SOLOPOS.COM - Foto Polisi Pakai Beskap JIBI/Harian Jogja/Gilang Jiwana

Foto Polisi Pakai Beskap
JIBI/Harian Jogja/Gilang Jiwana

GUNUNGKIDUL—Peringatan Hari Kartini dimanfaatkan Satlantas Polres Gunungkidul untuk mensosialisasikan pelayanan yang ramah kepada masyarakat. Beberapa aparat Polres Gunungkidul Senin (22/4) dari berbagai satuan mengenakan pakaian tradisional dalam melayani masyarakat selama sehari penuh.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Di pertigaan Alun-alun Wonosari, satuan polisi lalu lintas yang berjaga pada pagi hari mengenakan beskap lengkap dengan keris sebagai aksesori pelengkap pakaian adat Jawa. Sementara, beberapa polisi wanita mengenakan kebaya dan membagikan brosur sembari menyosialisasikan tertib berlalu lintas kepada pengendara motor yang melintas. Beberapa polisi tampak menyapa pengendara yang belum memenuhi unsur keselamatan berkendara seperti belum mengancingkan helm dan menyalakan lampu depan.

Ekspedisi Mudik 2024

Tak hanya di jalanan, polwan dari perwakilan Polres Gunungkidul juga didapuk menjadi pembina upacara di beberapa sekolah. Tetap dengan berpakaian tradisional, mereka memberikan pembinaan mengenai pentingnya mentaati peraturan selama di jalan raya.

Pemandangan serupa juga tampak di kantor-kantor pelayanan Samsat, SIM dan BPKB. Beberapa petugas kepolisian yang berjaga juga tak mau kalah dengan mengenakan pakaian adat sembari melayani masyarakat yang mengurus surat-surat izin untuk berkendara.

Aditya, salah satu warga yang mengantri di loket pembuatan SIM mengaku dirinya terkesan dengan langkah Polres Gunungkidul yang melakukan aksi simpatik ini. Menurutnya, tindakan Polres Gunungkidul dapat memberikan citra polisi yang humanis pada masyarakat dan menghilangkan kesan garang yang selama ini melekat.

Koordinator Peringatan Hari Kartini Satlantas Polres Gunungkidul Aiptu Wartana mengatakan, pemanfaatan momen Hari Kartini dan menggunakan busana tradisional dilakukan agar sosialisasi mengenai tertib berlalu lintas dapat lebih mudah diterima warga.

“Dengan pakaian tradisional kami lebih mudah menghampiri warga karena tak ada kesan menakutkan,” kata Wartana.

Kapolres Gunungkidul AKBP Ihsan Amin berharap peringatan Hari Kartini ala Satlantas Polres Gunungkidul ini dapat memicu aparat dari satuan lain untuk lebih meningkatakn pengabdian pada masyarakat dan mengedepankan keramahan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya