SOLOPOS.COM - Sejumlah anggota paguyuban mantan kepala desa dan perangkat desa berfoto bersama bakal calon bupati-wakil bupati, Joko"Paloma"Santosa-Wiwaha Aji Santosa (Joswi) saat deklarasi dukungan di Omah Srawung di Desa Gedangan, Kecamatan Grogol, Sukoharjo, Rabu (22/7/2020). (Solopos/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Paguyuban mantan kepala dan perangkat desa se-Sukoharjo mendeklarasikan dukungan kepada pasangan cabup-cawabup Joko "Paloma" Santosa-Wiwaha Aji Santosa atau Joswi pada Pilkada 2020.

Mereka menginginkan perubahan dan program merakyat yang ditawarkan duet Joswi. Acara deklarasi itu dilaksanakan di Omah Srawung di Desa Gedangan, Grogol, Rabu (22/7/2020).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Acara deklarasi itu dihadiri puluhan mantan kepala desa dan perangkat desa dari 12 kecamatan. Pasangan Joswi juga menghadiri acara tersebut hingga rampung.

Kabar Gembira! Beteng Trade Center Solo Boleh Buka Lagi Mulai Kamis 23 Juli

Dalam kesempatan itu, Ketua Paguyuban Mantan Kepala Desa dan Perangkat Desa Sukoharjo, Agus Tri Raharjo, menyampaikan komitmen bulat mendukung Joswi dalam Pilkada Sukoharjo 2020.

Mereka menginginkan perubahan mendasar di berbagai aspek kehidupan dengan menitikberatkan program yang menyasar langsung masyarakat kecil.

“Kami bakal memberikan dukungan sekuat tenaga untuk memenangkan pasangan Joswi dalam pilkada. Harus ada perubahan di Sukoharjo,” kata dia, Rabu.

Dipandang Sebelah Mata di Pilkada Solo 2020, Bajo: Kami Memang Bukan Siapa-Siapa, Tapi...

Mantan Kepala Desa Gedangan ini menyampaikan para mantan kepala desa masih memiliki kekuatan di wilayah masing-masing. Mereka memiliki basis massa yang militan karena kedekatan emosional yang bisa menguntungkan Joswi di Pilkada Sukoharjo 2020.

Hal ini bisa menjadi ujung tombak untuk merebut simpati masyarakat saat pelaksanaan pemungutan suara pada 9 Desember. Paguyuban mantan kepala desa tersebut ikut memperjuangkan pengesahan UU Desa pada 2014.

Anggaran RT

Mereka menyumbang tenaga, waktu dan gagasan agar desa bisa mandiri lewat pengelolaan dana desa. “Dahulu kami bersama-sama memperjuangkan UU Desa untuk mengubah kondisi desa agar semakin maju. Sekarang kami juga memperjuangkan komitmen dengan pasangan Joswi agar Sukoharjo lebih makmur dan sejahtera,” ujar dia.

Paspampres Pengawal Gibran Ditambah Seusai Amankan Rekomendasi Cawali Solo?

Agus tertarik dengan program unggulan pasangan Joswi untuk maju Pilkada Sukoharjo 2020 yakni anggaran Rp30 juta untuk setiap rukun tetangga (RT) per tahun. Esensi anggaran RT tak berbeda jauh dengan dana desa yang berorientasi pada pemberdayaan dan peningkatan ekonomi masyarakat.

Para mantan kepala desa dan perangkat desa bakal saling berkoordinasi untuk memperkuat jaringan sukarelawan pemenangan pasangan Joswi. “Kami menginginkan program merakyat bukan program mercusuar. Program yang ditawarkan pasangan Joswi sejalan dengan keinginan para mantan kepala desa,” papar dia.

Cek Fakta: Klaim Klepon Tidak Islami False Flag & Siapa Abu Ikhwan Aziz?

Sementara itu, bakal cabup yang diusung Partai Gerindra, PAN dan PKS, Joko Paloma, mengapresiasi komitmen para mantan kepala desa dan perangkat desa se-Sukoharjo. Pasangan Joswi mengusung gerakan perubahan untuk mewujudkan Sukoharjo lebih maju di berbagai aspek kehidupan.

Anggota DPRD Sukoharjo ini menyebut mesin politik partai bakal berkolaborasi dengan sukarelawan masyarakat untuk menjalankan strategi pemenangan Joswi di Pilkada Sukoharjo 2020.

Positif Virus Corona Kota Solo Jadi 223 Orang, Satu Guru Ikut Tertular

Koalisi partai telah melakukan konsolidasi untuk menyamakan persepsi dan komitmen dalam pilkada. Joko meyakini masyarakat lebih memilih figur potensial dibanding partai karena kedekatan emosional.

“Saya ingin bergerak bersama masyarakat melakukan cancut taliwondo untuk melaksanakan gerakan perubahan,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya