Kategori: Bisnis

Ingin Nuansa Kamar Jadi Tenang, Ini Kuncinya


Solopos.com/Nana Krisdianti

Solopos.com, SOLO -- Kamar merupakan tempat kita menghabiskan banyak waktu, bahkan hingga sepertiga waktu hidup kita habiskan di kamar. Sebagai ruang paling privat, kamar dapat didesain lebih istimewa dibandingkan dengan ruangan lainnya.

Kamar juga merupakan tempat melepas penat setelah seharian bekerja. Jangan biarkan kamarmu malah membuatmu menjadi semakin stres. Kamar yang tenang, jauh dari hiruk pikuk kehidupan luar adalah impian dari banyak orang. Sayangnya belum banyak orang yang berpindah dari konsep kamar biasa dengan dinding yang polos dan aksesori ala kadarnya. Seperti dikutip dari Rumah.Com, berikut adalah kunci untuk membuat kamar anda menjadi lebih tenang dan nyaman.

Akibat Pandemi, Pengembang Mendesain Ulang Properti

Bawa nuansa alam masuk ke kamar

Kamu bisa memilih beberapa nuansa untuk dibawa masuk ke kamarmu untuk mewujudkan nuansa kamar menjadi lebih tenang. Seperti nuansa pegunungan, hutan, pantai, kebun maupun berbagai nuansa lain. Tentukan pilihan tersebut dengan membayangkannya, pilih, kemudian mulai mendetail dari bayangan yang kamu buat.

Perhatikan mulai dari warna dan tekstur, juga material atau bahan yang diinginkan. Kemudian sampaikan kepada desain ahli atau desainer interior agar apa yang kamu bayangkan dapat tertuang secara nyata menjadi kamar tidur impianmu.

Letakkan lemari juru selamat

Fungsi dari lemari ini yakni sebagai juru selamat jika kamu mempunyai sifat moody atau mood yang selalu berubah-ubah. Kamu bisa meletakkan beberapa benda yang yang dapat membangkitkan mood-mu baik di dalam atau di atasnya. Benda-benda tersebut dapat berupa foto, lukisan, aksesori, maupun barang pribadi lainnya yang mempunyai cerita atau berkesan pada hidupmu.

Dengan adanya lemari yang berisi benda-benda tersebut di kamar, dapat menjadikan mood yang sebelumnya tidak baik, akan berubah menjadi seperti sedia kala.

Ingin Hemat Air Di Rumah, Begini Caranya

Mulai lihat referensi dan tentukan spektrum warna

Setelah mendesain kamar, langkah selanjutnya adalah menentukan spektrum warna yang kamu inginkan. Tentunya harus sesuai dengan desain kamar sebelumnya. Buatlah kombinasi warna  yang saling berkesinambungan.

Kamu dapat memilih beberapa kombinasi warna yang mempunyai kekuatan untuk menjadikan nuansa kamar lebih tenang, seperti warna abu-abu, krem, biru, dan lainnya. Padukan warna-warnanya, misal kamu dapat memadukan warna netral dengan hijau. Dengan memadukan dua warna atau lebih, hal ini dapat membuat kamar menjadi cerminan dari diri kamu.

Pilih beberapa pola atau unsur yang dibawa masuk ke kamar

Di sini air, tanah, batu diinterpresentasikan sebagai sebuah pola yang akan kamu pilih dan dibawa masuk ke kamar untuk mewujudkan konsep menenangkan. Sebaiknya gunakan pola alam atau tanaman, dan menghindari pola geometris yang biasanya digunakan.

Setelah warna dan pola kamar selesai kamu imajinasikan, tuangkan, dan biarkan desainer interior membantumu dalam perwujudan kamar impian. Salah satunya dengan pemilihan properti yang relevan. Relevansi tersebut dapat berupa pemilihan warna dari bantal guling, maupun sprei yang sesuai untuk mendapatkan kombinasi terbaik sesuai imajinasimu.

Share
Dipublikasikan oleh
Ivan Indrakesuma