Ingin Laptop Terbaik Awet? Begini Caranya

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Laptop kini telah menjadi salah satu alat penting bagi kehidupan manusia di zaman modern. Oleh sebab itu, tak heran jika saat ini banyak orang yang ingin memiliki laptop terbaik.

Sayangnya, beberapa orang kerap mengeluhkan kondisi laptop yang cepat rusak, sehingga memaksa mereka untuk mengganti laptop.

Sebenarnya, banyak hal yang menyebabkan laptop cepat rusak. Salah satu penyebabnya tak lain adalah perawatan yang tidak benar. Mengapa demikian?Ternyata dari banyak orang yang memiliki laptop, hanya segelintir saja yang mengetahui dan menerapkan cara perawatan yang tepat.

Oleh sebab itu, dikutip Solopos.com dari laman Pc World, Senin (5/12/2016), . Ingin laptop terbaik Anda awet? Berikut beberapa langkah tepat merawat laptop agar tidak cepat rusak:

Jaga kebersihan laptop

Tak hanya membuat kotor, debu yang menempel pada laptop ternyata lama kelamaan dapat menimbulkan kerusakan yang fatal. Pasalnya, debu tersebut akan menumpuk dan menyumbat beberapa bagian inti yang membuat laptop cepat rusak.

Oleh sebab itu, bersihkan seluruh bagian laptop, terutama bagian keyboard dan layar dari debu setiap hari. Tak perlu repot menggunakan lap, membersihkan debu yang menempel pada laptop bisa dilakukan menggunakan kuas atau tisu yang lembut.

Jaga kondisi baterai

Baterai merupakan komponen yang paling sering bermasalah pada laptop. Hal itu disebabkan oleh cara penggunaan laptop yang tidak benar. Ada beberapa pendapat yang menyebut jika penggunaan laptop saat di-charge dapat menyebabkan baterai melembung. Oleh sebab itu, beberapa orang kerap mencopot baterai laptop saat dipakai.

Padahal, tindakan itu justru berisiko menyebabkan komponen laptop cepat rusak. Selain itu, hindari pemakaian laptop di kasur. Pasalnya, saat dinyalakan, laptop mengeluarkan udara panas yang akan diserap oleh permukaan kasur yang empuk. Hal itu tentu menyebabkan suhu panas laptop meningkat yang membuatnya lebih cepat rusak. Sebaiknya berikanlah alas dari kayu atau benda lain yang datar dan keras saat hendak memakai laptop di kasur.

Jauhkan laptop dari benda cair

Beberapa barang elektronik, termasuk laptop akan lebih cepat rusak ketika terkena air. Oleh sebab itu, jauhkanlah laptop dari benda cair, dan jangan memegang laptop saat tangan dalam kondisi basah. Namun, jika laptop telah terlanjur terciprat air, maka segera matikan laptop, dan lepas baterainya. Setelah itu, angin-anginkan laptop sampai mengering.

Jangan meletakkan benda lain di atas laptop

Jangan pernah meletakkan benda yang berat di atas laptop. Sebab, meletakkan benda yang berat di atas laptop yang sedang tidak dipakai berisiko merusak layarnya. Kerusakan tersebut ditandai dengan munculnya garis-garis pada layar laptop saat dinyalakan.

Simpan laptop dalam tas khusus

Tas laptop menjadi hal sangat penting untuk menjaga laptop Anda. Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan laptop adalah cara membawa dan menyimpannya.

Bisa jadi laptop mengalami gangguan atau rusak hanya karena cara penyimpanan yang salah. Kebanyakan orang kerap membawa laptop dalam tas yang berisi berbagai benda lain. Padahal, kebiasaan itu bisa memengaruhi usia laptop.

Sebab, laptop sebenarnya tidak boleh terhimpit oleh benda-benda keras. Hal itu bertujuan untuk mengurangi risiko rusaknya hardisk karena laptop terjepit, atau bergesekan dengan benda lain.

Nah, sebaiknya simpan gadget tersebut dalam tas laptop kualitas terbaik yang dilengkapi busa tebal sebagai penahan goncangan. Tas laptop tersebut banyak dijual di situs jual beli online, salah satunya Tokopedia.

Tak hanya menawarkan tas laptop, di Tokopedia ada banyak penawaran laptop terbaik dengan harga kompetitif. Jadi tunggu apalagi, jual beli online aman dan nyaman hanya e-commerce terbesar di Indonesia Tokopedia. 

 

Berita Terkait

Espos Premium

Mau Donor Darah Saat Pandemi? Aman Kok!

Mau Donor Darah Saat Pandemi? Aman Kok!

Sebelum pandemi stok darah yang dimiliki PMI cukup untuk kebutuhan empat hari, pada masa pandemi berkurang menjadi hanya dua hari. Selain khawatir tertular Covid-19, masyarakat pun sulit mengakses fasilitas donor darah akibat pembatasan mobilitas.

Berita Terkini

Warga Blora Senang Diajari Buat POC dan Pestisida Nabati oleh KKN UNS Tim 28

Mahasiswa KKN UNS Tim 28 mengajarkan pembuatan pembuatan pupuk organic cair (POC) dan pestisida nabati di Dukuh Beran, Randublatung, Blora.

Kembali Dilonggarkan, Hajatan di Solo Boleh Undang 50 Orang

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo kembali melonggarkan aturan selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 pada pekan ini.

Operasi Patuh Semeru Digelar di Madiun, Ini Targetnya

Polres Madiun menggelar Operasi Patuh Semeru 2021 selama dua pekan, mulai Senin (20/9/2021) dengan fokus razia protokol kesehatan.

Panas Lur...! BMKG Ingatkan Suhu Udara Jateng Bisa Capai 37 Derajat Celsius sampai Oktober

BMKG Jateng mengingatkan akan adanya peningkatan suhu udara, bahkan bisa mencapai 37 derajat Celcius hingga Oktober mendatang.

Penting Dilakukan, Bagaimana Cara Mendapatkan Mentor Bisnis bagi Pelaku UMKM?

Mempunyai peran yang begitu besar dalam suksesnya usaha, bagaimana sih cara mendapatkan mentor bisnis yang tepat bagi pelaku UMKM?

Penutupan Dam Colo Sukoharjo Mundur 10 Hari, Ini Penyebabnya

Penutupan aliran saluran irigasi Dam Colo, Nguter, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah mundur 10 hari dari jadwal sebelumnya akan ditutup pada 1 Oktober 2021.

Hiii... Aura Wingit Pembantaian PKI di Cincim Jembatan Bacem Sukoharjo Masih Terasa

Warga sekitar Jembatan Bacem di Sungai Bengawan Solo, Telukan, Sukoharjo, masih merasakan aura wingit dari tragedi pembantaian PKI 1965 lalu.

Alhamdulillah...Tak Ada Lagi PPKM Level 4 di Jawa dan Bali

Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan akan dilakukan uji coba pembukaan mal atau pusat perbelanjaan bagi anak usia di bawah 12 tahun.

Pemkot-Keraton Solo Buka Sentra Vaksinasi Covid-19 Sasar Abdi Dalem, Pelajar, dan Umum

Pemkot bekerja sama dengan Keraton Solo membuka sentra vaksinasi Covid-19 dengan sasaran kalangan abdi dalem, pelajar, dan umum.

Antusias Warga Mengikuti Vaksin Covid-19 di Pagelaran Keraton Solo

Menyediakan 15.000 dosis untuk vaksin dosis pertama

Gibran Dapat Gelar Pangeran dari Keraton Solo

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mendapat gelar Pangeran dari Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Lansia di Desa Bendo Boyolali Antusias Ikut Vaksinasi

Lansia di Desa Bendo, Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali, antusias mengikuti vaksinasi yang digelar di desa setempat.

Iuuuhhhh… Air Sungai Bengawan Solo di Sragen Hitam Pekat Seperti Oli, Bau Busuk

Air Sungai Bengawan Solo di Sragen berwarna hitam pekat seperti oli dan berbau busuk akibat tercemar limbah.

Wali Kota Solo Pantau Pelaksanaan Seleksi CASN di Auditorium UNS

UNS Solo menjadi lokasi pelaksanaan tes SKD untuk 8 kabupaten/kota di Jawa Tengah

Sempat Protes Pakan Ternak Mahal, Suroto Terima Bantuan 20 Ton Jagung dari Jokowi

Presiden Jokowi mengirimkan bantuan jagung untuk Suroto, peternak ayam dari Kabupaten Blitar, Jawa Timur, yang aksinya sempat viral.