjarsari, Solo, selesai total pada 2023 mendatang.

Baca Juga: Jembatan Jurug A Bakal Dibongkar, Siap-Siap Solo Macet Parah

Keberadaan rel layang tersebut diharapkan bisa mengatasi berbagai permasalahan terutama kemacetan arus lalu lintas yang telah menghantui kawasan tersebut selama bertahun-tahun. Kemacetan itu kian parah dengan beroperasinya kereta bandara dari Stasiun Solo Balapan–Stasiun Bandara Adi Soemarmo.

Proyek rel layang di simpang Joglo merupakan bagian dari proyek strategis nasional rel ganda KA Solo-Semarang fase 1 segmen Solo Balapan–Kalioso sepanjang 10 kilometer spoor (Km’sp).

Proyek ini menggunakan anggaran dari Kementerian Perhubungan senilai Rp980 miliar dan dikerjakan dalam tiga tahap. Tahap I tahun ini dengan anggaran Rp280 miliar dikerjakan oleh PT Wijaya Karya (Wika).

Rencananya, rel layang Joglo dilengkapi underpass atau lintas atas di ruas Jl Ki Mangun Sarkoro ke arah Jl Sumpah Pemuda.

Baca Juga: Pengumuman, Jembatan Jurug A Solo Bakal Dibongkar Tahun Ini

2. Rehabilitasi Jembata Mojo

Sementara Jembatan Mojo di Sungai Bengawan Solo yang menghubungkan Kecamatan Mojolaban, Sukoharjo, dengan Kota Solo akhirnya bakal diperbaiki pada tahun ini. Rencana rehab jembatan yang dibangun pada 1985 itu sebenarnya sudah mengemuka sejak 2018.

“Alhamdulillah, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah bersedia mendanai renovasi dengan pagu anggaran senilai Rp22 miliar, kemudian dana pendampingan dari Pemkot Rp8 miliar. Kebutuhan totalnya Rp30 miliar sesuai hasil desain Pusjatan dulu,” kata Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Solo, Joko Supriyanto, saat dihubungi Solopos.com, Selasa (15/2/2022).

3. Pembongkaran Jembatan Jurug A

Terbaru, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) bakal membongkar Jembatan Jurug A yang dilintas kendaraan dari arah Solo menuju Karanganyar.
Pembongkaran Jembatan Jurug A kabarnya akan dilakukan pada 23 Juli 2022 hingga 22 September 2022. Dampaknya, Jembatan Jurug B akan dijadikan jalur dua arah dari sebelumnya hanya untuk kendaraan yang melaju ke arah Solo dari Karanganyar.

Baca Juga: Parah! Kemacetan Simpang Joglo Solo Totalnya Bisa sampai 7 Jam Sehari

Tapi khusus kendaraan berat diimbau melalui jalan tol. Untuk menghindari terjadi kemacetan, kendaraan roda dua dan roda empat dari atau ke arah Karanganyar bisa melewati Bekonang-Pasar Kliwon. Sedangkan kendaraan roda dua dan empat dari dan ke arah Sragen bisa melalui Jalan Lingkar Mojosongo.

Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Solo, Ari Wibowo, saat dihubungi melalui telepon seluler (ponsel), Sabtu (14/5/2022), membenarkan adanya rencana pembongkaran Jembatan Jurug A pada tahun ini.

Tapi kewenangan menjelaskan rencana pembongkaran tersebut ada pada Kementerian PUPR. “Itu Kementerian PUPR, saya tidak berani statement. Itu sebenarnya belum detail waktu, belum detail teknisnya, tapi sudah bocor,” ujar dia.

Baca Juga: Overpass DI Pandjaitan Diharap Kelar Sebelum Rel Layang Joglo Dimulai

Terkait dampak dari pembongkaran Jembatan Jurug A, Sukasno meminta Kementerian PUPR, Dishub Solo, dan Dinas PUPR Solo berkoordinasi. Menurut dia harus ada perhitungan secara cermat tentang dampak kemacetan yang ditimbulkan.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Belum Ada Bintang Terang, Aja Kesusu…

+ PLUS Belum Ada Bintang Terang, Aja Kesusu…

Frasa ”aja kesusu” atau jangan terburu-buru yang dikemukakan Presiden Joko Widodo dalam acara Rapat Kerja Nasional Pro Jokowi (Projo) di Magelang, Jawa Tengah, pada Sabtu (21/5/2022), adalah pesan yang berlaku umum, namun juga bisa ditafsirkan lebih sempit sesuai konteks dan ruangnya.

Berita Terkini

Gibran Dan Menhub Jajal KRL Solo Balapan-Palur, Sudah Siap Beroperasi?

Menhub Budi Karya Sumadi dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjajal jalur KRL Solo Balapan-Palur, Kamis (26/5/2022).

PMK Belum Pengaruhi Harga Daging Sapi di Wonogiri, Benarkah?

Merebaknya kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) dinilai belum mempengaruhi harga daging sapi di Wonogiri.

PMK Mulai Serang Sapi Lokal Wonogiri, Ini Persebarannya?

Sebanyak lima ekor sapi lokal di Wonogiri mulai terserang penyakit mulut dan kuku (PMK), Selasa (24/5/2022).

Serangan Jantung, Warga Karanganyar Meninggal di Pertapaan Pringgodani

Seorang pengunjung kawasan wisata religi pertapaan Pringgodani di Desa Blumbang, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Boyolali Hari Ini: 26 Mei 2015, Dirazia! Anak Punk Pamer Tato Doraemon

Tujuh tahun lalu, tepatnya 26 Mei 2015, Polres Boyolali menangkap enam anak punk lewat operasi cipta kondisi di sepanjang Jalan Raya Ampel sampai Sunggingan Boyolali Kota.

PMK & Penutupan Pasar Hewan Tak Pengaruhi Harga Daging Sapi Sukoharjo

Harga daging sapi di Pasar Ir Soekarno Sukoharjo tidak terpengaruh dengan merebaknya wabah PMK di beberapa daerah Soloraya maupun penutupan Pasar Hewan Bekonang.

Kisah 43 Calhaj Purwantoro ke Tanah Suci Berkat Program Talangan Haji

Di tahun 2022, Kecamatan Purwantoro memberangkatkan calon haji (calha) terbanyak se-Wonogiri, yakni mencapai 43 orang.

Ganjar Pranowo Ikuti Blusukan Jokowi di Solo, Terpisah Dari Rombongan

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo ikut blusukan Presiden Jokowi ke sejumlah lokasi di Solo namun memisahkan diri dari rombongan.

Menikahi Adik Jokowi, Segini Harta Kekayaan Ketua MK Anwar Usman

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman tengah menjadi sorotan seusai resmi menikah dengan adik Presiden Joko Widodo (Jokowi), Idayati pada Kamis (26/5/2022) di Solo.

Pedagang Sapi Wonogiri Ini Ketakutan saat Didatangi Polisi, Kenapa?

Pedagang sapi di Wonogiri mengaku tertekan dengan kehadiran aparat polisi saat proses pemeriksaan kesehatan yang diselenggarkan Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (Dislapernak) ternak di pasar hewan.

Pemain Srimulat Hil Yang Mustahal Kunjungi Griya Solopos, Ngapain Aja?

Sejumlah pemain film Srimulat: Hil Yang Mustahal mengunjungi Griya Solopos dalam rangkaian tur mereka di Solo, Kamis (26/5/2022).

Bukan Kaus, Jokowi Bagikan BLT Minyak Goreng di Pasar Mojosongo Solo

Presiden Joko Widodo membagikan bantuan modal usaha dan BLT minyak goreng kepada masyarakat saat berkunjung ke Pasar Mojosongo Solo pada Kamis (26/5/2022).

Kenaikan Isa Almasih, Begini Suasana di Gua Maria Marganingsih Bayat

Umat Katolik melaksanakan ziarah dan doa bersama di Gua Maria Marganingsih, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Kamis (26/5/2022).

Area Parkir Graha Saba Buana Solo Banjir Karangan Bunga, Dari Siapa?

Area parkir Graha Saba Buana Solo, Jawa Tengah penuh dengan karangan bunga ucapan selamat untuk pernikahan adik Jokowi, yakni Idayati, dan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman.

Jijik! Sampah Menumpuk di Jembatan Sido Dadi Perbatasan Pedan-Trucuk

Tumpukan sampah terjadi di Jembatan Sido Dadi, Jl. Pedan-Trucuk, Kecamatan Pedan, Klaten, Selasa (24/5/2022).