Kategori: Leisure

Ini 10 Tips Fengsui Bikin Toko Makin Ramai


Solopos.com/Herlambang Jati Kusumo

Solopos.com, JOGJA — Toko ataupun kios bisa ditata sesuai fengsui. Tujuannya adalah untuk menarik energi positif di ruang ritel agar menarik lebih banyak konsumen, meningkatkan penjualan, dan suasana hati positif pun bakal memenuhi mereka yang bekerja di sana.

Sejumlah hal yang bisa dilakukan untuk menarik energi positif tersebut menurut fengsui yang diadaptasi dari tradisi tanah Tiongkok itu, pertama memperhatikan tampilan toko dari luar. Bayangkan diri sebagai konsumen yang sedang melintas di depan toko atau kios.

Apakah tampilan toko, seperti display barang dan papan nama toko terlihat mencolok atau mirip dengan tetangga di kanan-kiri toko? Kemudian, apakah toko cukup menarik untuk dikunjungi?

NASA Jajaki Planet-Planet Layak Dihuni

Tampilan depan toko dianggap sangat penting karena merupakan pintu masuk aliran energi. Aliran fengsui yang kuat bisa diciptakan dari tampilan toko yang mencolok dan jelas. Mulai dari pemilihan font pada papan nama, display barang yang rapi dan segar, sampai pemilihan warna sesuai arah hadap mata angin depan toko.

Kedua, masuk ke dalam toko dan temukan pusat perhatian. Ini adalah salah satu cara memahami ke mana energi mengalir dalam toko. Ke mana perhatian Anda terpusat?  ke arah kanan atau ke kiri? Atau apakah tidak ada yang menarik perhatian meskipun toko sudah di dekorasi dengan banyak aksesori?

Sangat penting untuk menciptakan beberapa aksen sebagai pusat perhatian untuk mengunci energi Chi pada ruangan.

Rumah Sehat Kata Fengsui Bikin Bahagia

Ketiga, hindari pemicu fengsui negatif. Ambil beberapa foto dari pintu masuk toko (bagian dalam dan luar) kemudian perhatikan gambar tersebut.

Cara ini bisa membantu mendapatkan inspirasi dalam menciptakan tampilan segar pada ruangan dan memahami kehadiran benda/elemen yang membawa fengsui negatif. Misalnya, tempat sampah yang tidak ditutup, kabel listrik yang berantakan, dan lain sebagainya.

Hindari beberapa pemicu fengsui negatif, seperti cermin yang menghadap langsung ke pintu masuk, pintu depan dan pintu belakang rumah yang letaknya saling berhadapan langsung, bau tidak sedap pada ruangan.

Siapkan Rumah Hadapi Musim Penghujan!

Keempat, ciptakan beberapa titik perhatian untuk dieksplorasi. Buat kesan lega dan bebas untuk konsumen ketika hendak masuk ke dalam toko.

Hindari terlalu banyak staf di dalam toko yang membuatnya terlihat penuh. Hindari suara gaduh pada ruangan, namun boleh memperdengarkan musik dengan volume suara sedang.

Posisi Meja Kasir

Kelima, letakkan meja kasir di lokasi yang tepat. Menurut aturan fengsui, posisi tepat untuk meletakkan meja kasir biasanya memiliki orientasi diagonal dari pintu masuk.

Asteroid Apophis Dikalkulasi Tabrak Bumi 2068

Keenam, letakkan nama toko di lokasi yang tinggi dan strategis. Jika ingin membangun komunitas konsumen yang loyal, nama toko harus dikenal dengan baik oleh mereka. Tidak hanya di luar ruangan tetapi juga di dalam toko, cantumkan beberapa logo dan nama toko di titik strategis.

Ketujuh, ciptakan energi positif di toko. Umumnya orang membeli karena emosi yang positif, untuk itu perhatikan beberapa hal penting seperti, kualitas udara, pencahayaan yang cukup, musik yang bagus, wewangian ruangan, sampai dengan mengganti tampilan/display barang secara rutin.

Kedelapan, memberi pengalaman eksplorasi belanja. Ruangan ritel yang menarik untuk dikunjungi tidak hanya yang memiliki tema seragam dari pintu masuk hingga pintu keluar. Sebaiknya, beri beberapa aksen yang berbeda di setiap sudut ruangan dengan pemilihan energi yang berbeda. Bisa dari warna, cahaya, wewangian, bentuk, dan lain sebagainya.

Perhatikan, 5 Zodiak Ini Tangguh Bangun Karier!

Kesembilan, menghargai keinginan konsumen. Pengalaman berbelanja yang menyenangkan adalah membiarkan konsumen mencari sendiri benda yang mereka inginkan.

Mulai dari melihat, menyentuh, sampai dengan mencium sebuah barang. Jika mereka tak membutuhkan bantuan, sebaiknya tidak perlu mengikuti dan cukup mengamati dari kejauhan.

Kesepuluh, dekorasi ruangan dengan aksesoris unik. Jangan ragu menghias kios atau ruko dengan furnitur dan aksesoris unik sesuai dengan selera.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Share
Dipublikasikan oleh
Rahmat Wibisono