SOLOPOS.COM - Seorang pelanggan menikmati tengklenh kepala kambing utuh di Warung Radja Thengkleng’s yang terletak di Taman Asri, Kroyo, Karangmalang, Sragen, Senin (8/8/2022). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN–Sragen memiliki kuliner unik dan baru diluncurkan dengan nama Warung Radja Thengkleng’s yang terletak di Taman Asri, Kelurahan Kroyo, Karangmalang, Sragen, Senin (8/8/2022).

Warung tersebut menyajikan tengkleng kepala kambing utuh dan empat kaki kambing muda.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Launching warung milik Eko Wijiyono tersebut dihadiri legislator DPRD Jateng dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Sriyanto Saputro dan legislator DPRD Sragen Bambang Widjo Purwanto.

Peluncuran warung tersebut dibuka secara resmi dengan menerbangkan balon udara. Warung ini melengkapi warung-warung unik-unik di Sragen, seperti botok mercon dan seterusnya.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Tengkleng Solo: Dulu Makanan Sampingan, Kini Jadi Menu Berkelas

“Sragen itu bisa dikatakan kota kuliner. Kuliner apa pun laris, mulai soto, tumpang, dan seterusnya. Sebenarnya sudah ada warung tengkleng tetapi belum ada yang spesifik tengkleng kepala kambing. Atas dasar itulah, kami hadir dengan menyajikan kuliner kepala kambing utuh karena di Sragen belum ada,” ujar Eko Wijiyono saat berbincang dengan Solopos.com, Senin siang.

Eko menerangkan kuliner tengkleng kepala kambing ini merupakan porsi besar dengan bumbu cita rasa Sragen dan tidak kalah dengan tengkleng daerah lainnya.

Eko dan istrinya berkomitmen untuk menyisihkan penghasilan warung untuk zakat sebesar 10% ke Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Sedekah Muhammadiyah (Lazismu) Sragen.

“Alhamdulillah semua dimudahkan. Kami menyajikam satu kepala kambing untuh plus empat kakinya. Untuk nasi bisa ambil sepuasnya. Semu itu disajikan untuk empat orang dengan harga terjangkau, Rp150.000,” kata Eko.

Baca Juga: Menguatkan Cerita Kuliner Nusantara dan Potensi Wisata di Baliknya

Eko memberi diskon 50% pada pembukaan warung perdana. Pada hari kedua pembukaan, Eko memasang diskon 25%.

Dia mengatakan untuk pembukaan warung sudah disiapkan 35 kepala kambing. “Selain melayani kepala kanbing utuh, kami juga melayani tengkleng pecahan. Kambing-kambing itu disembelih di tempat khusus di kampung,” jelasnya.

Seorang pelanggan baru dari Mojo Wetan, Sragen Kulon, Joko Susilo, 55, mengaku baru kali ini menikmati tengkleng kepala kambing yang empuk, enak, dan pedasnya mantap. Dia mengatakan rasanua pas. Dia mengatakan tulang kepalanya juga lunak sehingga bisa langsung dibuka cukup dengan menggunakan tangan.

“Dengan diskon 50% ini sangat murah. Apalagi ada empat kakinya yang juga empuk. Ini murah,” katanya.

Baca Juga: Buka SICF 2022, Wawali Bersama Warga Bakar Satai di Benteng Vastenburg

Bambang Widjo Purwanto dan Sriyanto Saputro memberi ucapan selamat kepala Eko Wijoyono yang membuka warung baru.

“Penyajiannya unik. Ini jadi pelengkap warung-warung unik lainnya di Sragen. Ini juga sekaligus menjadi sarana memotivasi keberadaan usaha mikro, kecil, dan menengah [UMKM] Sragen,” kata Sriyanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya