Ini 3 Kesalahan Fatal Pemakaian Laptop

Ini 3 Kesalahan Fatal Pemakaian Laptop

SOLOPOS.COM - Ilustrasi laptop overheat (Lifewire)

Inilah tiga kesalahan fatal saat memakai laptop.

Solopos.com, SOLO – Laptop menjadi salah satu barang pokok yang dipakai semua kalangan, mulai dari pelajar sampai pegawai kantoran di zaman modern. Sebab, hampir seluruh pekerjaan sangat bergantung dengan penggunaan gadget tersebut. Bentuknya yang praktis dan harga terjangkau membuat banyak orang memilikinya.

Meski sudah akrab dengan laptop, faktanya masih banyak orang yang kerap melakukan kesalahan dalam menggunakannya. Kesalahan tersebut berakibat pada menurunnya kinerja laptop. Jika dibiarkan, laptop tentu akan cepat rusak. Mau tahu apa saja kesalahan yang kerap dilakukan saat menggunakan laptop? Simak ulasan yang dihimpun Solopos.com dari Tech Republic, Rabu (17/1/2018), berikut ini:

Mengecas baterai laptop saat dipakai

Megecas baterai saat laptop dipakai akan menurunkan performa. Sebab, suhu panas akibat pengecasan dan pemakaian tersebut akan meningkat. Tapi, jangan pula melepas betarai laptop begitu saja, karena akan membuatnya semakin cepat rusak. Sebaiknya, lakukan pengecasan saat laptop tidak dipakai. Jika kehabisan baterai di saat darurat, langsung sambungkan pengecas ke aliran listrik dan hentikan pemakaian laptop.

Memangku laptop

Memangku laptop merupakan satu kesalahan yang paling banyak dilakukan. Biasanya, seseorang sengaja memangku laptop di paha dengan tujuan memudahkan pekerjaan lantaran tidak ada meja atau kursi. Sayangnya, hal itu justru membawa dampak negatif. Pasalnya, lubang udara di bagian bawah laptop akan tertutupi. Hal itu membuat suhu laptop meningkat drastis alias overheat, yang membuatnya lebih cepat rusak.

Meletakkan laptop di permukaan lunak

Selain memangku, Anda juga tidak boleh meletakkan laptop di permukaan yang lunak seperti karpet, kasur, sofa, atau bantal. Benda dengan permukaan lunak itu akan menahan suhu panas laptop. Jika dibiarkan, lama kelamaan hal itu akan menimbulkan overheat. Sebaiknya, berikan alas berupa papan atau buku bersampul tebal yang kaku di bawah laptop sebelum diletakkan di kasur.

Itulah beberapa kesalahan fatal yang membuat laptop cepat rusak. Kerusakan laptop tentu akan membuat pekerjaan terasa sulit bukan? Nah, mulai sekarang berhati-hatilah dalam menggunakan laptop. Jangan sampai Anda mengulangi kesalahan tersebut.

Tapi, jika sudah terlanjur rusak, maka tandanya Anda harus segera membeli laptop baru. Tak perlu berlama-lama menunggu diskon di pameran, dapatkan di situs jual beli laptop murah yang ada di Indonesia, seperti Tokopedia.

Selain laptop, kumpulan online shop terlengkap itu menyediakan beragam perangkat elektronik lain dengan harga terbaik. Anda bisa membeli televisi, komputer, hingga kamera mirrorless dengan praktis di Tokopedia. Yuk, pengin lengkapi koleksi barang elektronik? #MulaiAjaDulu di Tokopedia.

 

Berita Terkait

Berita Terkini

Klaster Sangon Kulonprogo Tambah 45 Kasus Baru, Total Menjadi 107

Klaster sangon di Kabupaten Kulonprogo terus mengalami penambahan kasus positif. Ada tambahan 45 kasus baru sehingga total jadi 107 kasus.

DK PBB Segera Bahas Palestina, Indonesia Pesan ke 3 Negara

Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi mengirimkan pesan kepada menlu tiga negara terkait Palestina menjelang rapat Dewan Keamanan PBB.

Kapolda Jateng: Balik Ke Jakarta Wajib Bawa Hasil Swab dan Surat Izin

Kapolda Jawa Tengah (Jateng), Irjen Pol. Ahmad Luthfi meminta masyarakat yang hendak balik ke Jakarta membawa hasil uji swab dari fasilitas kesehatan lokal.

Israel Runtuhkan Kantor Al Jazeera & AP di Gaza

Gedung kantor media internasional Al Jazeera asal Qatar dan Associated Press asal Amerika Serikat di Jalur Gaza runtuh dibom Israel.

28 Pemudik ke Jateng Positif Covid-19

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terus mengimbau masyarakat Jateng di perantauan untuk tidak mudik Lebaran 2021 demi mencegah Covid-19.

1,5 Juta Orang Bakal Balik ke Jabodetabek

Sebanyak 1,5 juta orang diperkirakan bakal berkendara memasuki wilayah Jabodetabek selama periode arus balik mudik Lebaran 2021.

Kapal Penangkap Ikan Indonesia Kecelakaan di Samudera Hindia

Kementerian Luar Negeri menginformasikan adanya kapal penangkap ikan bernama KM Bandar Nelayan 188 yang kecelakaan mengalami kebocoran di Samudera Hindia.

Ini Nama-Nama Korban Perahu Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali

Sebanyak sembilan orang menjadi korban perahu wisata yang terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali, Sabtu (15/5/2021) siang WIB. Sementara 11 orang lainnya dinyatakan selamat.

Mau Bikin Video Klip Tema Alam? Cek Dulu Sekipan

Mau bikin video klip tema alam? Anda bisa cek ke Sekipan, Tawangmangu.

Pemboman Israel Hancurkan Gedung Pusat Media di Gaza

Pesawat-pesawat tempur Israel pada Sabtu (15/5/2021) menghancurkan sebuah gedung tempat sejumlah media internasional seperti Aljazeera dan Associated Press berkantor.

Istri PB XII Tutup Usia, Saatnya Regenerasi Pengelolaan Keraton Solo?

Petugas Humas dari Maha Menteri Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, K.G.P.H.P.A. Tedjowulan, K.P. Bambang Pradotonagoro, menilai sudah saatnya dilakukan persiapan regenerasi pengelolaan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Kita Harus Menjadi Guru

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu, 5 Mei 2021. Esai ini karya Ardian Nur Rizki, guru di Sekolah Indonesia Luar Negeri Johor Bahru, Malaysia.