Ingin Lihat Ratusan Piring Unik, Rumah Piring Wonogiri Tempatnya

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, WONOGIRI — Di Dusun Sendang, Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, tepatnya sebelah selatan tempat Wisata Keramik Wonogiri dan masih berada di kawasan wisata  Sendang Asri Waduk Gajah Mungkur terdapat rumah yang menyimpan lebih dari 500 piring.

Tempat ini dinamai Rumah Piring karena ratusan piring terdapat pada seluruh bagian rumah hingga luar rumah. Pengelola Rumah Piring, Ernawa Sari, saat ditemui Solopos.com di rumah tersebut, Senin (14/5/2018), mengatakan Rumah Piring buka pada pukul 08.00 WIB hingga 19.00 WIB.

Cukup banyak pengunjung yang datang untuk berfoto dengan latar belakang ratusan piring dengan lukisan seperti burung, gajah, bunga hingga ikan yang ditata dengan rapi. Berawal dari beberapa orang yang berfoto dan membagikannya pada sosial media pada tiga tahun lalu hingga saat ini pengunjung rumah piring semakin banyak.

“Sebenarnya piring-piring ini merupakan over produksi dari bisnis keramik dan genting, maka tempat ini [Rumah Piring Wonogiri] yang sebelumnya adalah gudang kami manfaatkan untuk masyarakat,” ujar Erna.

Wanita kelahiran Majalengka, Jawa Barat, tersebut mengatakan seluruh piring diproduksi di Jawa Barat dengan diameter rata-rata 30 sentimeter. Ia mengaku tidak membuka tarif khusus untuk pengunjung Rumah Piring melainkan hanya memberikan sumbangan secara sukarela untuk biaya pemeliharaan piring-piring tersebut.

Dalam sebulan, 100-150 orang mengunjungi Rumah Piring Wonogiri  tersebut untuk berswafoto. Namun, jumlah ini dapat melonjak ketika terdapat momen-momen tertentu seperti Lebaran dan liburan sekolah. Ernawa Sari berniat mengembangkan Rumah Piring sebagi ikon Kabupaten Wonogiri karena Rumah Piring dirasa cukup unik.




Berita Terkait

Berita Terkini

Timnas U-23 vs Nepal: Uji Coba Terakhir Sebelum Kualifikasi Piala AFC

Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Nepal dalam laga uji coba sebagai persiapan di ajang Kualifikasi Piala AFC U-23, Jumat (22/10/202).

Maling Ponsel Wartawan Saat Siaran Langsung, Pencuri Ini Malah Dipuji

Seorang pencuri ponsel milik wartawan yang tengah melakukan siaran langsung malah mendapat pujian dari netizen atas aksinya.

Boulevard 10, Hunian Terbaru Andalan Tirtamaya Residence

Tirtamaya Residences mengeluarkan tipe Boulevard 10 sebagai line up hunian terbaru yang siap ditempati.

Serangan Siber Berpola Kecil Meningkat 233% pada 2021

Serangan DDoS kecil-kecilan (penolakan layanan terdistribusi) melonjak sebesar 233% pada paruh pertama 2021

Naik Lagi Nih! Simak Harga Emas Pegadaian, Jumat 22 Oktober 2021 

Harga emas hari ini di Pegadaian, Jumat (22/10/2021) untuk logam mulia Antam ukuran 2 gram mencapai Rp1.853.000.

Daftar 106 Pinjol Resmi Terdaftar OJK 2021, Jangan Sampai Salah Pilih!

Ini dia 106 daftar pinjaman online atau pinjol resmi yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan alias OJK pada 6 Oktober 2021.

Gerombokan Kera Liar Masuki Permukiman Warga Kebakkramat Karanganyar

Gerombolan kera liar memasuki rumah-rumah warga Dukuh Manggal, Desa Banjarharjo, Kecamatan Kebakkramat, Kabupaten Karanganyar, untuk mendapatkan makanan.

Banjir Hukuman dari PSSI, PSG Pati Minta Pemain Bisa Kontrol Emosi

Sejumlah pemain PSG Pati mendapat hukuman dari Komisi Disiplin (Komdis) PSSI karena aksi tak terpuji di lapangan.

Jorok! 25 Ton Sampah Dibuang Sembarangan di Sukoharjo Tiap Hari

Sebanyak 25 ton sampah ditengarai dibuang sembarangan setiap harinya di wilayah Sukoharjo. DLH setempat memetakan ada 10-an tempat buang sampah liar.

Hasil Pertandingan Liga Europa: West Ham Pesta Gol!

Pertandingan ketiga fase penyisihan grup Liga Europa musim ini telah selesai digelar pada Jumat (22/10/2021) dini hari WIB.

Banting Setir, Atlet Bulutangkis Ini jadi Pengusaha Warung Gongso Solo

Warung Gongso merupakan usaha yang ide Dhaka Yudha Sakti datang dari kegemaran keluarga terhadap resep menu makanan yang dimasak dengan cara digongso.

Siapa Lele PUBG Gamers, Wanita Cantik Terlibat Video Mesum 13 Detik?

Viral wanita cantik terseret dalam kasus video mesum 13 detik, siapa sebenarnya Lele, gamers online PUBG?

Serunya Beli Jajan Pakai Balok di Pasar Sawahan, Yuk Coba

Berbelanja di Pasar Sawahan Ungaran tidak menggunakan uang, tetapi balok kecil. Seru banget hlo.

Peringati Hari Pangan, FP UNS Bahas Eksistensi Petani Milenial

FP UNS ingin menumbuhkembangkan eksistensi petani milenial dengan menggelar berbagai pelatihan dan inovasi teknologi digital berkonsep smart farming.

Krisis Energi Melanda Dunia, Ini Pengaruhnya untuk Indonesia

Tingginya permintaan energi seiring dengan pemulihan ekonomi tapi tak dibarengi dengan ketersediaan pasokan memadai, membuat harga gas alam dan batu bara melonjak.

Dipesan Tamu World Superbike, Hotel di Mataram Hampir Fully Booked

sejumlah hotel di Mataram sudah menerima reservasi atau pesanan kamar dari tamu kegiatan World Superbike (WSBK) yang akan digelar di Sirkuit Mandalika, 19-21 November 2021.