SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok)

Solopos.com, SOLO–Melakukan perjalanan yang cukup jauh menggunakan motor pada siang hari selalu membuat gerah para pengendaranya. Sinar matahari yang menyengat kadang mengganggu para pengendaranya. Ada beberapa persiapan yang harus dilakukan untuk melakukan perjalanan darat pada siang hari.

Anggota Motor Custom Sukoharjo, Sigit, mengatakan salah satu perlengkapan yang perlu dibawa saat perjalanan yakni membawa air minum yang lebih banyak dari biasanya, sebab selama perjalanan pada siang hari itu, cairan dalam tubuh akan lebih banyak keluar dari biasanya. Air minum tersebut dibawa dan diminum untuk menghindari pengendara mengalami dehidrasi yang tinggi.

Promosi Banjir Kiper Asing Liga 1 Menjepit Potensi Lokal

Sebisa mungkin, kata dia, pengendara juga menggunakan jaket yang ada ventilatornya. “Memakai jaket yang tebal pada siang hari sebenarnya tidak masalah, asal jaket yang dipakai itu ada ventilasi untuk mengeluarkan udara dari tubuh. Kalau jaket tidak ada ventilasi biasanya tubuh akan terasa panas dan gerah,” papar Sigit saat ditemui solopos.com, Selasa (8/10/2013).

Ekspedisi Mudik 2024

Selama perjalanan siang, ungkapnya, kalau bisa pengendara mengenakan kaus yang mudah menyerap keringat, sebab ketika siang hari pasti akan mengeluarkan keringat yang banyak. Bila menggunakan baju hem, keringat yang keluar dari tubuh tidak bisa diserap.

Selain jaket, helm yang dipakai juga perlu ada ventilasi. Helm yang tidak ada ventilasinya membuat pengendara akan lekas pusing karena kepala diungkep oleh helm yang panas karena tak ada lubang udaranya.

Ketika melakukan perjalanan pada siang hari, kata dia, sebisa mungkin pengendara juga mengenakan kaca mata hitam. Kaca mata jenis itu bisa mengurangi masuknya sinar matahari sehingga tidak menyilaukan pengendaranya. Bila pengendara silau, biasanya akan terasa lebih cepat mengantuk.

“Helm zaman sekarang juga sudah cukup bagus untuk dipakai, sebab dilengkapi dengan dobel kaca, yakni kaca bening dan gelap,” paparnya.

Sigit juga menyarankan agar pengendara motor mengenakan sarung tangan yang bisa full menutup tangan. Pasalnya ketika melakukan perjalanan siang, telapak tangan sering mengeluarkan keringat yang bisa mengakibatkan slip ketika ngegas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya