SOLOPOS.COM - JIBI/HARIAN JOGJA/DESI SURYANTO TRADISI PADUSAN--Anak-anak warga Kwarasan Wetan melaksanakan tradisi Padusan (mandi sebelum menunaikan ibadah puasa) di aliran Kali Oya Dusun Kwarasan Wetan, Kedung Keris, Nglipar, Gunungkidul, Minggu (31/7). Sebagian besar warga Gunungkidul tetap mengandalkan aliran air sungai dan telaga dan bak tadah hujan sebagai sumber air untuk keperluan sehari-hari, tak terkecuali dalam melaksanakan tradisi padusan.

Harianjogja.com, SLEMAN-Tradisi padusan atau mandi menjelang ramadan masih kental dilakukan masyarakat Jogja. Memfasilitasi kebutuhan tersebut, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sleman menawarkan empat lokasi alternatif padusan.

“Padusan itu tradisi mandi di sebuah telaga, sumber mata air, atau sungai untuk membersihkan diri lahir batin sebagai persiapan menjalankan ibadah puasa bagi umat Islam,” kata Kepala Seksi Dokumentasi dan Informasi Disbudpar Sleman, Wasita, Selasa (24//2014)

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Adapun empat alternatif lokasi padusan di Sleman yang ditawarkan seperti Umbul Pajangan di Wedomartani Ngemplak, Sendang Klangkapan di Margoluwih Seyegan, Sendang Ngepas Lor di Donoharjo Ngaglik, dan Umbul Temanten di Umbulharjo Cangkringan.

Diungkapkan Wasita, keempat lokasi itu sangat diminati warga untuk tradisi padusan pada tahun-tahun sebelumnya. Dia meneruskan tidak hanya masyarakat Sleman saja, pengunjung juga berasal dari kabupaten/kota lain di DIY, Magelang, Klaten, Purworejo, dan lainnya.

“Tahun ini diharapkan tradisi padusan di sana lebih ramai dari tahun sebelumnya,” harap Wasita

Selain dapat dimanfaatkan sebagai tempat padusan, lokasi tersebut juga cocok untuk tempat wisata. Atas alasan tersebut, Disbudpar Kabupaten Sleman mengimbau pengelola lokasi padusan melakukan persiapan maksimal. Mereka diminta mengantisipasi terjadinya lonjakan pengunjung, kebersihan, kerapian, keamanan serta penyediaan jasa kuliner bagi para pengunjung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya