SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SUKOHARJO-Tak banyak yang tahu jika es teler merupakan minuman asli Sukoharjo. Rasa manis dan segar buah-buahan membuat konsumen bakal kembali ingin mencicipi kuliner ini. Penemu es teler di Indonesia adalah Tukiman Darmowijono, warga Desa Juron, Kecamatan Nguter.

Tukiman merupakan pemilik Es Teler Sari Mulia Asli yang dirintis di Jakarta pada 1967. Sebelum berjualan es teler, Tukiman menjadi pedagang asongan dengan berjualan rokok keliling di sekitar Menteng, Jakarta Pusat.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Saat itu, belum ada pedagang lain yang berjualan es teler di Indonesia. Mereka lantas membuka warung es teler yang diberi nama Sari Mulia Asli. Pasutri ini sempat merasakan pasang surut bisnis pada era 1970-an. Namun, berkat kegigihan dan keuletan mereka, bisnis kuliner itu mampu tumbuh pesat.

Di Sukoharjo, warung Es Teler Sari Mulia Asli terdapat di Jl. Veteran No. 30 tepatnya di depan SMPN 2 Sukoharjo. Warung es teler itu berdiri sejak 2010 lalu. “Saya generasi ketiga Es Teler Sari Mulia Asli di Sukoharjo. Hanya satu warung es teler di Sukoharjo. Namun, saya ingin membuka cabang di Samarinda, Kalimantan Timur,” kata pengelola warung Es Teler Sari Mulia Asli, Sutriyono Darmawan Putro, saat berbincang dengan Solopos, Selasa (21/5/2019).

Satu porsi es teler dibanderol dengan harga Rp8.000. Konsumen bisa memesan menu makanan lainnya seperti siomay dan ayam goreng. Warung Es Teler Sari Mulia Asli buka mulai pukul 09.00 WIB-20.00 WIB.

Saat Bulan Puasa, warung itu dipenuhi pengunjung menjelang buka puasa dan malam hari. “Bisa dihitung jari, jumlah pengunjung pada siang hari. Pada hari biasa, rata-rata es teler yang dijual sebanyak 70 [porsi] per hari. Sementara pada Bulan Puasa meningkat dua kali lipat mencapai 150 porsi per hari,” ujar dia.

Mayoritas pencinta es teler merupakan kalangan orang dewasa. Mereka kerap mampir ke warung untuk menikmati segarnya es teler sembari bercengkerama dengan anggota keluarga atau teman kerja.

Sementara itu, seorang pengunjung warung Es Teler Sari Mulia Asli asal Desa Kepuh, Kecamatan Nguter, Desy Arisandi, mengatakan rasa es teler Sari Mulia Asli berbeda dibanding es teler lainnya. Rasa manis sirup yang bercampur dengan buah-buahan sangat memanjakan lidah. Es teler ini terdiri atas kelapa muda, nangka, dan alpukat yang dicampur dengan sirup.

Desy mengaku kerap minum es teler bersama adiknya atau teman-temannya. “Mungkin buahnya tak beda jauh dengan es teler lainnya. Ada alpukat dan kelapa muda. Namun, rasa manisnya yang menjadi pembeda es teler Sari Mulia,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya