Ini 2 SMA/SMK Solo Yang Akan Gelar Simulasi Pembelajaran Tatap Muka
Ilustrasi pelajar. (Solopos/Whisnupaksa Kridhangkara)

Solopos.com, SOLO -- SMAN 3 dan SMK Mikael akan mewakili Kota Solo dalam simulasi pembelajaran tatap muka atau PTM jenjang SMA/SMK. Rencananya, pekan depan kedua sekolah ini akan mulai melakukan sosialisasi.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Wilayah VII Jawa Tengah, Suyanta, mengatakan pengusulan kedua sekolah itu sebagai pembuka simulasi PTM berdasar kesiapan mereka.

“Jawa Tengah sudah ada tujuh sekolah yang menjalani simulasi PTM. Hasilnya baik dan sesuai protokol kesehatan sesuai harapan. Kemudian simulasi diperluas. Masing-masing wilayah Cabang Dinas Jawa Tengah melakukan simulasi, termasuk wilayah VII. Solo mengusulkan SMAN 3 dan SMK Mikael,” ujarnya kepada Solopos.com, Kamis (1/10/2020).

Dulu Tempat Rekreasi Raja, Kondisi Taman Segaran Sriwedari Solo Kini Sungguh Menyedihkan

Saat ini dua SMA/SMK Solo yang akan menggelar simulasi pembelajaran tatap muka itu tengah melakukan persiapan, baik panduan, sarana dan prasarana, maupun perizinan. Izin tersebut dari Satgas Penanganan Covid-19 Kota Solo dan pihak terkait lainnya.

Sebelum simulasi, sekolah melakukan sosialisasi kepada orang tua dan pihak terkait. “Waktu simulasinya masih menunggu. Yang jelas kalau persiapan sesuai syarat dari Satgas Penanganan Covid-19 sudah klir, baru kemudian diusulkan ke induk [Disdikbud Provinsi Jateng] dan sana yang nanti menentukan,” imbuhnya.

Ronda dan Razia Masker Bikin Pedagang Pasar Solo Lebih Tertib Protokol Kesehatan

Sebelum simulasi akan ada sosialisasi terlebih dulu kepada orang tua dan pihak-pihak yang terkait. Sementara itu, Kepala SMAN 3 Solo Agung Wijayanto mengatakan peserta simulasi adalah siswa Kelas SKS/percepatan.

Pedoman Simulasi

Saat ini Agung mengaku masih mematangkan sarana dan prasarana kesehatan serta pedoman untuk simulasi pembelajaran tatap muka jenjang SMA/SMK Solo.

“Untuk Solo yang simulasi PTM nanti SMAN 3. Ini sedang kami matangkan segala sesuatunya, baik sarana dan prasarananya serta pedomannya,” ujarnya melalui telepon, Jumat (2/10/2020).

Klaten Bentuk Gugus Tugas RW Untuk Gotong Royong Tangani Covid-19

Agung menambahkan Satgas Penanganan Covid-19 Solo telang menyurvei sekolahnya terkait persiapan simulasi pembelajaran tatap muka jenjang SMA/SMK.

“Ada beberapa hal yang harus kami sempurnakan. Sehingga sosialisasi baru akan kami lakukan pekan depan. Mungkin Kamis atau Jumat,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala SMK Mikael, Murdianto, mengatakan hal senada dengan Agung. Ia saat ini juga tengah menyempurnakan sarana dan prasarana kesehatan untuk persiapan PTM.

Puluhan Orang Tua Sukoharjo Menolak Imunisasi untuk Anak Mereka, Ini Alasannya

“Hari ini [Jumat] sudah disupervisi oleh Cabang Dinas dan Satgas Penanganan Covid-19 Kota Solo, tinggal penyempurnaan,” ujarnya.

Rencananya, simulasi pembelajaran tatap muka SMK Mikael ini akan mulai dengan siswa Kelas XII yang melakukan kegiatan praktikum.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom