Ingin Punya Wajah Glowing Tak Selalu Butuh Biaya Mahal, Begini Caranya
ilustrasi wajah glowing (freepik)

Solopos.com, SOLO – Banyak wanita yang ingin memiliki wajah cantik, bersih, dan glowing atau bersinar. Mereka rela mengeluarkan budget tak sedikit untuk membeli beragam perawatan wajah atau skincare dari salon-salon kecantikan.

Namun, terkadaang produk skincare mengandung bahan kimia berbahaya. Jika kita sering menggunakan bahan kimia tersebut dalam jangka waktu panjang tentunya akan berdampak bagi kesehatan kulit wajah kita. Ada baiknya jika kita memanfaatkan bahan-bahan alami yang mudah dijumpai di sekitar kita tanpa perlu mengeluarkan biaya besar dan sudah pasti tidak mengandung bahan kimia.

Ingin tahu apa saja bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk membuat wajah kita glowing? Simak beberapa daftar bahan alami untuk membuat wajah glowing seperti, dilansir dari berbagai sumber, Senin (24/2/2020)

1. Kunyit

Kunyit yang biasa digunakan para Ibu untuk memasak, rupanya bisa dimanfaatkan sebagai masker alami untuk wajah kita agar glowing. Kandungan curcumin pada kunyit yang bersifat antioksidan dan anti-inflamasi akan menangkal radikal bebas yang merusak kulit. Selain itu, khasiat yang didapat dengan menggunakan masker kunyit ini adalah meningkatkan produksi kolagen untuk kulit kita.

Cara untuk membuat masker kunyit ini cukuplah mudah, pertama-tama haluskan kunyit menjadi bubuk lalu campur dengan tepung terigu. Tambahkan sedikit air dan aduk hingga berbentuk seperti pasta. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit atau sampai mengering, lalu bilas. Gunakan masker kunyit ini sebanyak 1-2 kali dalam sepekan.

2. Minyak Kelapa

Minyak kelapa ternyata dapat digunakan untuk mengatasi kulit kering dan kusam. Senyawa fenolik yang terdapat dalam minyak kelapa dapat mengunci kelembapan kulit sehingga wajah kita akan menjadi glowing. Untuk mengaplikasikannya, cukup oleskan minyak kelapa pada wajah dan leher. Pijat lembut selama beberapa menit dengan gerakan melingkar. Biarkan minyak menyerap semalaman. Anda dianjurkan untuk memakai minyak kelapa ini setiap malam sebelum tidur.

3. Minyak Zaitun

Selain minyak kelapa, ada pula minyak zaitun yang dapat membuat kulit menjadi glowing secara alami. Kandungan flavonoid dan polifenol yang terdapat dalam minyak zaitun mampu menangkal radikal bebas dan mencegah kerusakan pada kulit.
Coba ambil beberapa tetes minyak zaitun lalu oleskan ke seluruh wajah hingga leher. Pijat dengan gerakan melingkar ke arah atas selama 2-3 menit.

Langkah selanjutnya adalah membersihkan wajah. Ambil handuk kecil lalu celupkan ke dalam air hangat dan letakkan di wajah selama 30-40 detik. Celupkan kembali handuk tersebut secara perlahan-lahan hingga wajah dirasa sudah bersih. Terapkan cara ini setiap malam sebelum Anda tidur.

4. Lidah Buaya

Sudah banyak produk kecantikan khusus wajah dengan bahan dasar lidah buaya. Khasiat yang dimiliki lidah buaya memang tak perlu diragukan lagi. Nutrisi yang terdapat di dalam lidah buaya berguna untuk meremajakan kulit serta membuat kulit Anda lebih glowing secara alami.

Ambillah lendir atau gel yang ada dalam lidah buaya lalu oleskan secara merata pada wajah dan leher Anda. Diamkan selama 20 menit lalu bilaslah dengan air hangat. Untuk hasil yang lebih baik, lakukan cara seperti ini dalam dua kali seminggu.

5. Lemon

Kaya akan vitamin C, lemon mempunyai manfaat untuk membuat wajah menjadi glowing dan bersih. Akan tetapi, bagi Anda yang memiliki tipe kulit wajah yang kering dan sensitif, disarankan untuk tidak menggunakannya sebagai masker wajah secara langsung karena tingginya kandungan asam pada lemon dapat mengakibatkan iritasi pada kulit.

Untuk mengurangi kadar keasaman pada lemon, langkah yang dapat Anda lakukan yakni mencampurkan perasan air lemon dengan gula. Oleskan dan gosok dengan gerakan memutar secara perlahan. Tunggu hingga 10 menit lalu bilas. Gunakanlah campuran lemon dan gula ini dua kali dalam sepekan.

6. Pepaya

Buah memang mengandung banyak manfaat yang baik bagi kesehatan manusia. Pepaya rupanya mampu memberikan manfaat baik bagi kesehatan kulit wajah. Buah pepaya matang mengandung papain, enzim yang berfungsi sebagai eksfoliator alami untuk menghilangkan lapisan sel-sel kulit mati sehingga wajah menjadi glowing.

Bukan hanya itu, kandungan yang ada dalam pepaya juga dapat membersihkan kotoran dan minyak penyebab jerawat di wajah.
Untuk membuat masker pepaya, caranya dengan menghaluskan buah pepaya dan tambahkanlah madu. Madu digunakan sebagai pelembab alami. Campur kedua bahan tersebut hingga menjadi pasta Campuran ini dinilai efektif untuk membuat kulit menjadi glowing dan lebih kencang. Oleskan ke seluruh wajah dan leher. Biarkan selama 20 menit lalu bilas dengan air dingin. Lakukan ini seminggu sekali.

7. Madu

Jika di atas kita sudah mengetahui manfaat dari madu, kini kita bisa menggunakan madu saja sebagai masker tanpa campuran apapun.  Kandungan antimikroba dan higroskopis dalam madu dapat membuat wajah menjadi glowing. Antioksidan pada madu juga berguna untuk melembutkan kulit serta menghilangkan bekas jerawat.

Cara mengaplikasikannya pun sangat mudah, yakni dengan mengoleskan madu secara merata pada kulit. Lalu pijat selama beberapa menit dan biarkan selama lima menit. Selanjutnya, basuh muka dengan air hangat.  Untuk hasil lebih maksimal, oleskan madu pada wajah setiap hari.

8. Mentimun

Mentimun berfungsi menangkal radikal bebas karena kandungan antioksidan. Selain itu, mentimun juga dapat meratakan warna kulit dan membuat wajah menjadi glowing. Caranya dengan memarut mentimun dan mengoleskannya ke wajah. Diamkan hingga mengering lalu bilashlah dengan air dingin. Lakukan ini secara rutin setiap 3-4 hari dalam sepekan.

9. Putih Telur

Sudah menjadi rahasia umum jika putih telur dapat dimanfaatkan menjadi masker wajah secara alami. Putih telur mengandung vitamin A yang baik untuk merawat kecantikan kulit wajah. Masker putih telur dapat mengangkat sel kulit mati di wajah sehingga membuat wajah menjadi glowing alami.

Cara membuat masker putih telur pun cukup mudah yaitu dengan mengocok putih telur hingga mengembang, lalu oleskan pada kulit wajah. Biarkan hingga mongering dan bilas sampai bersih.

10. Yogurt

Siapa yang suka konsumsi yogurt? Eits, jika selama ini Anda hanya mengonsumsinya untuk kesehatan, cobalah untuk mengolah yogurt menjadi masker alami untuk wajah Anda. Yogurt dipercaya mampu menghilangkan kotoran pada wajah. Caranya dengan mencampurkan dua sendok makan yogurt dan satu sendok madu. Lalu oleskan campuran tersebut pada kulit wajah. Tunggu selama kurang lebih selama 20 menit. Kemudian bilas wajah sampai bersih dengan air dingin. Untuk hasil yang maksimal, dianjurkan untuk menggunakan masker ini secara rutin.

Dengan beberapa bahan alami di atas, kini Anda tak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk melakukan perawatan di luar atau membeli produk skincare dengan bahan kimia yang berbahaya. Selamat mencoba! (Bunga Oktavia)


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho