SOLOPOS.COM - Patung hewan menghiasi depan Kantor Desa Ngabeyan, Kecamatan Karanganom, Klaten, Rabu (26/1/2022). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN—Setahun terakhir, Desa Ngabeyan, Kecamatan Karanganom, Klaten, bersolek. Patung-patung hewan menghiasi beberapa lokasi desa.

Pemandangan tersebut terutama di sepanjang jalan sederet dengan kantor desa. Ada patung kuda, ular, harimau, hingga hewan purba. Ada yang terpajang di taman tepi desa ada pula yang menjadi penghias gapura masuk kampung serta tepi sungai.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Muka kantor desa pun dihiasi patung-patung. Taman di depan kantor desa setempat dihiasi dengan patung-patung hewan yakni jerapah, gajah, dan hewan purba triceratops.

Baca Juga: Tanah Kas Desa Ngabeyan Klaten Terdampak Tol, Warga Ramai-Ramai Tawarkan Sawah Sebagai Pengganti

Kepala Desa Ngabeyan, Supriyadi, mengatakan patung-patung itu dipasang di beberapa lokasi desa sebagai penghias. “Hanya pelengkap saja biar berbeda dengan desa lain. Ini sudah dilengkapi sejak 2021 dan dilakukan secara swadaya oleh warga,” kata dia, Rabu (26/1/2022).

Supriyadi menjelaskan mayoritas patung-patung bikinan warga setempat. Materialnya menggunakan rangka besi yang kemudian ditutup dengan semen. “Total sekarang ada delapan patung. Pembuatnya warga kami namanya Supartiyoso yang memang memiliki keterampilan dalam membuat karya patung,” jelas dia.

Supriyadi mengatakan belum ada rencana menjadikan hiasan di sepanjang jalan desa itu menjadi daya tarik wisata. Hanya, keberadaan patung-patung yang dibikin semirip mungkin dengan bentuk aslinya tersebut kerap mengundang perhatian warga yang melintas. Tak jarang kawasan di sekitar patung itu menjadi tempat bermain anak-anak.

Baca Juga: 1,5 Ha Kas Desa Tergusur Tol, Desa Ngabeyan Malah Dapat Pengganti 4 Ha

Salah satu warga, Arin, 28, mengatakan kerap mengajak anaknya bermain ke kawasan sekitar patung di Desa Ngabeyan. “Karena lokasinya nyaman dan tidak terlalu ramai lalu lintas. Jadi aman buat anak kecil sekalian mengenalkan jenis-jenis hewan ke anak saya,” kata warga Dukuh Babrik, Desa Glagahwangi, Kecamatan Polanharjo itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya