SOLOPOS.COM - Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) digelar di Universitas Negeri Jakarta. (Detik.com)

Solopos.com, JAKARTA -- Pengumuman SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) 2020 dilaksanakan Jumat 14 Agustus 2020.

Mereka yang telah mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dapat mengakses pengumuman SBMPTN 2020 tersebut. Yakni melalui situs web resmi https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id.

Promosi Keren! BRI Jadi Satu-Satunya Merek Indonesia di Daftar Brand Finance Global 500

Seperti yang diumumkan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), akses masuk dalam pengumuman SBMPTN 2020 tersebut dibuka tepat pukul 15.00 WIB. Pengumuman ini dimajukan enam hari dari jadwal sebelumnya pada 20 Agustus 2020.

Menurut Humas LTMPT Anwar Effendy, langkah ini untuk mengakomodasi permintaan sejumlah PTN yang membuka jalur seleksi mandiri. Pasalnya seleksi mandiri harus segera digelar setelah pengumuman SBMPTN 2020.

Ekspedisi Mudik 2024

"Agar masih ada waktu yang cukup untuk proses seleksi mandiri di masing-masing PTN," kata Anwar, Senin (10/8/2020) lalu.

Syarat Sekolah Saat Pandemi Covid-19: Pakai Masker, Sarapan, Dilarang Pinjam Alat Tulis

Berikut panduan melihat pengumuman dengan login https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id dilansir dari Detik.com, Kamis (13/8/2020).

1. Jangan lupa nomor pendaftaran SBMPTN 2020

Paling awal siapkan nomor Pendaftaran atau NISN (Nomor Induk Siswa Nasional). Nomor yang berjumlah 10 digit ini diperlukan untuk masuk melihat pengumuman SBMPTN. Prosesnya setelah akses ke laman https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id berhasil.Nomor yang sudah disiapkan ini lalu diisikan pada kolom yang telah ditentukan.

2. Masukkan tanggal lahir

Selain nomor pendaftaran, tanggal lahir kamu merupakan kunci untuk login dalam pengumuman SBMPTN 2020. Masukkan tanggal lahir sesuai petunjuk pada kolom yang disediakan.

Keren! 4 Siswa SD Klaten Bikin Robot yang Bisa Ikut Upacara Bendera

3. Klik 'Lihat Hasil'.

Tunggu sampai halaman berhasil memuat pengumuman SBMPTN untuk melihat hasilnya. Jangan lupa siapkan juga koneksi internet yang lancar.

Pengumuman SBMPTN
Akun LTMPT ( Dok. LTMPT)

Link Mirror

Jangan panik kalau ternyata https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id berat atau susah untuk diakses. Para peserta dapat melihat pengumuman melalui link mirror berikut:

Sip! Ribuan Mahasiswa Undip Semarang Dapat Keringanan Biaya Kuliah

- https://sbmptn.unsyiah.ac.id/

- https://sbmptn.unand.ac.id/

- https://sbmptn.unsri.ac.id/

- https://sbmptn.ui.ac.id/

- https://sbmptn.ipb.ac.id/

- https://sbmptn.itb.ac.id/

- https://sbmptn.undip.ac.id/

- https://sbmptn.ugm.ac.id/



- https://sbmptn.unair.ac.id/

- https://sbmptn.its.ac.id/

- https://sbmptn.untan.ac.id/

- https://sbmptn.unhas.ac.id/

Bagi peserta yang dinyatakan lulus ada kewajiban untuk registrasi ke masing-masing PTN yang sudah dipilih. Sertifikat hasil nilai UTBK dapat diunduh atau download pada Sabtu, 15 Agustus 2020, pukul 15.00 WIB. Atau sehari setelah pengumuman SBMPTN 2020.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya