SOLOPOS.COM - Air putih untuk minuman bisa ditambah dengan bahan alami agar lebih sehat (ilustrasi/Freepik)

Solopos.com, SOLO -- Situasi pandemi membuat pekerja harus bekerja di rumah, hingga terkadang membuat tubuh terasa semakin lelah dan menyebabkan mata kering.

Untuk itu, agar tubuh lebih kuat, tidak ada salahnya menjaga stamina dengan memulai gaya hidup sehat. Jika biasanya, saat jam istirahat kantor Anda meminum kopi ataupun boba, cobalah untuk mulai mengganti minuman dengan campuran bahan-bahan alami pada minuman.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Meskipun, minum air putih secara rutin saja sudah cukup menyehatkan, namun terkadang Anda masih enggan untuk meminumnya. Untuk itu, Anda bisa menambahkan bahan seperti campuran garam, bawang putih, kayu manis, mentimun, dan rosemary yang dipercaya dapat mendetoks bakteri-bakteri dan memberikan kesegaran bagi tubuh.

Berikut bahan-bahan alami yang menyimpan banyak nutrisi bagi tubuh dan bisa dicampur dengan air putih seperti dilansir Liputan6.com dari Brightside dalam belum lama ini.

Mencari Titik Keseimbangan untuk Lawan Covid-19, Jokowi: Disiplin Lakukan 3M!

Air dengan garam tidak beryodium

Penambahan garam pada air putih akan memberikan rasa asin. Hal ini berguna untuk membersihkan usus besar dan mengobati sembelit kronis. Apalagi, jika kalian memberikan takaran garam yang tepat, maka khasiatmya pun akan terasa.

Untuk membuat minuman ini, kalian cukup campurkan 2 sendok teh garam laut non-yodium ke dalam 4 gelas air hangat. Untuk menambah citra rasa, kalian bisa juga menambahkan sedikit perasan air lemon. Kemudian, minumlah dalam kondisi perut kosong

Kandungan sodium dalam minuman tersebut, juga dapat membantu menjaga fungsi saraf, otot, dan tekanan darah serta sangat cocok bagi orang yang mengalami buang air besar tidak teratur.

Air dengan bawang putih

Jika tidak suka makan bawang putih secara langsung, kalian bisa mencampurkannya pada air putih. Kandungan belerang dalam bawang butih berkhasiat menurunkan tekanan darah, memerangi penyakit, serta mendetoksifikasi logam berat pada tubuh.

Kalian hanya membutuhkan 2 siung bawang putih yang diiris maupun dicincang. Jangan langsung menuangkannya pada air, tunggu selama 10 menit terlebih dahulu. Lalu, tuangkan pada 500 ml air dan diamkan selama 2 jam baru bisa diminum.

5 Cara Mengajari Anak Pakai Masker, Mudah Kok!

Air dengan apel dan kayu manis

Bagi kalian yang sedang menurunkan berat badan, kombinasi air dengan apel dan kayu manis bisa menjadi andalan. Pasalnya, kedua bahan ini berperan untuk meningkatkan metabolisme. Di samping itu, kandungan kayu manis bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dan mencegah penyakit diabetes. Perpaduan keduanya juga memberikan kandungan antioksidan yang penting bagi tubuh.

Langkah pertama, yaitu iris 2 buah apel dan meletakkannya ke dalam wadah bersamaan dengan 2 batang kayu manis. Lalu, tempatkan ke dalam kulkas dan diamkan selama 1 jam hingga bahan meresap.

Air es mentimun

Air es mentimun sudah tidak perlu diragukan lagi kesegarannya. Keberadaan mentimun sudah pasti memberikan kenikmatan sendiri pada minuman sehingga kalian tak butuh lagi minuman berkarbonasi dan cukup dengan menggantikannya dengan mentimun yang banyak mengandung antioksidan. Minuman ini juga rendah kalori, yaitu sekitar 34 kalori dari 1 buah mentimun yang besar.

Untuk membuatnya, kalian cukup mengiris mentimun dan membentuknya jadi kubus. Kemudian, bekukan potongan tersebut dalam freezer. Bisa juga kalian menambahkan lemon dan mint untuk memperkaya rasa.

Air dengan lada hitam

Kandungan antioksidan dalam lada hitam mampu mencegah peradangan, penuaan dini, dan menghindari penyakit jantung. Lada hitam juga dipercaya sebagai bahan detoksifikasi bagi tubuh. Selain itu, masih banyak lagi manfaatnya yang dapat dirasakan, seperti menurunkan berat badan, meningkatkan metabolisme gula dan menurunkan kadar kolesterol.

Bahan yang diperlukan adalah setengah sendok makan merica hitam tumbuk, 1 sendok makan jahe parut, 1 sendok makan madu, 1 buah lemon, dan 2 gelas air. Kemudian, campur merica dengan jahe parut dan aduk hingga rata. Lalu, rebus air dan tuangkan dalam gelas dan ambil 1 sdm campuran tersebut ke dalam air. Setelah itu, tambahkan air lemon (optional). Terakhir, tunggu dan minum dalam keadaan hangat.

Air dengan rosemary

Meski bentuknya kecil dan ramping, tetapi bahan ini menyimpan banyak manfaat bagi tubuh seperti, meningkatkan kinerja sistem pencernaan, daya ingat, dan imunitas. Baru-baru ini, rosemary juga dipercaya oleh ilmuwan berguna untuk perlindungan neurologis.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat minuman campuran rosemary adalah irisan lemon dan batang rosemary segar. Setelah kedua bahan ini disiapkan, tuang air ke dalam cangkir dan letakkan rosemary. Diamkan dan dinginkan minuman tersebut selama 2 jam atau bisa seharian. Akhirnya minuman ini siap diminum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya