SOLOPOS.COM - Ilustrasi rumah subsidi (Kementerian PUPR)

Solopos.com, SOLO–Bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang ingin memiliki rumah sendiri, saat ini ada beragam fasilitas yang bisa dicoba untuk dimanfaatkan. Ada dana murah jangka panjang dari BP Tapera, ada fasilitas layanan tambahan dari BP Jamsostek.

Baca Juga: Wow, Kementerian PUPR Punya Paket Lengkap Agar MBR Punya Rumah

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Diputi Direktur Wilayah Jateng dan DIY BP Jamsostek, Cahyaning Indriasari, mengatakan saat ini BP Jamsostek juga turut mendukung pemerintah dalam membantu MBR mendapatkan rumah. Untuk tujuan itu, BP Jamsostek memberikan layanan tambahan berupa fasilitas pembiayaan perumahan.

Dia mengatakan fasilitas tersebut diberikan melalui bank penyalur yang sudah bekerja sama dengan BP Jamsostek. Bank penyalur merupakan bank yang bergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara atau Himbara dan Asosiasi Bank Pembangunan Daerah atau Asbanda.

Ekspedisi Mudik 2024
Deputi Komisioner Bidang Pengerahan Dana Tapera BP Tapera, Eko Ariantoro.

“Manfaat layanan tambahan itu berupa pinjaman uang muka perumahan besarnya Rp150 juta yang bisa diangsur sampai 15 tahun, ada KPR yang bisa dibantu sampai Rp500 juta dan bisa diangsur hingga 30 tahun. Ada pinjaman renovasi perumahan yang besarnya Rp200 juta dan bisa diangsur sampai 15 tahun. Suku bunga juga lebih rendah dibandingkan tidak menjadi peserta BP Jamsostek,” kata dia dalam acara Solopos Talkshow Virtual dengan tema Kolaborasi Penyediaan Rumah Layak Huni Bagi Masyarakat, yang disiarkan di YouTube Espos Live, Rabu (30/3/2022).

Baca Juga: Harga Tanah Tinggi, Pemenuhan Rumah Subsidi di Jogja Terkendala

Untuk mendapatkan fasilitas itu, menurut Cahyaning tidaklah sulit. Program pembiayaan itu bisa diberikan kepada pekerja peserta BP Jamsostek yang mengikuti program jaminan hari tua. “Itu saja syaratnya. Mereka minimal sudah setahun menjadi peserta jaminan hari tua. Dari sisi perusahaannya, ada syarat juga, yakni perusahaan harus tertib administrasi, iurannya tertib,” jelas dia.

Untuk mengakses program tersebut nantinya peserta bisa datang ke bank penyalur. Selanjutnya dari pihak bank akan melakukan verifikasi dan konfirmasi ke BP Jamsostek terkait kepesertaannya. Jika semua terpenuhi, kredit akan terealisasi. “Kemudian sejak adanya permen 17/2021, jika sekema lama hanya untuk rumah baru, sekarang over kredit boleh. Kemudian satu peserta bisa mendapatkan layanan gabungan, bisa dapat uang muka dan KPR,” lanjut dia.

Baca Juga: Pandemi, Permintaan Rumah Subsidi Soloraya Diklaim Naik 2 Kali Lipat

Sesuai data yang ada, realisasi manfaat layanan tambahan secara nasional hingga Maret 2022 sudah mencapai 2.926 peserta yang memanfaatkan. Itu terdiri dari 2.631 peserta yang mengajukan KPR, 292 orang yang pengajuan renovasi perumahan, dan tiga peserta pengajuan uang muka.


Deputi Direktur Wilayah Jateng dan DIY BP Jamsostek, Cahyaning Indriasari.

Pada acara yang sama, Deputi Komisioner Bidang Pengerahan Dana Tapera BP Tapera, Eko Ariantoro, juga menyampaikan layanan pembiayaan rumah juga tersedia di BP Tapera.

Dia menyebutkan dari sisi operasional, sesuai mandat di UU No. 4/2016 dan PP No 25/2020, BP Tapera adalah sebuah badan hukum yang menghimpun dana dan kemudian menyediakan dana murah jangka panjang kepada MBR. “Jadi kami himpun secara kepesertaan dan sebagian dari peserta tersebut, yang MBR yang kemudian menerima manfaat [pembiayaan],” kata dia.

Dalam menyelenggarakan dana murah tersebut menurtnya tidak bisa sendiri, harus kolaborasi dengan lembaga lain.

Dia mengatakan per Desember 2021, BP Tapera sudah ditunjuk sebagai operator investasi pemerintah. Untuk menjalankan program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) yang dulu dikelola oleh Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP).
“Disitu model bisnis kami bertambah tidak hanya dana berbasis kepesertaan tapi juga berbasis APBN atau investasi pemerintah,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya