Ini 2 Situs Cagar Budaya Klaten yang Dilewati Tol Solo-Jogja

Inilah dua situs cagar budaya di Klaten, Jawa Tengah, terdampak proyek Tol Solo-Jogja.

 Kondisi kawasan situs Keprabon, Desa Keprabon, Kecamatan Polanharjo, Klaten, yang berada di kawasan ruas jalan tol Solo-Jogja. Foto diambil sekitar dua pekan lalu. (Istimewa/Disbudporapar Klaten)

SOLOPOS.COM - Kondisi kawasan situs Keprabon, Desa Keprabon, Kecamatan Polanharjo, Klaten, yang berada di kawasan ruas jalan tol Solo-Jogja. Foto diambil sekitar dua pekan lalu. (Istimewa/Disbudporapar Klaten)

Solopos.com, KLATEN — Dua situs cagar budaya di Klaten, Jawa Tengah, terdampak proyek Tol Solo-Jogja. Keduanya adalah situs Keprabon dan Wonoboyo di Desa Wonoboyo, Kecamatan Jogonalan.

Meski demikian, situs cagar budaya itu akan tetap dipertahankan. Caranya, konstruksi jalan dibuat melayang agar tidak mengganggu keberadaan kedua situs tersebut.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Disbudporapar Klaten, Yuli Budi Susilowati, mengatakan saat ini sudah ada pengerjaan proyek pembangunan Tol Solo-Jogja di kawasan situs Keprabon. Sementara itu, kawasan situs Wonoboyo masih menunggu proses pembebasan lahan.

Baca juga: 200-an Saluran Irigasi di Klaten Terdampak Jalan Tol Solo-Jogja

Yuli Budi Susilowati, menguraikan ada perlakuan khusus terhadap dua kawasan situs tersebut dari pelaksana proyek pembangunan jalan tol Solo-Jogja. Perlakuan khusus yakni jalan tol bakal dibuat melayang pada kedua kawasan situs.

Petugas dari Disbudporapar Klaten secara berkala telah mengecek kondisi situs cagar buday tersebut. Terutama situs di Keprabon yang sudah mulai dilakukan pembangunan konstruksi Tol Solo-Jogja.

Dari hasil pemantauan, ada upaya perlindungan terhadap situs di Keprabon dengan mengambil jarak radius pengeboran tiang pancang 6 meter dari kawasan situs. Objek diduga cagar budaya berupa yoni itu masih dipertahankan di lokasi semula.

“Memang ketika kami sampai ke sana kali terakhir [dua pekan lalu], lokasi situs tidak terkena atau tertutup langsung oleh jalan layang sehingga atapnya tetap terbuka. Ternyata masukan-masukan dari komunitas diperhatikan,” urai Susi.

Baca juga: Antisipasi Sesar Opak, Konstruksi Jalan Tol Solo-Jogja Diperkuat

Sebagai informasi, situs Keprabon sebelumnya berada di tengah sawah yang dibebaskan untuk proyek pembangunan jalan tol Solo-Jogja. Di situs itu, ada yoni dengan ornamen di salah sisi menyerupai kepala kura-kura.

Di sekitar yoni itu terdapat gundukan tanah. Di antaranya berisi batu bolder yang diperkirakan menjadi bagian bangunan candi. Selama ini kawasan situs Keprabon kerap didatangi umat Hindu Kecamatan Polanharjo untuk sembahyang.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Sebelum jadi Alat Pengendali Massa, Gas Air Mata Dipakai dalam Perang Dunia I

      Sebelum jadi Alat Pengendali Massa, Gas Air Mata Dipakai dalam Perang Dunia I

      Dewasa ini gas air mata dipakai aparat untuk membubarkan massa yang berpotensi menimbulkan keributan seperti saat terjadi demonstrasi. Jauh sebelum itu, gas air mata pernah dipakai sebagai salah satu kelengkapan persenjataan dalam Perang Dunia I.

      Berita Terkini

      Aniaya Pegawai Koperasi, Perangkat Desa Asal Sidoharjo Wonogiri Ditahan Polisi

      Seorang perangkat desa asal Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri, HDK,36, ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan tindak pidana penganiayaan terhadap seorang pegawai koperasi, Rabu (28/9/2022).

      2.500 Perempuan Berkebaya Bersama Ibu Negara di Solo Pecahkan Rekor Muri

      Parade berkebaya bersama Ibu Negara Iriana Jokowi yang diikuti 2.500 perempuan di Solo, Minggu (2/10/2022), berhasil tercatat di Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri)

      Giliran Fiersa Besari-Rizky Febian Bikin Seru Solo Batik Music Festival

      Sejumlah artis nasional seperti Fiersa Besari dan Rizky Febian giliran menghibur penonton Solo Batik Music Festival di Pamedan Pura Mangkunegaran, Minggu (2/10/2022).

      Pengelola Belum Tahu Kapan Jembatan Sasak Mojolaban-Beton Solo Dibuka Kembali

      Pengelola jembatan sasak Beton, Sewu, Solo, ke Gadingan, Mojolaban, Sukoharjo, belum tahu kapan jembatan dari bambu itu akan dibuka kembali.

      Asal Usul Sebutan Sate Jamu di Solo dan Mitos Daging Anjing Dongkrak Vitalitas

      Dulu sebelum tahun 2007, warung-warung kuliner daging anjing di Kota Solo menggunakan branding sate jamu di tenda-tenda mereka.

      Patung Nyi Roro Kidul Jadi Salah Satu Ikon di Wonogiri

      Patung Nyi Roro Kidul Wonogiri terletak di ruas jalan raya Krisak, Singodutan, Selogiri.

      Belum Banyak Diketahui Orang, Megahnya Air Terjun Jurug Kemukus di Wonogiri

      Wonogiri ternyata tak hanya memiliki banyak pantai yang eksotis dan alami.

      Dibangun sebelum Kemerdekaan RI, Masjid At Taqwa Wonogiri Tetap Kokoh Berdiri

      Masjid Agung At Taqwa terletak di pusat kota, tepatnya berada di Jl. KH Ahmad Dahlan, Sabggrahan, Giripurwo, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

      Pemakaman Dian Nafi' di Sukoharjo: Kapolda Melayat, Presiden Jokowi Kirim Bunga

      Proses pemakaman pimpinan Ponpes Al-Muayyad, Windan, Sukoharjo, KH Dian Nafi', dihadiri sejumlah tokoh penting, sedangkan Presiden Jokowi mengirim karangan bunga.

      Jembatan Sasak Mojolaban-Beton Solo Ditutup, Pengelola Rugi Jutaan Rupiah

      Pengelola jembatan sasak Beton, Sewu, Solo, ke Gadingan, Mojolaban, Sukoharjo, mengalami kerugian jutaan rupiah akibat jembatan itu ditutup, per Sabtu (1/10/2022).

      Tersandung Kasus Korupsi, Pemkab Lucuti Fasilitas Kades Berjo Karanganyar

      Dispermades Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah mengajukan pemberhentian sementara jabatan Kepala Desa (Kades) Berjo, Ngargoyoso, Suyatno, ke Bupati.

      Cerita Kopi Asli Wonogiri, Dulu Disepelekan Petani Kini Jadi Tanaman Unggulan

      Perlahan tapi pasti, kopi asli Wonogiri mendapat pengakuan dari para penikmat kopi.

      Sempat Kucing-kucingan, Polisi Kukut 10 Motor Balap Liar di Jl Lawu Karanganyar

      Polsek Karanganyar di Kabupaten Karanganyar menggagalkan aksi balapan liar di sepanjang Jalan Lawu dari Simpang Lima Bejen sampai Taman Makam Pahlawan pada Minggu (2/10/2022) dini hari.

      Momen Ibu Negara Iriana dan 2.500 Perempuan Berkebaya Banjiri Jalan Utama Solo

      Sekitar 2.500 perempuan berkebaya membanjiri Jl Slamet Riyadi, Solo, dalam parade bersama Ibu Negara Iriana Jokowi, Minggu (2/10/2022) sore.

      Kreasi Pelajar SMKN Jatipuro Karanganyar Ciptakan Batik Ciprat

      Pelajar SMK Negeri Jatipuro di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah membuat kreasi motif batik ciprat.